no comments

2 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sampah

2 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sampah – Teks eskplanasi ialah sebuah teks yang membahas tentang sebuah fenomena yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat secara utuh dan mendalam. Fenomena-fenomena yang disajikan dalam teks eksplanasi bisa berupa fenomena alam dan sosial. Teks ini bersifat informatif yang menjelaskan sesuatu hal agar pembaca mengerti dan memahami persoalan yang juga merupakan sebuah fenomena yang telah atau sedang terjadi di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Berikut contoh teks eksplanasi yang membahas tentang sampah :

Contoh 1 :

Mengenal Jenis Sampah dan Dampak yang Ditimbulkannya

Sampah merupakan wujud zat yang tidak terdapat nilai harga di dalamnya, sangat mengganggu, dan keberadaannya cenderung membawa kerugian. Sampah dapat berupa benda dari hasil konsumsi, produksi, sisa pemakaian, dan lain sebagainya. Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan ke dalam dua jenis diantaranya adalah sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik merupakan jenis sampah yang dapat terurai oleh bakteri pembusuk. Misalnya seperti sampah dedaunan, buah-buahan, sayuran, sisa makanan, dan lain sebagainya. Sampah jenis ini tergolong sampah ramah lingkungan yang dapat diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat pada sektor tertentu. Misalnya saja sampah dedaunan yang dapat diolah menjadi kompos yang berguna bagi tanaman dalam bidang perkebunan dan pertanian. Sedangkan anorganik merupakan jenis sampah yang tidak dapat terurai oleh bakteri pembusuk. Contoh dari jenis sampah ini diantaranya adalah sampah plastik, kaleng, alumunium, rangka besi, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Definisi, Ciri, Contoh Kalimat Baku & Tidak Baku

Sampah merupakan persoalan yang tidak dapat dianggap remeh. Dalam jumlah yang besar, sampah dapat sangat mengganggu baik dari sisi kesehatan, kenyamanan, serta keindahan di lingkungan masyarakat. Dampak yang ditimbulkan oleh sampah sangatlah beragam, mulai dari munculnya berbagai macam penyakit, pencemaran udara, banjir, bau tidak sedap, dan masih banyak lagi. Sampah dalam jumlah yang cukup besar juga akan merusak lingkungan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap dan kotoran yang terdapat dalam sampah tersebut tentu dapat mengundang bakteri-bakteri yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.

Tak hanya menimbulkan berbagai macam penyakit, sampah juga dapat menjadi sebab munculnya bencana alam banjir. Banjir yang ditimbulkan oleh sampah ini juga mendatangkan kerugian-kerugian baru seperti misalnya muncul penyakit kulit, DBD, dan kerugian materil yang cukup besar. Banjir yang diakibatkan oleh sampah bermula pada pembuangan sampah ke sungai secara terus-menerus dan konsisten dalam jumlah yang besar. Hal ini tentu akan menyebabkan sulitnya air mengalir, pendangkalan sungai, menyempitnya luas sungai, dan lain sebagainya sehingga berakhir pada bencana banjir. Banjir yang terjadi akibat sampah tentu akan sangat merugikan lingkungan terlebih lagi dalam segala aspek dan sendi kehidupan manusia.

Begitu banyak dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh sampah. Diberbagai wilayah tertentu sampah merupakan salah satu dari persoalan yang sangat sulit untuk diatasi. Hal tersebut disebabkan karena persoalan sampah hanya dibebankan kepada pemerintah eksekutif melalui dinas terkait saja. Dibutuhkan adanya kesadaran bagi para warga masyarakat agar mau mengerti dan memahami fenomena sosial yang telah lama dikeluhkan ini. diantaranya adalah kesadaran untuk menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai, menggalakkan kampanye lingkungan sehat dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan. Semua demi kenyamanan, kebersihan, dan kesehatan lingkungan di tempat kita tinggal sebagai warga masyarakat yang bermoral, berkarakter, dan beriman.

Contoh 2 :

Sampah dan Kehidupan Manusia

Sampah adalah bentuk partikel atau material sisa yang keberadaannya tidak diperlukan bahkan cenderung mengganggu. Dalam prosesi alamiah, sesungguhnya tidak terdapat konsep yang menjabarkan mengenai istilah sampah. Melainkan produk-produk sisa yang dihasilkan setelah penggunaan dan pemakaian konsumtif oleh manusia. Namun konsep ini hanya mencakup sebagian kecil dari pengertian sampah itu sendiri yakni sampah hasil sisa kegiatan konsumtif. Sementara itu terdapat lebih dari satu macam jenis sampah yang ada di dunia ini. misalnya saja sampah hasil produksi industri (limbah), sampah hasil aktivitas keseharian manusia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:   Definisi & Contoh-Contoh Kalimat Tidak Padu

Tentu kisa menyadari bahwa keberadaan sampah membawa dampak buruk bagi lingkungan terlebih bagi kesehatan manusia. Apabila sampah tidak ditanggulangi dengan serius dan pembiaran terhadap aktivitas pembuangan sampah terus saja terjadi, maka bukan mustahil jika sampah akan melahirkan bencana bagi kita semua. Dampak yang ditimbulkannya salah satunya adalah banjir. Banjir terjadi akibat penumpukan sampah yang menghambat arus air sungai sehingga menghambat fungsi sungai tersebut. Pada musim penghujan, luas volume sungai menjadi semakin sempit akibat sampah yang menumpuk. Sungai tak lagi mampu mengalirkan air dalam jumlah yang besar sehingga air meluap dan berakibat banjir. Berbagai penyakit juga dapat ditimbulkan oleh sampah seperti misalnya penyakit kulit, muntaber, demam berdarah, diare, disentri, dan masih banyak lagi.

Persoalan sampah menjadi kiat rumit bukan karena tidak bisa untuk ditanggulangi. Melainkan kurangnya kesadaran bagi masyarakat akan kebersihan lingkungan yang seharusnya dapat dijaga serta dirawat dengan sebaik-baiknya. Penanggulangan sampah bukan lagi solusi yang tepat mengingat setiap harinya berton-ton sampah dapat terkumpul di sungai dan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Hal yang dibutuhkan adalah tindakan preventif (pencegahan) agar sampah tidak menjadi persoalan yang kian bertambah rumit. Mari bersama-sama kita jaga lingkungan kita dengan tidak sembarangan membuang sampah terutama di sungai. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Hal ini dilakukan demi kebersihan, kenyamanan, serta kesehatan lingkungan yang menjadi tempat tinggal kita bersama.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tanah Longsor

Baca Juga:

3 Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan
2 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Angin Puting Beliung
Soal Teks Eksplanasi & Jawabannya (Terbaru)

No Responses

Reply