5 Contoh Memo Bahasa Inggris & Artinya

5 Contoh Memo Bahasa Inggris & Artinya – Memo merupakan teks singkat mengenai suatu hal yang ditujukan kepada seseorang atau orang banyak. Dalam Bahasa Inggris kita juga mempelajari tentang memo. Dalam menulis memo, kita harus memperhatikan beberapa bagian, seperti tanggal, nama orang yang dituju, isi memo, dan sebagainya. Berikut adalah penjelasan singkat dan beberapa contoh memo dalam Bahasa Inggris beserta artinya.

Memo adalah sebuah pesan singkat dengan bahasa yang mudah dipahami. Memo dapat ditujukan kepada seseorang ataupun orang banyak, contohnya kepada seluruh pegawai di suatu perusahaan.

Memo terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
• to: (nama orang yang dituju)
• from: (nama orang yang mengirim memo)
• date: (hari dan tanggal pelaksanaan)
• subject: (hal atau pokok pembahasan)
• content:(isi memo yang akan disampaikan)

Berikut adalah beberapa contoh memo:

Contoh 1

MEMO

To : Amelia Sahara, S. Pd
From : Ahmad Kurnia M. Pd
Date : February 25, 2016
Subject: Proposal of International Educational Conference

During the next month starting on March 2nd, we are going to conduct a conference titled International Educational Conference. This conference will be attended by 54 representatives from 27 countries. The conference will discuss about the methods in teaching and training for teachers. Please kindly send me the proposal related to this event to my room today as soon as possible.

Arti:

MEMO

Kepada : Amelia Sahara, S.Pd
Dari : Ahmad Kurnia M.Pd
Tanggal : 25 Februari 2016
Subjek : Proposal Konferensi Pendidikan Internasional

Baca Juga:   5 Contoh Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Selama bulan depan mulai tanggal 2 Maret, kita akan mengadakan konferensi bertema Konferensi Pendidikan Internasional. Konferensi ini akan dihadiri oleh 54 perwakilan dari 27 negara. Konferensi akan membahas tentang metode pengajaran dan pelatihan bagi guru. Mohon kirimkan proposal yang terkait dengan acara ini ke ruangan saya hari ini sesegera mungkin.

Contoh 2

MEMO

To : Roman Prawira
From : Handi Kurniasari
Date : June 17, 2016
Subject: Helping people living in coastal area

I have seen the people living in coastal area in our province, especially the children. The children there do not get proper education. I feel sorry for them. They have no many books to read and the condition of the school is far from good. I intend to help them by making a house for reading. I will need the help from other members as well. Can you send a message to our community members to come to a meeting on June 22? Thank you.

Arti:

MEMO

Kepada : Roman Prawira
Dari : Handi Kurniasari
Tanggal : 17 Juni 2016
Subjek : Membantu orang yang tinggal di daerah pesisir

Saya telah melihat orang-orang yang tinggal di daerah pesisir di provinsi kami, terutama anak-anak. Anak-anak di sana tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Saya merasa kasihan pada mereka. Mereka tidak memiliki banyak buku untuk dibaca dan kondisi sekolahnya sangat kurang baik. Saya ingin membantu mereka dengan membuat rumah baca. Saya akan membutuhkan bantuan dari anggota lain juga. Dapatkah Anda mengirim pesan ke anggota komunitas kita untuk menghadiri pertemuan pada tanggal 22 Juni? Terima kasih.

Baca Juga:   Pengertian dan 63 Contoh Konjungsi Temporal

Contoh 3

MEMO

To : All Employees
From : Zayn Hashim, General Manager
Date : August 20, 2015
Subject: Company’s Anniversary

We are going to celebrate the anniversary of our company next week. It will be held on Tuesday, August 27, 2015 at 10 a.m. There will be fun activities, bazaars, and door prizes for all employees. Thus, all employees are expected to participate in this event and are able to come on time. Thank you.

Arti:

MEMO

Kepada : Semua Karyawan
Dari : Zayn Hashim, General Manager
Tanggal : 20 Agustus 2015
Perihal : HUT Perusahaan

Kita akan merayakan ulang tahun perusahaan minggu depan. Acara ini akan diselenggarakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2015 pukul 10 pagi. Akan ada kegiatan menyenangkan, bazaar, dan doorprize untuk semua karyawan. Dengan demikian, semua karyawan diharapkan dapat berpartisipasi dalam acara ini dan dapat hadir tepat waktu. Terima kasih.

Contoh 4

MEMO

To : All Managers
From : Director
Date : January 12, 2017
Subject: New Project

You are expected to kindly attend the meeting on January 12, 2017 at 09 a.m. We will discuss about a new project in our company. Please be punctual. Thank you.

Baca Juga:   Contoh Percakapan Bahasa Inggris Expression of Sympathy & Artinya

Arti:

MEMO

Kepada : Semua Manajer
Dari : Direktur
Tanggal : 12 Januari 2017
Subjek : Proyek Baru

Anda diharapkan untuk menghadiri rapat pada tanggal 12 Januari 2017 pukul 09:00. Kita akan membahas tentang sebuah proyek baru di perusahaan. Mohon datang tepat waktu. Terima kasih.

Contoh 5

MEMO

To : Lilian Linton
From : Mr. Ambrose
Date : May 15, 2017
Subject: Important Meeting

An important meeting will be held today at 2 p.m. Please find file 25X8 and bring it to my office soon. Moreover, you are expected to attend the meeting as my private secretary. Please kindly prepare the needed files and come on time to the meeting. Thank you.

Arti:

MEMO

Kepada : Lilian Linton
Dari : Tuan Ambrose
Tanggal : 15 Mei 2017
Perihal : Rapat Penting

Rapat penting akan diadakan hari ini jam 2 siang. Silakan temukan file 25X8 dan bawa ke kantor saya segera. Selain itu, Anda diharapkan menghadiri pertemuan tersebut sebagai sekretaris pribadi saya. Mohon siapkan file yang dibutuhkan dan datang tepat waktu ke rapat. Terima kasih.

 

Demikianlah penjelasan singkat tentang memo dan beberapa contohnya. Semoga dapat menambah pengetahuan teman – teman dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Baca Juga:

 

Past Perfect Tense – Penjelasan, Contoh Kalimat, Soal
Past Continuous Tense – Penjelasan, Contoh Kalimat, Soal
Simple Past Tense – Penjelasan, Contoh Kalimat, Soal

No Responses

Leave a Reply