no comments

3 Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan di Bahasa Indonesia

3 Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan di Bahasa Indonesia  – Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan secara bahasa tulis tentang suatu keadaan obyek tertentu yang didasarkan pada kegiatan pengamatan. Penggambaran dalam tulisan deskripsi haruslah membuat pembaca terkesan seolah melihat langsung obyek aslinya hanya dengan media tulisan. Ciri yang terdapat pada teks deskripsi diantaranya adalah :

1. pada penulisannya menggambarkan tentang hasil pengamatan terhadap obyek tertentu;
2. pada proses penulisannya melibatkan fungsi dari pancaindera manusia ;
3. berupaya agar pembaca merasakan seperti berada di depan obyek sama seperti yang telah dialami oleh penulis.

Dibawah ini adalah beberapa contoh teks deskripsi tentang hewan :

Contoh 1 Teks deskripsi tentang hamster:

Hamster adalah salah satu dari jenis hewan pengerat menyerupai marmut akan tetapi memiliki ukuran bentuk tubuh yang lebih mungil. Hewan lucu ini memiliki tubuh agak gempal dengan ukuran ekor yang lebih pendek. Pada bagian telinganya berbulu agak lebat sehingga menyerupai rambut. Pada bagian kaki hewan ini agak melebar dan pendek. Hamster memiliki bulu yang cukup tebal dan lebat. Pada bulu-bulunya terdapat warna-warna unik yang berbeda-beda tergantung dari jenisnya seperti hitam, abu-abu, cokelat, kuning, putih, dan abu-abu. Beberapa jenis hamster yang populer dikalangan pecinta hewan diantaranya adalah hamster dzungaria atau hamster winter white, hamster cricetulus barabensis atau si kerdil bergaris, hamster phodopus atau si kerdil padang pasir dan masih banyak lagi. Hamster adalah tergolong hewan nokturnal yang senantiasa aktif di malam hari. namun terkadang ia juga aktif di awal pagi dan akhir sore. Selebihnya hamster lebih banyak tidur di siang hari.

Baca Juga:   Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Contoh 2 Teks Deskripsi Tentang Kucing Persia:

Kucing persia merupakan salah satu dari jenis kucing yang memiliki bulu yang cukup lebat dan panjang. Pada wajahnya berbentuk agak bulat dan berhidung pendek. Posisi hidung pada hewan ini hampir simetris dengan kedua matanya. Jika diperhatikan agak menyamping, bagian hidung, dahi, serta dagunya terlihat datar. Tubuhnya yang gemuk, tambun, dan gempal membuatnya semakin terlihat lucu dan menggemaskan. Kucing ini pertama kalinya ditemukan di Persia sehingga namanya pun mengikuti daerah asal dimana kucing ini ditemukan. Setelah perang dunia II kucing persia mulai dikembangbiakkan di Amerika dan Inggriss. Dikedua negara tersebut kucing ini dikenal dengan sebutan Persian Longhair. Kucing persia berdasarkan penggolongan rasnya terbagi atas dua macam yakni persia berwana perak cerah dan persia berwana agak gelap. Beberapa jenisnya yang populer diantaranya ialah Persia Flatnose, Persia Medium, Persia Peaknose, dan Persian Himalayan. Hewan peliharaan lucu ini adalah salah satu jenis kucing hias yang banyak dipelihara penggemar kucing di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Contoh 3 Teks Deskripsi Tentang Kelinci:

Baca Juga:   Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah Terbaru

Kelinci tergolong hewan mamalia pengerat seperti hamster, marmut, dan tikus. Hewan yang dikenal sangat lucu dan jinak ini memiliki ukuran telinga yang panjang, berkumis, dan memiliki kaki yang sangat kuat untuk melompat. Namun kelinci lebih mudah diidentifikasikan dengan ukuran telinganya yang panjang. Ukuran telinga pada kelinci bisa mencapai 10 cm. telinga hewan ini juga memiliki fungsi untuk mendeteksi munculnya predator yang akan memangsanya. Hewan bertelinga panjang ini mampu mendengar suara predator dengan prediksi jangkauan serta akurasi yang tepat. Telinganya juga berfungsi sebagai penjaga suhu panas tubuhnya terutama ketika musim dingin tiba. Kelinci memiliki kaki-kaki yang sangat kuat. Dengan kedua kakinya, kelinci mampu melompat dengan jangkauan hingga jarak satu meter. Lompatan kelinci juga merupakan sinyal pertanda bahaya yang disampaikan kepada kelompoknya di alam liar.

Karena hewan pengerat ini sangat lucu dan jinak, tak heran jika kelinci menjadi salah satu hewan peliharaan favorit. Ketika dijadikan hewan peliharaan, tentu kita menyediakan kandang dan makanan untuknya. Tanpa memahami seperti apa kehidupan kelinci di habitat aslinya. Di alam liar, kelinci hidup di terowongan sebagai tempat tinggalnya. Tempat tersebut sangat baik untuk berkembang bisak dan melindungi diri dari hewan predator. Kelinci tak hanya menggali satu lubang saja, ia menggali beberapa terowongan untuk memudahkannya agar cepat bersembunyi jika pemangsa datang.

Baca Juga:   Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi Serta Contohnya

Kelinci amatlah populer di kalangan pecinta hewan peliharaan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Beberapa tahun terakhir jumlah pemelihara kelinci semakin meningkat pesat dan hingga kini sebanyak satu juta ekor kelinci dari berbagai jenis telah dipelihara oleh banyak orang. Seperti halnya kucing, hamster, marmut, dan hewan peliharaan lainnya, kelinci juga dianggap sebagai hewan peliharaan yang mampu mengurasi beban stres pemiliknya.

Dalam memelihara kelinci sebaiknya tidak mengurungnya terus-menerus di dalam kandang. Hal tersebut dikarenakan hewan ini memiliki sifat mudah bosan jika berada dalam tempat yang sama dalam waktu yang lama. Tempatkan hewan ini di halaman terbuka yang memungkinkan untuk hewan lucu ini agar dapat bermain-main. Anda juga perlu mencarikan kelinci lain sebagai teman bermain bagi kelinci peliharaan anda. Karena kelinci pada dasarnya adalah hewan yang hidup berkelompok dan saling berkomunikasi dengan hewan sejenisnya. Bisa dibayangkan jika ia sendiri, maka hewan lucu ini akan mudah stres dan sakit.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/07/contoh-teks-deskripsi-mengenai-kelinci-dalam-bahasa-indonesia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Hamster
https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_persia

Baca Juga:

Pengertian Kata Dasar, Jenis, dan Contoh Kalimat
Definisi, Jenis Kata Hubung, dan Penggunannya
Contoh Pidato Hari Pahlawan 10 November Terbaru

No Responses

Reply