Anggota Organ Reproduksi pada Laki-Laki dan Fungsinya

Anggota Organ Reproduksi pada Laki-Laki dan Fungsinya – Alat reproduksi adalah organ vital yang secara fungsional berperan sentral terhadap perkembang biakan makhluk hidup tak terkecuali pada manusia. Peran sentral tesebut erat kaitannya dengan proses hubungan seksual manusia yang secara teknis menggunakan alat reproduksi berupa alat kelamin. Berdasarkan jenisnya, alat reproduksi terdiri atas dua macam. Pengklasifikasian alat reproduksi ini berdasarkan pada perbedaan dua jenis kelamin yakni jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Dalam hal ini pembahasan akan terfokus pada alat reproduksi pada laki-laki.

Terdapat setidaknya dua bagian alat reproduksi laki-laki yakni pada bagian dalam dan bagian luar. Pada bagian dalam diantaranya ialah epididymis, prostat, vesika seminalis, kelenjar bulbouretral , testis, dan vas deferens. Sedangkan pada bagian luar yakni skrotum dan testis. Secara terperinci pembahasannya adalah sebagai berikut :

1. Penis

Penis secara bahasa memiliki makna “ekor” yang berasal dari kata phallus. Penis merupakan organ pada alat reproduksi bagian luar yang secara kasat mata dapat diidentifikasikan bentuknya secara fisik. Organ ini merupakan salah satu bagian tubuh laki-laki yang memiliki cadangan darah yang cukup besar. Terutama pada bagian urat saraf spinal, saraf simpatik, saraf parasimpatik, dan pada organ bagian ujung sensoris lainnya.

Penis mempunyai jaringan erektil yang terdiri atas tiga jaringan. Pada tiap-tiap jaringan, di dalamnya terdapat pembuluh darah yang cukup banyak. Secara fungsional penis memiliki fungsi utama sebagai alat untuk melakukan reproduksi. Disamping itu organ ini juga berperan sebagai sarana pengeluaran zat sisa berupa air seni. Di dalam organ ini terdapat beberapa bagian khusus diantaranya ialah :

Baca Juga:   Pengertian DNA, Struktur, dan Replikasi DNA

a. Korpus Kavernosa

Korpus kavernosa adalah sebuah kumpulan jaringan erektil dorsal yang diantara keduanya terdapat cabang dengan jenis jaringan yang sama.

b. Korpus Spongium

Korpis spongium adalah suatu jaringan vertal yang memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan jaringan lainya. Jaringan tersebut berfungsi sebagai pelindung urerta. Letaknya persis berada disekitaran urerta.

c. Gland Penis

Gland Penis ialah bagian dari penis yang letaknya berada pada ujung pangkal penis.

2. Skrotum

Skrotum ialah organ yang berperan sebagai pembungkus testis. Skrotum letaknya berada di depan perineum serta diantara anus dan penis. Terdapat dua macam skrotum yakni pada bagian kanan dan kiri yang dibatasi oleh adanya otot dartos dan jaringan ikat. Otot dartos berfungsi sebagai motor penggerak bagi skrotum untuk dapat mengerut, mengencang, ataupun mengendur. Skortum juga mempunyai serat-serat yang disebut sebagai otot kremaster. Serat-serat tersebut berasal dari adanya penerusan otot luring dinding perut. Secara fungsional, skrotum memiliki peranan sebagai berikut :

– Menjaga suhu testis agar tetap stabil
– Memberikan ruang pada testis untuk dapat bergerak bebas. Pergerakan ini dapat berupa upaya untuk mendekati ataupun menjauhi tubuh.

Baca Juga:   2 Cerita Pendek Bahasa Inggris Tentang Binatang & Artinya

3. Testis

Testis adalah organ reproduksi bagian dalam skortum yang berbentuk oval. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, bahwa skortum adalah alat yang berfungsi sebagai penjaga suhu testis agar dapat menyesuaikan suhu terhadap lingkungannya. Secara fungsional, testis berperan sebagai penghasil sel kelamin jantan pada pria atau spermatozoa dan penjaga suhu agar spermatogenesis dapat tetap terjadi.

4. Epididimis

Epididimis ialah bagian organ reproduksi yang berbentuk sebagaimana saluran yang berkelok dan menyerupai huruf C. Saluran ini letaknya berada di dalam skrotum dan dibagian luar testis. Epididimis memiliki fungsi sebagai alat penyimpanan, alat pengangkutan (saluran epdidimis), dan sebagai wadah yang difungsikan untuk mematangkan sperma.

5. Vas Deferens

Vas deferens adalah organ reproduksi berbentuk tabung yang berfungsi sebagai akses saluran sprema menuju ke veskula, sebagai tempat penampung cairan sperma, dan sebagai tempat memproses pematangan sperma.

6. Kelenjar Kelamin

Kelenjar kelamin adalah organ reproduksi pada pria yang mempunyai tiga bagian utama sebagai penunjang peran dan fungsinya. Tiga bagian tersebut diantaranya ialah kelenjar prostat, kelenjar bulboureta, kantung air mani, dan saluran ejakulasi. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Baca Juga:   Pengertian dan Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Bahasa Indonesia

a. Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat ialah organ reproduksi yang letaknya berada pada bagian kandung kemih. Organ ini memiliki fungsi sekresi terhadap cairan yang terdapat di dalamnya. Sama halnya dengan cairan seminalis, cairan ini juga berfungsi sebagai wadah ruang gerak pada sperma laki-laki.

b. Kelenjar Bulboutetra

Kelenjar bulboutetra ialah kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil lendir pada bagian dalam saluran ejakulasi yang bersifat basa. Kelenjar ini terletak pada bagian bawah kelenjar prostat serta berjumlah sepasang yakni pada bagian kanan dan kiri.

c. Vesikula Seminalis (Kandung Mani)

Vesikula seminalis atau kandung mani adalah organ yang memiliki fungsi sekresi pada cairan di dalam tubuh yang bersifat basa. Vesikula seminalis memiliki dua bagian utama (sepasang) yakni pada bagian kiri dan kanan.

d. Saluran Ejakulasi

Saluran ejakulasi berfungsi sebagai penghubung antara uretra dengan vesikula seminalis. Selain itu saluran ini juga berperan penting sebagai akses keluarnya cairan sperma. Dengan kata lain, saluran tersebut berperan dalam menghantarkan sperma untuk keluar pada saat bersenggama atau melakukan hubungan intim (seksual).

Sumber :

Alat Reproduksi Manusia beserta Fungsinya

Baca Juga:

Definisi Pembelahan Mitosis & Meiosis Serta Penjelasan Lengkapnya
Penjelasan Gerak Lurus Beraturan & Gerak Lurus Berubah Beraturan
Contoh Soal Gerak Lurus Beserta Pembahasannya

No Responses

Leave a Reply