no comments

2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Budaya Terbaru

2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Budaya – Teks eksposisi merupakan sebuah teks wacana yang memuat sejumlah pengetahuan dan informasi tentang suatu hal yang disampaikan dengan ketepatan akurasi secara singkat, pada, dan jelas. Teks eksposisi bisa juga disebut sebagai tulisan yang berupaya untuk menerangkan atau menguraikan suatu pokok pikiran untuk disampaikan kepada pembaca. Berikut ini adalah contoh teks eskposisi yang bertemakan tentang budaya :

Contoh 1 :

Faktor Penyebab Lunturnya Budaya Bangsa

Kebudayaan Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal maupun kebudayaan asing yang telah ada di Indonesia sejak dahulu. Kebudayaan bangsa Indonesia sekarang mulai luntur dari masyarakat, khususnya para pemuda yang lebih condong dan senang meniru budaya-budaya asing. Terkadang budaya asing yang masuk tanpa disaring untuk dipilih terlebih dahulu, namun langsung menerima dan meniru tanpa dipikirkan ulang. Sehingga masyarakat kita meniru budaya barat yang bertentangan dengan budaya asli Indonesia, yang terkenal akan sopan santunnya. Misalnya, lihat saja model pakaian dari budaya barat yang masuk dan ditiru anak muda masa kini dengan pakaian seksi.

Lunturnya kebudayaan bangsa Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya kesadaran masyarakat. Masyarakat saat ini lebih memilih dan menirukan budaya asing yang lebih praktis, efisien dan sesuai perkembangan zaman. Bukan berarti budaya lokal tidak sesuai dengan perkembangan zaman, namun kebanyakan budaya asing tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Budaya lokal dapat menyesuaikan perkembangan zaman asalkan tidak meninggalkan ciri khas budaya tersebut. Faktor kedua adalah minimnya komunikasi budaya, komunikasi adalah salah satu hal penting agar tidak terjadi salah pemahaman tentang budaya bangsa. Minimnya komunikasi dalam suatu bangsa sering menimbulkan perselisihan antar budaya suku yang terkadang hingga menyebabkan konflik, berdampak bagi menurunnya ketahanan nasional. Pembelajaran tentang budaya yang rendah akan mengetahui pentingnya budaya lokal dalam membangun budaya bangsa serta mengetahui cara adaptasi budaya lokal di tengah perkembangan zaman. Proses pembelajaran tentang budaya harus ditanamkan sejak dini.

Baca Juga:   4 Contoh Teks Eksposisi Berita Terbaru

Faktor lunturnya kebudayaan bangsa Indonesia yang telah diuraikan di atas adalah faktor internal yang bersumber dari dalam bangsa tersebut. Namun, perlu kita ketahui bahwa terdapat faktor eksternal yang mengakibatkan lunturnya kebudayaan lokal kita. Dengan adanya globalisasi menandakan bahwa segala yang kita punya juga bisa mendunia dan sebaliknya sesuatu dari dunia lain bisa kita rasakan. Dampak globalisasi bukan hanya dalam bidang ekonomi, hukum, politik, kesehatan, juga termasuk globalisasi sosial budaya. Artinya budaya asing bisa dengan mudah masuk ke dalam negara Indonesia dan membaur dengan budaya juga masyarakat lokal. Hal tersebut mengakibatkan budaya kita terasimilasi juga teralkulturasi, namun juga membawa dampak westernisasi budaya lokal.

Demikian beberapa faktor internal dan faktor eksternal lunturnya kebudayaan bangsa Indonesia. Dari uraian di atas, telah kita ketahui apa saja faktor yang dapat membuat lunturnya kebudayaan bangsa Indonesia. Agar budaya kita tidak semakin luntur, hilang dan lenyap maka usaha kita sebagai generasi penerus bangsa dapat mengantisipasi supaya budaya bangsa kita tidak luntur.

Contoh 2 :

Bangga Keberagaman Budaya Indonesia

Indonesia yang memiliki wilayah dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai dataran, pegunungan, lembah, lautan dan lainnya. Bukan sesuatu yang asing bila di Indonesia terdapat banyak sekali adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda-beda setiap daerahnya. Keberagaman adat istiadat, mulai dari agama, ras, suku, adat berpakaian, tarian adat, upacara adat, rumah adat dan lain sebagainya. Hidup di Indonesia berarti hidup dengan keberagaman budaya dan pluralitas masyarakatnya yang tak terbatas. Oleh karena itu untuk menjaga keutuhan, kesatuan dan perastuan untuk ketahanan nasional di tengah pluralitas memerlukan suatu tindakan dari setiap warga negara Indonesia.

Baca Juga:   Future Continuous Tense - Penjelasan, Contoh Kalimat, Soal

Beragam cara dapat kita lakukan untuk hidup di tengah perbedaan yang ada di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan saling menghormati perbedaan dengan wujud sikap toleransi terhadap keberagaman. Toleransi diartikan sebagai sikap menahan diri, berhati lapang dan selalu memberikan kesempatan untuk orang lain berpendapat. Toleransi dapat kita wujudkan dalam berbagai bidang yaitu toleransi dalam kehidupan beragama. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui secara resmi oleh pemerintah, setiap orang pasti memiliki satu keyakinan. Cara toleransi dengan kepercayaan berbeda dianataranya adalah menghormati dan menghargai agama yang dianut orang lain, tidak memaksa orang lain berpindah keyakinan, tidak mengganggu agama lain saat ada perayaan atau ibadah, tidak mencela atau merendahkan agama lain. Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan berbagai suku dan ras yeng berbeda. Dengan perbedaan ini bukanlah kendala dalam mewujdukan semangat persatuan bangsa Indonesia. Hendaknya setiap individu saling menghormati, menghindari egois, menunjung tinggi nilai kemanusiaan, guna meningkatkan semangat persatuan Indonesia.

Tak hanya itu, untuk menjaga keberagaman ini terdapat beberapa perilaku yang perlu diwujudkan. Terutama untuk generasi penerus bangsa yang harus meningkatkan semangat persatuan untuk menjaga kekayaan dan keberagaman budaya kita. Perilaku di antaranya dalah dengan memahami keberagaman budaya yang ada di Indoneisa, menguasai dengan belajar beberapa seni budya yang ada di tanah air, memilah budaya asing yang masuk ke Indonesia dan memilih yang pantas dan sesuai nilai-nilai bangsa Indonesia.

Baca Juga:   Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi Serta Contohnya

Keberagaman kebudayaan, adat istiadat yang ada di Indonesia merupakan suatu kekayaan bangsa kita yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Dengan begitu kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan keberagaman ini. Wujud bangga kita dapat kita tunjukkan dengan berbagai tindakan yaitu dengan toleransi saling menghargai dan menghormati. Juga dengan melalui perilaku kita untuk berusaha menjaga budaya, melestarikan budaya kita untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan yang ada di Indonesia. Melastarikan budaya bangsa Indonesia adalah kewajiban kita semua.

Sumber :
PENGERTIAN KEBUDAYAAN DAN UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN INDONESIA
http://jendelamasimas.blogspot.co.id/2012/12/lunturnya-budaya-indonesia.html

Baca Juga:

Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Proses
2 Contoh Teks Deskripsi Tentang Ibu Lengkap
Pengertian dan 2 Contoh Teks Eksposisi Argumentatif

No Responses

Reply