Contoh Pidato Tentang Kedisiplinan Terbaru

Contoh Pidato Tentang Kedisiplinan Terbaru – Pidato adalah suatu bentuk kegiatan berbicara di depan umum dengan tujuan penyampaian ide, gagasan, pendapat, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, seorang pembicara hanya akan menyampaikan ide dan gagasannya dalam bentuk lisan, tanpa adanya tanggapan secara langsung dari pendengar. Karenanya pidato adalah salah satu dari kegiatan berbicara yang menggunakan pola komunikasi satu arah. Pidato sangatlah beragam jenisnya jika ditinjau dari sisi ide yang disampaikan. Beberapa diantaranya ialah pidato tentang kebersihan, pidato politik, pidato kenegaraan, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh pidato yang bertemakan tentang kedisiplinan :

Contoh :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati bapak Kepala Sekolah SMA Tunas Harapan Bandar Lampung

Yang saya hormati ibu Wakil Kepala Sekolah SMA Tunas Harapan Bandar Lampung

Yang saya hormati bapak / ibu guru SMA Tunas Harapan Bandar Lampung

Dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa SMA Tunas Harapan Bandar Lampung

Alhamdulillahirabbil Alamin, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan yang begitu besar, salah satunya adalah nikmat iman dan nikmat kesehatan. Sehingga kita dapat berkumpul dalam sebuah forum yang amat sangat luar biasa ini. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW serta keluarga, sahabat, dan orang-orang yang senantiasa istiqomah mengikuti beliau sampai akhir zaman.

Baca Juga:   Pengertian, Cara Menyunting, Beserta Contoh Suntingan

Mengawali pidato yang akan saya bawakan pada pagi hari ini, saya ingin menyampaikan penghargaan serta rasa terima kasih yang teramat dalam kepada segenap panitia yang terdiri dari OSIS, Rohis, pramuka, KIR, pembina eskul, dan seluruh siswa-siswi yang terlibat dalam struktur kepanitiaan forum guru dan siswa ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang kedisiplinan.

Hadirin yang berbahagia,

Kedisiplinan adalah suatu hal yang teramat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Sikap disiplin secara signifikan akan menunjang suatu aktivitas sehinga menjadi lebih teratur, terarah, terkonsep, dan mengacu pada hasil kinerja yang baik. Tentu saja sikap disiplin tidak hanya dapat diterapkan dalam satu ruang lingkup saja. Lebih dari itu, kedisiplinan seyogyanya menjadi ruh dari setiap aktivitas yang kita lakukan. Disiplin bisa diterapkan dalam banyak hal misalnya saja disiplin dalam melakukan aktivitas keagamaan, disiplin dalam bekerja, disiplin dalam mengatur waktu, disiplin mengatur keuangan, disiplin dalam keteraturan, dan masih banyak lagi.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai contoh, seorang guru yang tidak disiplin dalam menjalankan perannya sebagai seorang pendidik. Guru tersebut selalu datang terlambat ke sekolah. Sehingga para murid pun mencontoh perbuatan gurunya tersebut. Sang guru yang mengetahui hal tersebut akhirnya merasa malu untuk menegur murid-muridnya karena dirinya pun selalu berbuat demikian. Akhirnya kegiatan belajar mengajar pun menjadi terganggu dan berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak maksimal. Karena hasil pembelajaran tidak maksimal maka akan berdampak pada mutu serta kualitas pendidikan yang rendah. Jika hal ini dibiarkan tentu rendahnya mutu kualitas pendidikan secara langsung akan berdampak pada kebodohan yang berujung pada kemiskinan. Sedangkan kemiskinan sendiri adalah akar dari timbulnya masalah-masalah sosial seperti tindak kriminalitas dan lain sebagainya. Semua permasalahan besar tersebut bermula dari ketidakdisiplinan.

Baca Juga:   Pengertian dan 35 Contoh Majas Sinestesia

Disiplin yang tidak diterapkan dalam satu bidang bisa mengakibatkan kematian pada seseorang. Misalnya saja dalam bidang militer, para tentara yang berada pada sebuah camp latihan khusus. Tentara-tentara tersebut dijadwalkan harus bangun pukul 04.00 WIB untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di sebuah lapangan terbang. Pukul 04.05 WIB camp tersebut akan diledakkan. Jadi sebelum pukul 04.05 para tentara harus sudah tidak berada di dalam camp latihan tersebut karena jika tidak, resiko yang akan diterima adalah kematian.

Dalam hal beribadah pun sesungguhnya umat islam secara tidak langsung diajarkan tentang kedisiplinan. Misalnya pada shalat 5 waktu yang telah ditetapkan waktu pelaksanaannya, jumlah rakaatnya, tata caranya, dan lain sebagainya. Contoh lainnya ada pada ibadah puasa yang dimulai pada saat menjelang waktu subuh sampai waktu adzan maghrib. Di situ terdapat tata cara pelaksanaan serta waktu yang menjadi pedoman aturan mainnya. Semua hal dalam hidup ini ada aturannya dan kita sebagai manusia harus menaatinya dengan penuh kedisiplinan.

Hadirin yang saya hormati,

Baca Juga:   Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

kedisiplinan merupakan salah satu kunci dalam meraih kesuksesan hidup. Jika ingin meraih kesuksesan, tentu sikap ini mutlak untuk dimiliki sejak usia dini. Sikap disiplin ibarat sebuah tulang punggung pada tubuh seseorang. Jika tulang punggung tidak berfungsi dengan baik jangankan untuk berlari, berdiri pun mungkin saja sulit untuk dilakukan. Begitu halnya sikap tidak disiplin dalam hal apapun, tentu akan merusak seluruh tatanan yang ada. Karenanya marilah kita pupuk dan jaga sikap disiplin yang ada dalam diri kita masing-masing. Terapkan kedisiplinan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Cara memulai kedisiplinan adalah dengan mengawali dengan sesuatu hal yang kecil agar tidak terasa berat diawalnya, dimulai dengan diri sendiri, dan mulailah saat ini.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai kedisiplinan. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini membawa manfaat bagi saudara-saudaraku sekalian. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sumber :
https://pintarpidato.blogspot.co.id/2015/08/contoh-naskah-pidato-bertema-kedisiplinan.html

Baca Juga:

Contoh Pidato tentang Kemerdekaan Terbaik
Contoh Pidato tentang Generasi Muda Terbaru
Contoh Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan

No Responses

Leave a Reply