2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Terbaru

2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan – Teks eksposisi adalah teks yang di dalamnya terdapat sejumlah informasi dan pengetahuan tentang sesuatu yang dijelaskan secara singkat, padat, jelas, dan akurat. Teks ini berupaya untuk menguraikan serta menjelaskan gagasan yang terkandung dalam teks sehingga pembaca mengerti dan memahami suatu hal yang disampaikan. Berikut ini adlaah contoh teks eskposisi yang bertemakan tentang kesehatan :

Contoh 1 :

Sehat dengan Mengambil Manfaat Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki nutrisi dan beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Buah berwarna hijau dengan bentuk bulat agak lonjong ini memiliki rasa manis yang tidak terlalu kuat dan cenderung hambar pada saat matang. Ketika mengonsumsi buah ini pun seringkali ditambahkan dengan susu, gula, atau krim untuk memperkuat rasa manisnya. Meskipun ada yang berpendapat bahwa buah ini tak baik untuk seseorang yang mengidap penyakit kolesterol tinggi, namun alpukat tetap memiliki kandungan nutrusi yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Beberapa kandungan dan kebaikan yang terdapat pada buah yang berasal dari Amerika ini diantaranya ialah senyawa asam oleat tak jenuh, kalium, folat, pitosterol, dan vitamin E. Kandungan nutrisi tersebut memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat juga memiliki manfaat dibidang kecantikan. Lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin C, antioksidan, asam lemak omega 9 dan kolagennya mampu menjaga kesehatan kulit dan wajah. Alpukat juga sangat baik untuk menjalankan program penurunan berat badan. Lemak yang terkandung dalam buah ini dapat menjadi cadangan energi yang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Kandungan lemak tersebut mampu menekan nafsu makan berlebih dan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Terbaru

Alpukat juga dipercaya sebagai buah yang mampu mencegah penyakit diabetes. Kalium dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat dapat meningkatkan jumlah hormon insulin yang bermanfaat untuk keseimbangan kadar glukosa dalam darah. Kandungan vitamin E dalam alpukat memiliki khasiat menurunkan oksidasi kolesterol sehingga mampu mengurangi resiko terserang penyakit stroke.

Beberapa khasiat serta manfaat buah alpukat tersebut dapat menjadi referensi dan tips kesehatan yang mudah untuk dilakukan. Selain nikmat untuk dikonsumsi, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan kulit. Dengan berbagai manfaat yang terdapat dalam alpukat, maka janganlah ragu untuk mengonsumsi buah berwarna hijau ini. Mari jaga kesehatan tubuh dengan gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi buah alpukat!

Contoh 2 :

Cara Sehat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Stroke dan penyakit jantung adalah dua jenis penyakit yang tergolong ke dalam penyakit berbahaya dan beresiko terhadap kematian. Stroke dan penyakit jantung tak hanya menjangkiti orang dewasa saja. Kedua penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja tak terkecuali anak-anak. Terbukti dengan ditemukannya seorang anak kecil yang menderita penyakit stroke. Sedangkan penyakit jantung juga pernah ditemukan pada bayi yang baru saja lahir.

Baca Juga:   2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Terbaru

Setidaknya terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan manusia menderita stroke dan penyakit jantung. Beberapa diantaranya ialah karena sebab kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, dan minum minuman keras. Dari ketiga faktor tersebut, erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat ini dapat memicu stroke dan penyakit jantung. Mengingat penyakit ini dapat muncul secara tiba-tiba, kapanpun, dan dimanapun, tentu diperlukan adanya upaya pencegahan agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari stroke dan penyakit jantung.

Beberapa hal yang perlu untuk dilakukan agar terhindar dari stroke dan penyakit jantung adalah dengan memberbaiki perilaku dan gaya hidup. Jika anda terbiasa mengonsumsi makanan tidak sehat, merokok, dan minum-minuman keras, maka segeralah untuk berhenti. Kebiasaan serta perilaku hidup tidak sehat tersebut berpotensi memacu kerja jantung diluar batas kewajarannya sehingga jantung akan sangat retan terhadap penyakit. Selain itu makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan tersebut akan menyumbat pembuluh darah coroner. Pembuluh darah ini memiliki fungsi sebagai pensuplai makanan bagi jantung.

Baca Juga:   Fungsi Tulang & Hubungan Antar Tulang

Sedangkan penyakit stroke erat kaitannya dengan tekanan darah yang ada pada manusia. Menjaga tekanan darah pada tingkatan normal menjadi penting untuk dilakukan untuk menghindari penyakit ini. terlebih bagi para penderita penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Hipertensi dapat berujung pada pecahnya pembuluh darah yang berada di kepala manusia. Pecahnya pembuluh darah di kepala akan mengakibatkan terganggunya sistem syaraf yang berpotensi terhadap penyakit stroke. Karenanya perlu untuk menjaga tekanan darah dengan menghindari stress berat, istirahat yang cukup, dan kurangi makanan berlemak.

Untuk menjaga diri dari penyakit jantung dan stroke, diperlukan juga adanya kontroling terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Menumpuknya lemak dalam jumlah berlebih dapat menjadi sebab utama serangan penyakit jantung. Selain itu Olah raga teratur dan istirahat yang cukuo juga dirasa sangat penting untuk dilakukan demi menjaga tubuh agar senantiasa sehat dan bugar. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, tentu secara tidak langsung akan memperkecil resiko penyakit jantung dan stroke.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/04/2-contoh-karangan-eksposisi-tentang-kesehatan-tubuh.html

Baca Juga:

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tanah Longsor
2 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial
Contoh Teks Esposisi Bahasa Jawa Terbaru

No Responses

Leave a Reply