Aliran Energi – Rantai Makanan, Jaring Makanan, Piramida Ekologi

Aliran Energi – Rantai Makanan, Jaring Makanan, Piramida Ekologi – Di dalam sebuah ekosistem yang berada di sekitar pasti akan menimbulkan suatu hubungan antar organisme satu dengan yang lainnya ataupun terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Hubungan tersebut bersifat sangat kompleks, sehingga saling berpengaruh antara satu makhluk hidup terhadap lainnya. Adapun hubungan yang terjadi antara unsur hayati dengan unsur non hayati akan membentuk suatu sistem ekologis atau biasanya dikenal dengan istilah ekosistem. Dalam hubungan tersebut akan membentuk pola interaksi dan terjadinya suatu aliran energi dan membentuk rantai makanan. Rantai makanan merupakan proses rangkaian makan dan dimakan oleh makhluk hidup dari urutan tertentu serta ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer. Berikut akan dijelaskan mengenai definisi dari produsen, konsumen, dan dekomposer, yaitu :

a. Produsen

Produsen merupakan makhluk hidup yang dapat melakukan perannya sebagai organisme yang mampu menghasilkan makanannya secara sendiri. Dengan demikian produsen tidak memanfaatkan makhluk lain untuk membuat makanannya, namun akan di makan oleh produsen lainnya. Di samping itu juga produsen dapat memproduksi suatu zat organik yang berasal dari zat anorganik. Pada umumnya makhluk hidup yang sebagai produsen ini membuat makanannya melalui tahap fotosintesis. Misal pada tumbuhan hijau alga, lumut, dan sebagainya.

b. Konsumen

Konsumen merupakan makhluk hidup yang sangat bergantung terhadap makhluk lain, sebab konsumen tidak mempunyai kemampuan dalam membuat cadangan makanan seperti halnya yang terjadi pada produsen. Oleh karena itu konsumen untuk mempertahankan hidupnya sangatlah bergantungan terhadap makhluk lain di sekitarnya. Secara umum konsumen dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga:   Pengertian Alenia, Unsur, Struktur, Syarat, dan Contohnya

• Konsumen primer

Konsumen primer atau konsumen I merupakan jenis konsumen yang memakan produsen atau tumbuhan dan pada umumnya dikenal dengan istilah konsumen herbivora (pemakan tumbuhan). Misal, kambing, kelinci, sapi, dan sebagainya

• Konsumen sekunder

Konsumen sekunder merupakan sebagai pemakan konsumen tingkat pertama dan sering disebut dengan istilah konsumen karnivora (pemakan daging)

• Konsumen tersier

Konsumen tersier ialah jenis konsumen yang memakan konsumen primer dan konsumen sekunder secara terus-menerus hingga pada konsumen terakhir disebut sebagai konsumen puncak. Secara keseluruhan konsumen puncak adalah hewan yang sudah tidak dapat di konsumsi oleh hewan lainnya. Misal, buaya, elang, singa, dan lain-lain.

c. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer adalah jenis organisme yang paling terakhir di dalam siklus rantai makanan. Hal ini disebabkan karena dekomposer merupakan organisme yang meiliki kemampuan dalam mensisntesis zat organik menjadi zat anorganik. Pengurai menguraikan sisa-sisa tanaman yang sudah busuk atau bangkai hewan, kemudian menyediakan kembali zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman pada saat terjadinya proses fotosintesis. Dari hal inilah siklus rantai makanan yang terjadi pada organisme akan terjadi kembali.

JARING MAKANAN

Jaring makanan merupakan kumpulan dari beberapa jenis rantai makanan yang saling berhubungan dan dipadankan menjadi satu, kemudian saling membutuhkan dalam suatu ekosistem. Jaring makan dibagi menjadi tiga tipe, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga:   Latihan Soal Mengenai Regular Verbs & Irregular Verbs

1) Jaringan Pemakan Rumput

Untuk jenis tipe jaringan pemakan rumput ialah diawali dengan produsen dari golongan tumbuhan, sehingga urutan dalam jaringan makanan tumbuhan menjadi tingkat I dan hewan herbivora sebagai tingkat II. Kemudian, jaringan tersebut dilanjutkan dengan karnivora sebagai tingkat III hingga tingkat seterusnya. Misal, rumput – tikus – ular – elang

2) Jaringan Parasit

Jaringan parasit merupakan tipe jaringan makanan yang menekankan pada organisme kecil memangsa organisme yang berukuran besar. Misal, kerbau – kutu – burung jalak – elang

3) Jaringan Detritus

Pada tipe jaringan makana detritus mata rantai makanannya diawali dengan organisme yang bersifat sebagai pengurai (dekomposer), dimana dari hasil hancuran bahan yang telah diuraikan akan di konsumsi oleh cacing, rayap dan jenis organisme lainnya. Misalnya, sampah kayu – rayap – ayam – ular

PIRAMIDA EKOLOGI

Piramida ekologi merupakan suatu diagram yang mendeskripsikan bagaimana faktor utama berperan penting secara ekologis misal, energi, biomasa, dan ukuran populasi yang memiliki karakteristik bervariasi antara tingkat trofik dalam area ekosistem. Secara keseluruhan diagram piramida ekologi menduduki di posisi produsen primer atau organisme yang mampu melakukan proses fotosintesis seperti tanaman di sekitar bagian bawah dan tingkat trofik berada di atas diagram. Tingkat lajunya diagram untuk masing-masing porsi menunjukkan banyaknya jumlah energi, biomasa, atau jumlah organisme individu yang ditemukan pada masing-masing tingkat trofik. Karakteristik dari suatu trofik pada ekosistem dapat di lihat dalam bentuk piramida ekologi. Pada umumnya piramida ekologi dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga:   30 Pantun Cinta Lucu Buat Kekasih

a. Piramida Jumlah

Organisme berada pada tingkatan trofik yang berbeda-beda dapat di gambarkan melalui piramida jumlah. Misal untuk organisme yang berada di tingkat trofik pertama pada umumnya mempunyai jumlah yang besar, kemudian tingkat trofik kedua, ketiga, dan selanjutnya semakin mengalami penyusutan.

b. Piramida Biomassa

Sering terjadi bahwa pada piramida jumlah yang sederhana kurang dapat membantu dalam menggambarkan aliran energi yang berada di dalam ekosistem. Dengan demikian untuk menggambarkan energi yang relavan dapat menggunakan piramida biomassa. Biomassa merupakan satuan berat materi hidup pada waktu-waktu khusus.

c. Piramida Energi

Pada piramida energi biomassa terkadang tidak memberikan informasi ekosistem tertentu. Oleh karena itu, dengan adanya piramida energi dapat membantu dalam penyajian ekosistem dengan cara observasi yang dilakukan dalam kurun waktu cukup lama.

Sumber :
https://jempolkakicom/rantai-makanan/
http://www.sridianticom/pengertian-piramida-ekologi-dan-macam-piramida-ekologi.html

Baca Juga:

30 Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Noun & Jawabannya
Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Pronoun & Jawabannya
Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Preposition & Jawabannya

Leave a Reply