Contoh Pidato tentang Gotong Royong Bahasa Indonesia Terbaru

Contoh Pidato tentang Gotong Royong Bahasa Indonesia Terbaru – Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum dalam rangka menyampaikan ide, gagasan, atau pendapat di depan orang banyak. Pidato biasa disampaikan pada acara-acara peringatan hari bersejarah, seminar tertentu, lomba-lomba, dan lain sebagainya. Berdasarkan isi yang disampaikan dalam pidato, kegiatan berbicara yang satu ini terdiri dari berbagai jenis. Beberapa diantaranya ialah pidato kenegaraan, pidato politik, pidato tentang kebersihan, pidato keagamaan, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh pidato yang berisikan tentang gotong royong :

Contoh :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati bapak-bapak ketua RW kelurahan Kemiling Raya
Yang saya hormati bapak-bapak ketua RT kelurahan Kemiling Raya
Yang saya hormati bapak / ibu staf dan jajaran kelurahan Kemiling Raya
Dan yang saya hormati dan banggakan bapak / ibu warga masyarakat kelurahan Kemiling Raya

Alhamduliialhirabbil Alamin, segala puji hanya untuk Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan, keimanan, kesejahteraan, dan nikmat-nikmat lainnya yang kita sendiri tak akan sanggup untuk menghitung-hitung nikmat yang telah diberikan-Nya. Sholawat beserta salam semoga selalu tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan umat beliau.

Hadirin yang saya hormati,

Berbicara mengenai kerukunan antar warga negara, umat beragama, dan antar etnis suku bangsa tentu saja tidak terlepas dari peranan aparat di dalamnya. Tak terkecuali RT, RW, lurah, dan aparat kelurahan lainnya. Karenanya saya sebagai lurah di kelurahan ini merasa perlu untuk kembali membahas tentang pentingnya hidup bersama dalam keberagaman. Keberagaman yang ada di tengah-tengah warga masyarakat sangat rawan dan rentan sekali terjadi konflik di dalamnya. Oleh karenanya dibutuhkan langkah-langkah khusus untuk lebih merekatkan kebersamaan dalam keberagaman ini. Salah satunya dapat dilakukan dengan bergotong royong.

Baca Juga:   Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 10 SMA Semester 1

Perlu kita ketahui bersama bahwa gotong royong sesungguhnya merupakan warisan leluhur kita terdahulu. Gotong royong juga dapat dikatakan sebagai suatu kearifan lokal bangsa yang seharusnya kita jaga dan lestarikan. Kegiatan semacam ini bukanlah suatu hal yang baru di tengah-tengah masyarakat, sehingga kita tidak perlu merasa antipati terhadap aktivitas yang menurut saya sangat positif ini. Jika dipikir-pikir, mengapa selama ini kita hidup dalam sikap individualis? Kita cenderung berpikir untuk hidup masing-masing tanpa mempedulikan tetangga, saudara, bahkan keluarga yang sesungguhnya berada di sekitar kita. Selama ini kita selalu saja berpikir asalkan kita tidak membebani orang lain, itu sudahlah cukup. Ternyata pemikiran seperti itu adalah sebuah persepsi yang tidak tepat. Sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya orang lain. Karenanya perlu untuk membina kembali hubungan harmonis antara tetangga, saudara, etnis, agama, dan berbagai jenis keberagaman lainnya. Salah satu upaya menuju ke arah sana yang saya yakini adalah dengan menggalakkan kembali semangat bergotong royong.

Baca Juga:   5 Contoh Puisi Anekdot Tentang Sampah dan Lingkungan

Gotong royong adalah upaya untuk melakukan sesuatu hal secara bersama-sama, saling bahu-membahu, bekerja sama, dengan mengedepankan rasa persaudaraan dan kebersamaan. Gotong royong telah menjadi suatu bentuk budaya bernilai positif yang sangat perlu untuk kembali kita budayakan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam kegiatan bergotong royong, bukan hanya dapat menyelesaikan sebuah persoalan atau permasalahan dengan cepat. Lebih dari itu di dalamnya terkandung nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan, dan nilai positif lainnya. Meskipun begitu, tak banyak orang yang meyadari akan pentingnya bergotong royong. Jikalau ada yang memahaminya pun, tidak serta merta mau melakukannya. Mereka menganggap jika hanya urusan kerja bakti lingkungan, kita bisa mengandalkan petugas kebersihan. Jika hanya untuk urusan keamanan, kita hanya perlu membayar security ataupun satpam. Tanpa perlu gotong royong dalam hal kebersihan dan keamanan. Berbagai persepsi yang bermunculan menganggap gotong royong bukanlah kegiatan yang relevan untuk dilakukan di zaman ini. hal tersebut menyebabkan seolah-olah kearifan lokal ini hilang dan tidak pernah ada sebelumnya.

Hadirin yang saya hormati,

Kuatnya arus globalisasi dan perkembangan zaman yang begitu cepat nampaknya juga memicu perubahan gaya hidup warga masyarakat menuju sikap serta kepribadian individualistis. Hal tersebut secara signifikan berdampak pada lunturnya semangat bergotong royong dan lama-kelamaan kegiatan kemasyarakatan ini seolah hilang ditelan bumi. Kuatnya arus globalisasi tentu tidak dapat kita bendung, namun tetap perlu dihadapi dengan bijak. Sebagai masyarakat yang hidup di zaman ini tentu saja perlu untuk mengikuti perkembangan zaman. Akan tetapi budaya asli bangsa juga jangan sampai hilang karenanya. Marilah bersama-sama kita galakkan kembali semangat bergotong royong dalam rangka menumbuhkan rasa cita, kerukunan, persaudaraan, dan kebersamaan dalam keberagaman.

Baca Juga:   Pengertian, Jenis, & Daftar Kata Sifat Bahasa Indonesia

Hadirin yang saya hormati,

Mengingat begitu pentingnya peranan gotong royong dalam beberapa aspek yang saya sampaikan tadi, saya selaku lurah kelurahan Kemiling Permai menghimbau kepada RT, RW, dan perangkat desa lainnya untuk secara masiv mesosialisasikan serta menggerakkan kembali warga masyarakat untuk andil dalam semangat bergotong royong. Secara khusus pihak kelurahan akan mengawalinya dengan mengadakan seminar kebangsaan yang di dalamnya termuat dengan jelas tentang urgensi bergotong royong untuk kebersamaan dalam keberagaman. Selanjutnya saya percayakan kepada aparat kelurahan lainnya sebagai pihak eksekutor lapangan untuk menindaklanjuti hal tersebut. Saya berharap gotong royong dapat menjadi salah satu warna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun, damai, adil, dan sejahtera khususnya bagi kelurahan Kemiling Permai ini.

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian dan kepada Allah saya mohon ampunan.

Wabillahitaufik Walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sumber :
http://www.pidatu.com/2015/12/naskah-pidato-tentang-gotong-royong.html

Baca Juga:

Contoh Pidato Cinta Tanah Air Indonesia
Contoh Pidato Tentang Globalisasi dalam Bahasa Indonesia Terbaru
4 Contoh Pengumuman Kerja Bakti di Sekolah

No Responses

Leave a Reply