Contoh Pidato Motivasi Belajar Siswa

Contoh Pidato Motivasi Belajar Siswa – Pidato adalah suatu aktivitas penyampaian ide, gagasan, serta pendapat di muka umum melalui kegiatan berbicara. Dalam berpidato terjadi pola komunikasi satu arah yang berarti hanya pembicara saja lah yang berhak menyampaikan pendapatnya tanpa adanya tanggapan dari pendengar. Berdasarkan isi yang disampaikan, pidato terdiri atas beberapa macam jenisnya diantaranya ialah pidato kenegaraan, pidato politik, pidato tentang pendidikan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh dari pidato yang bertemakan tentang motivasi belajar :

Contoh :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang saya hormati, bapak Harianto, S.P.d. selaku guru pendikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Yang saya hormati, ibu Haryani Aldeska, selaku guru PPL pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia dari Universita Lampung
Dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa kelas XII Ipa 2 sekalian

Alhamdulillahirabbil Alamin, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang sangat banyak diantaranya ialah nikmat sehat yang dengan nikmat tersebut kita dapat melaksanakan aktivitas belajar mengajar di sekolah yang kita cintai ini. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umat beliau.

Pertama kalinya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Harianto yang telah mempersilahkan saya untuk menyampaikan pidato singkat dengan tema yang telah ditentukan yakni motivasi dalam belajar siswa. Terima kasih juga saya sampaikan kepada ibu Haryani yang telah membimbing saya dalam menyusun naskah pidato singkat yang akan saya sampaikan kepada rekan-rekan sekalian.

Baca Juga:   Contoh Pidato Wisudawan Terbaik Terbaru

Rekan-rekan siswa sekalian,

Hal yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini erat kaitannya dengan segala aktivitas yang berhubungan dengan kita sebagai seorang pelajar. Sebagai seorang pelajar tentu kita memiliki suatu kewajiban utama yakni belajar. Akan tetapi meskipun kita menyadari akan kewajiban tersebut, tak jarang kita seringkali bermalas-malasan dalam belajar. Sebenarnya apa yang menyebabkan diri kita malas dalam melakukan aktivitas yang sesungguhnya merupakan bagian dari kewajiban kita itu? Salah satu sebab utamanya adalah kurangnya motivasi dalam belajar.

Motivasi adalah dorongan yang menjadikan kita memiliki kemauan untuk melakukan suatu kegiatan atau aktivitas tertentu. Dalam hal belajar, tentu motivasi adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk mendorong minat kita untuk bersemangat dalam belajar. Selama ini apa yang mendorong minat kita untuk belajar? Dapat dikatakan bahwa kita baru akan mulai belajar hanya jika ada ulangan, ujian, PR, tugas kelompok, dan karena dimarahi orang tua. Karena sebab itulah kita tidak memiliki gairah dalam belajar. Belajar yang kita lakukan adalah karena sebab keterpaksaan, tuntutan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu hasil belajar kita pun tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Sepertinya ada yang salah pada motivasi belajar kita selama ini. Mengingat kita hanya akan membuka buku pelajaran ketika menjelang ujian dan lain sebagainya. Tentu alasan ini sangatlah keliru. Rasa-rasanya kita perlu untuk memperbarui motivasi belajar kita selama ini yang cenderung berlandaskan keterpaksaan menjadi sesuatu yang dijalani dengan penuh kesadaran.

Baca Juga:   Contoh Paragraf Analogi, Ciri, & Definisinya

Rekan-rekan yang berbahagia,

Merupakan suatu hal yang penting bagi kita untuk memperbarui motivasi dalam belajar yang semula keliru menjadi sebuah motivasi yang tepat. Motivasi belajar yang tepat akan sangat berpengaruh pada pembelajaran yang akan kita lalui. Apa maksud dari motivasi yang tepat tersebut? Misalnya saja ketika anda ingin menyantap sebuah hidangan. Apa motivasi anda dalam menyantap hidangan tersebut? Jika motivasi anda adalah untuk menambah berat badan, maka anda akan makan dengan lahap dan menambah jumlah porsinya. Lain halnya jika motivasi anda dalam menyantap hidangan adalah hanya untuk menghilangkan rasa lapar, maka anda hanya akan menyantap makanan secukupnya tanpa menambah porsi makanan tersebut. Nampaknya ilustrasi tersebut sudah demikian jelas. Dua orang yang melakukan kegiatan sama dengan motivasi berbeda maka akan berbeda pula cara menyikapi kegiatan tersebut dalam berbagai hal.

Jika kita tidak ingin hasil belajar menjadi biasa-biasa saja, maka kita perlu untuk memperbarui motivasi dalam belajar. Misalnya dengan memperbarui motivasi belajar anda dengan keinginan meraih mimpi dan cita-cita yang tinggi! Jika anda memiliki mimpi dan cita-cita yang tinggi, maka anda akan terdorong untuk belajar dengan giat dan tekun dalam rangka menggapai keinginan anda tersebut. Motivasi tak boleh hanya satu saja jika dalam hal belajar. Tambahkan point keinginan anda dalam daftar cita-cita yang hendak anda raih dalam sebuah catatan kecil. Sebagai contoh, berkuliah di universitas favorit pasca kelulusan, memiliki pekerjaan yang baik, memiliki usaha atau bisnis yang menguntungkan, bermanfaat bagi orang lain, memberangkatkan haji orang tua, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   3 Contoh Paragraf Induktif tentang Kesehatan

Semua hal yang berkaitan dengan keinginan anda di masa depan sebaiknya dituliskan dalam sebuah catatan kecil. Ketika anda sedang merasakan rasa malas yang mengganggu aktivitas belajar, lihatlah kembali catatan tersebut! Anda akan mulai bersemangat lagi dalam belajar. Hal-hal tersebut adalah upaya untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar kita. Tentunya kita tidak ingin kegiatan belajar yang kita lalui terkesan biasa-biasa saja hanya karena ada yang salah dengan motivasi belajar kita selama ini. Pada akhirnya motivasi menjadi pondasi penting dalam melakukan hal apapun, tak terkecuali dalam belajar. Jadikan keinginan-keinginan besar dalam hidup kita sebagai motivasi terbaik dalam menempuh segala hal yang akan kita lalui dalam hidup ini termasuk dalam hal belajar.

Terakhir dari saya, marilah bersama-sama kita tingkatkan semangat dalam belajar demi cita-cita dan impian besar yang menunggu kita di masa depan. Lakukan dengan penuh rasa cinta dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, dan orang-orang yang kita sayangi. Demikian yang dapat saya sampaikan dalam pidato singkat ini, semoga bermanfaat.

Wabillahitaufik walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sumber :
http://pidato.net/2278_contoh-tentang-meningkatkan-motivasi-belajar

Baca Juga:

Contoh Resensi Novel Sang Pemimpi
Contoh Resensi Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi
Contoh Pidato Tentang Kedisiplinan Terbaru

No Responses

Leave a Reply