Contoh Pidato tentang Kemerdekaan Terbaik

Contoh Pidato tentang Kemerdekaan Terbaik – Pidato adalah suatu bentuk aktivitas penyampaian ide, pendapat, serta gagasan yang disuguhkan oleh pembicara kepada para pendengar tanpa adanya interaksi komunikasi secara langsung. Pidato berdasarkan sifatnya tergolong kedalam salah satu kegiatan berbicara. Jenis pidato sangat beragam jika didasarkan pada isi yang disampaikannya. Beberapa diantaranya ialah pidato tentang kebersihan, pidato tentang hari raya besar keagamaan, pidato politik, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah contoh dari pidato yang dibawakan pada saat peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia :

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yang saya hormati bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Yang saya hormati bapak wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Yang saya hormati bapak / ibu guru beserta staff TU dan karyawan SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa-siswi kelas 10, 11, 12 SMA Negeri 22 Bandar Lampung

Pertama kalinya marilah kita panjatkan puji syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT yang telah memberikan kita banyak sekali kenikmatan yang tak terhingga. Sehingga apabila kita mencoba menghitung-hitung nikmat tersebut, tentu kita tidak akan sanggup untuk menghitungnya. Karenanya marilah senantiasa kita menempatkan rasa syukur dengan baik ke dalam setiap aktivitas kehidupan kita. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan juga umat beliau. Semoga kita diberikan kekuatan untuk tetap istiqamah mengikuti beliau hingga akhir hayat kita.

Baca Juga:   Belasan Contoh Pantun Nasehat dan Jenaka

Pertama kalinya ucapan terima kasih saya sampaikan kepada segenap panita pelaksana peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 atas kesempatan yang diberikan kepada saya selaku ketua OSIS untuk menyampaikan sedikit pidato yang erat kaitannya dengan peringatan hari kemerdekaan ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada bapak / ibu pembina kegiatan ekstrakulikuler yang telah memfasilitasi segala keperluan acara ini, sehingga dapat terselenggara dengan sangat baik.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini tanggal 17 Agustus 2016, bertepatan dengan HUT RI ke-72. Pada hari ini adalah tahun ke-72 negara kita merdeka dari tangan para penjajah. Peringatan kemerdekaan ini bukanlah semata-mata hanya mengikuti euforia semaraknya saja, namun lebih dari itu. Diharapkan dengan diselenggarakannya berbagai agenda pada hari ini dapat menambah semangat nasionalisme, patriotis, bangga akan bangsa sendiri, serta cinta tanah air dalam pribadi kita masing-masing.

Pasca perang kemerdekaan terdahulu adalah saat dimulailah era para pendiri bangsa. Mulai dari era itulah generasi seterusnya disebut sebagai generasi pengisi kemerdekaan. Kita yang hidup di zaman ini, adalah termasuk generasi yang mengemban amanah para pejuang kemerdekaan untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Dahulu para pahlawan bertempur mati-matian demi merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah. Mereka mengorbankan segala yang mereka punya, bahkan nyawa menjadi taruhan demi bebasnya bangsa dan negara ini. Saat musuh berada di depan mata, pantang bagi mereka untuk mundur. Sekelumit kisah para pejuang telah banyak kita dengar dari lisan-lisan para sejarawan, bapak / ibu guru, dan orang tua kita terdahulu. Adalah sebuah kewajiban bagi kita untuk dapat mengisi kemerdekaan yang sudah susah payah direbut oleh para pahlawan. Pertanyaannya adalah dengan apa kita mengisi kemerdekaan tersebut?

Baca Juga:   Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 8 SMP Semester 2

Hadirin yang saya hormati,

Kita generasi yang tidak pernah bertempur melawan penjajah seperti para pejuang kemerdekaan terdahulu, sejatinya kita memiliki musuh yang jauh lebih dahsyat dibandingkan hanya sekedar penjajah. Bung Karno pernah berkata bahwa perjuangan kita akan lebih berat dari pada perjuangan generasi terdahulu. Mereka melawan musuh-musuh yang nyata yakni penjajah yang bertujuan untuk merampok negeri kita. Akan tetapi perjuangan kita amatlah berat di era sekarang ini. Kita tak hanya melawan kolonialisme model baru, akan tetapi kita juga harus melawan bangsa sendiri yang berpihak pada asing. Dengan kata lain, musuh kita saat ini bukan hanya para penjajah. Akan tetapi musuh kita adalah saudara sebangsa dan setanah air yang berpihak pada asing dan bangga akan budaya serta adat istiadat mereka.

Hadirin yang saya hormati,

Peran generasi muda seperti kita saat ini sangat dibutuhkan dalam rangka melawan musuh-musuh bangsa dan negara. Kaum muda pula-lah yang memiliki potensi besar dalam membawa bahtera kepemimpinan negara ini ke depannya. Potensi yang kita miliki hendaknya dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu. Perjuangan seperti apa yang dapat kita lakukan sebagai kaum muda? Banyak hal yang bisa kita perbuat untuk mengisi kemerdekaan kita. Sesuatu yang dapat kita perbuat tentu bisa dimulai dari hal yang kecil. Seorang guru dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara mengabdi dan mendedikasikan dirinya untuk dunia pendidikan bangsa. Seorang ulama dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan berperan sebagai pengayom umat untuk persatuan dalam keberagaman. Seorang pemimpin dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan mempersatukan bangsa dalam keberagaman etnis. Seorang pelajar dapat mengisi kemerdekaan negerinya dengan belajar sekuat tenaga demi cita-cita mengharumkan nama bangsa. Pada akhirnya kita semua dapat mengisi kemerdekaan bangsa dengan porsi serta jalan hidupnya masing-masing.

Baca Juga:   Contoh Cerpen Tiga Paragraf Tentang Nasihat Kehidupan

Hadirin yang saya hormati,

Apa yang kita hadapi dewasa ini sungguhlah berat. Dalam situasi politik, perekonomian, dan masalah sosial dalam negeri yang tidak menentu memaksa kita untuk ambil bagian dalam mengawal jalannya roda pemerintahan bangsa dan negara. Karenanya marilah bersama-sama kita berjuang demi bangsa dan negara dengan sesuatu hal yang kita punyai, dengan seuatu hal yang kita mampu untuk melakukannya, dan dengan segenap jiwa raga untuk mengabdi pada bangsa. Marilah kita isi kemerdekaan bangsa Indonesia ini dengan semangat kerja keras, semangat persatuan, dan semangat membangun Indonesia menuju bangsa yang lebih baik ke depannya.

Dirgahayu IndonesiaKu!

Merdekaa !! Merdekaa!!

Wasalammualaikum Warahmatullahi wabarakaatuhh

Sumber :
http://kreasitekno(dot)co/pidato-kemerdekaan-ri.html

Baca Juga:

Contoh Pidato tentang Generasi Muda Terbaru
Contoh Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan
Contoh Teks Wawancara tentang Pendidikan Terbaru

No Responses

Leave a Reply