4 Contoh Pengumuman Kerja Bakti di Sekolah

4 Contoh Pengumuman Kerja Bakti di Sekolah – Pengumuman ialah sebuah informasi yang ditulis dalam bentuk format surat yang ditujukan terhadap masyarakat luas atau dalam ruang lingkup tertentu. Meskipun dalam perkembangannya kini terdapat berbagai jenis pengumuman berdasarkan mediumnya seperti televisi, surat kabar, radio, internet, dan lain sebagainya, namun pada dasarnya pengumuman memiliki format baku dalam bentuk tertulis. Dalam penulisan surat pengumuman sebaiknya menghindari penggunaan kata-kata yang sulit dimengerti, mengingat fungsi dan tujuan dari pengumuman adalah memberi informasi secara luas kepada khalayak ramai.

Berdasarkan bentuk dan sifatnya, surat pengumuman terbagi atas dua macam yakni surat pengumuman resmi dan surat pengumuman tidak resmi. Pada penulisan surat pengumuman tidak resmi lebih bersifat komunikatif dan tidak terikat aturan tertentu. Berbeda halnya dengan surat pengumuman resmi yang di dalamnya terdapat aturan khusus dalam penulisannya, berbahasa formal, dan bersifat sangat resmi. Surat pengumuman resmi pada umumya dikeluarkan oleh intansi resmi seperti perusahaan, lembaga negara, lembaga pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi, yayasan, asosiasi, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh surat pengumuman resmi yang berisikan tentang pengumuman kerja bakti di sekolah :

Contoh 1 :

PENGUMUMAN

Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Nevember 2017 mendatang, maka diwajibkan kepada seluruh siswa SMP Negeri 14 Bandar Lampung untuk mengenakan seragam putih biru, dasi, topi, dan ikat kepala merah putih. Sehubungan dengan akan diselenggarakannya peringatan hari pahlawan pada waktu tersebut, sekolah akan mengadakan upacara bendera setengah tiang yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 10 November 2017 pukul 07.15 WIB. Upacara bendera akan diselenggarakan di lapangan SMP Negeri 14 Bandar Lampung.

Baca Juga:   Contoh Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 2 SD Terbaru beserta Kunci Jawaban

Dalam rangka persiapan peringatan hari pahlawan, sekolah juga akan mengadakan kerja bakti dan bersih-bersih ruang kelas pada hari sebelumnya yakni Senin, 09 November 2017. Karenanya dihimbau juga kepada seluruh siswa-siswi SMP Negeri 14 Bandar Lampung untuk membawa peralatan sebagai berikut :

1. Cangkul
2. Sabit
3. Sapu Ijuk
4. Sapu Lidi
5. Kain Pel
6. Ember

Catatan : bagi kelas-kelas yang telah memiliki barang-barang di atas tidak perlu lagi membawa dari rumah

Demikian pengumuman tentang acara peringatan hari pahlawan ini agar dapat dipahami dan diikuti dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih,
Bandar Lampung, 02 November 2017

(Dr. Soemantri Brojonegoro, M.Pd.)
Wakil Kepala Sekolah bag. Kesiswaan

Contoh 2 :

Pengumuman Kerja Bakti Sekolah

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Diberitahukan kepada seluruh siswa-siswa SMA Negeri 10 Bandar Lampung bahwa besok pada hari Jum’at, 17 Februari 2017 kegiatan belajar mengajar untuk sementara dihentikan. Mengingat pada hari tersebut pukul 10.00 WIB, sekolah akan dikunjungi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Sehubungan dengan adanya agenda tersebut, maka pihak sekolah memutuskan untuk meniadakan jam pelajaran pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB. Sebagai ganti dari jam pelajaran yang telah ditiadakan, sekolah akan mengadakan kerja bakti dan bersih-bersih lingkungan sekolah. Karenanya seluruh siswa-siswi SMA Negeri 10 diwajibkan untuk membawa peralatan dan perkakas kebersihan dari rumah.

Baca Juga:   Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Proses

Demikian pengumuman ini agar dapat dimaklumi dan ditaati sebagaimana mestinya. Terima kasih, Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Bandar Lampung, 16 Februari 2017

(Hariarto Budi Utomo, S.Pd.)
Guru Bimbingan Konseling

Contoh 3 :

PENGUMUMAN

Sehubungan dengan akan segera berakhirnya bulan suci Ramadhan yang akan segera disusul dengan libur panjang hari raya, maka sekolah akan mengagendakan kerja bakti dan bersih-bersih sekolah. Agenda tersebut akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Juli 2016 pada pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai. Oleh karenanya dihimbau kepada para siswa sekalian untuk mempersiapkan alat perkakas sebagai berikut :

– Parang / golok ;
– Sabit ;
– Cangkul ;
– Sapu ;
– Kain pel ;
– dan alat-alat yang dibutuhkan.

Demikian pengumuman ini saya sampaikan berdasarkan amanat dari bapak Kepala Sekolah agar dapat dipatuhi dan dijalankan dengan sebaik-baiknya, terima kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Bandar Lampung, 16 Juli 2016
(Satino Suparman, S.Pd.)
Waka. Kesiswaan.

Contoh 4 :

PENGUMUMAN

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada hari rabu tanggal 17 Agustus 2016 mendatang, maka diharapkan kepada seluruh siswa-siswa SMP Negeri 18 Bandar Lampung untuk dapat hadir dalam agenda kerja bakti dan bersih-bersih lingkungan sekolah. Agenda tersebut akan dilangsungkan pada hari Senin, 15 Agustus 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Alat-alat perkakas yang dibutuhkan dalam kegiatan kerja bakti dan bersih-bersih lingkungan sekolah diantaranya ialah :
– cangkul ;
– sapu lidi / sapu ijuk ;
– sabit ;
– golok / parang ;
– dan lain-lain.
Catatan : alat-alat dipersiapkan oleh masing-masing kelas, jika perkakas telah tersedia di kelas maka tak perlu membawa dari rumah masing-masing.
Demikian pengumuman yang dapat kami sampaikan, selanjutnya agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wartahmatullahi Wabarakatuh

Baca Juga:   30 Pantun Cinta Lucu Buat Kekasih

Bandar Lampung, 12 Agustus 2016

(Satria Nugroho, S.Pd.)
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

Pidato Wali Kelas Saat Pembagian Raport
Contoh Pidato Visi dan Misi Calon Ketua Osis
Contoh Pidato Wisudawan Terbaik Terbaru

No Responses

Leave a Reply