Contoh Pidato Tentang Ulang Tahun (Terbaru)

Contoh Pidato Tentang Ulang Tahun (Terbaru) – Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai dengan mengusung ide, pendapat, gagasan, atau topik tertentu. Dalam kegiatan berpidato di dalamnya tidak terdapat interaksi komunikatif antara pembicara dan pendengar. Dengan kata lain hanya pembicaralah yang berhak untuk menyampaikan pendapat, ide, dan gagasannya. Sedangkan pendengar hanya boleh menyimak apa yang disampaikan oleh pembicara tanpa boleh menanggapi. Berikut ini adalah contoh dari pidato yang disampaikan ketika acara ulang tahun sedang berlangsung :

Contoh :

Assalamualakum. Warahmatullahi. Wabarakatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita kehidupan hingga saat ini, sehingga kita dapat berkumpul dalam suasana gembira dalam perayaan hari ulang tahun saya yang ke-9. Sholawat beriring salam tak lupa kita sanjung agungkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membawa risalah agama Islam yang sangat mulia. Semoga kita semua tergolong ke dalam umatnya yang konsisten dalam mencontoh segala apa yang ada pada beliau.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-temanku sekalian yang telah berkenan hadir dalam acara ulang tahun yang ke-9 ini. Terima kasih juga saya sampaikan kepada ibu / bapak guru di sekolah yang turut hadir memenuhi undangan yang telah saya sampaikan beberapa hari yang lalu. Sungguh merupakan suatu kehormatan bagi saya, bisa menghadirkan bapak / ibu guru di kediaman kami yang sederhana ini. Secara khusus saya juga ingin berterima kasih kepada ayah dan ibu, yang sejak jauh-jauh hari merencanakan acara ini dengan sangat matang dan tersusun begitu rapi. Selanjutnya saya mengucapkan selamat datang kepada bapak Irwan Syahputra, S.Si. yang merupakan ketua yayasan panti asuhan Kasih Bunda kecamatan Suka Bumi, Bandar Lampung.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi Persuasif Terbaru

Teman-teman yang saya sayangi,

Pada awalnya saya sama sekali tidak berharap bahwa hari kelahiran saya yang bertepatan pada hari ini dirayakan dengan acara semacam ini. Saya hanya ingin berkumpul bersama keluarga dengan mengadakan perayaan kecil semacam syukuran. Akan tetapi ayah dan ibu yang memaksa untuk mengadakan acara perayaan ulang tahun, dengan mengundang teman-teman serta guru-guru di sekolah. Ayah dan ibu berharap acara ini tidak hanya sekedar sebagai kegiatan hura-hura yang berlalu tanpa makna. Karenanya pada hari ini kita tidak hanya akan melakukan kegiatan biasa sebagaimana acara ulang tahun lainnya. Pada hari ini kita akan melakukan kegiatan sosial yakni bermain bersama adik-adik dari panti asuhan Kasih Bunda. Selain itu di akhir acara, keluarga kami akan membagi-bagikan makanan, pakaian, peralatan sekolah, dan uang tunai kepada adik-adik dari panti asuhan tersebut. Kami juga mempersilahkan kepada teman-teman serta bapak / ibu guru sekalian jika ingin memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada adik-adik kita nanti. Sepertinya saat ini mereka semua sedang berada dalam perjalanan menuju kemari. Kita doakan saja semoga semuanya lancar sampai saat kedatangan mereka semua.

Baca Juga:   Contoh Pidato Motivasi Belajar Siswa

Teman-teman yang saya sayangi,

Acara ulang tahun sebaiknya tidak hanya dimaknai dengan berbagai acara yang sifatnya menghambur-hamburkan uang. Banyak diantara kita yang melaksanakan acara ulang tahun dengan konsep pesta besar. Tidak main-main, acara tersebut terkadang dilangsungkan di hotel berbintang, kapal pesiar, dan sejumlah tempat-tempat mewah lainnya. Menurut saya hal ini sangat tidak baik untuk dilakukan. Jika kita mampu untuk mengadakan acara semacam itu, alangkah baiknya potensi yang kita miliki tersebut dialihkan untuk kebermanfaatan banyak orang. Di luar sana masih banyak anak-anak seusia kita yang tidak dapat menikmati indahnya bersekolah, bermain bersama, dan lain sebagainya. Jangankan bersekolah, untuk makan sehari-hari saja mereka seringkali kekurangan. Mereka tidak memiliki biaya dan cukup waktu untuk bersekolah seperti kita karena tuntutan mencari nafkah dan lain sebagainya. Karenanya kita yang dianugerahi banyak hal, seyogyanya dapat peduli akan nasib mereka. Meskipun hanya sedikit yang bisa kita bantu dari apa yang kita miliki.

Teman-temanku sekalian, kepedulian adalah hal penting yang harus ada dalam pribadi kita masing-masing. Bayangkan jika kita bernasib sama seperti adik-adik panti asuhan itu, apa yang kita rasakan? Sungguh, saya tidak membayangkan jika diri saya pribadi harus kehilangan kedua orang tua. Setiap harinya mereka merasakan hidup penuh dengan kesepian tanpa adanya keluarga. Setiap hari mereka mendambakan adanya ayah dan ibu yang memanjakan mereka, menuruti keinginan mereka, membelikan sesuatu yang mereka inginkan, dan seterusnya. Pernahkah teman-teman merasakan hal tersebut? sejujurnya saya baru saja menyadari hal ini ketika ayah dan ibu berinisiatif untuk mengundang mereka semua di acara ulang tahun saya ini. Semoga dengan kedatangan mereka ke sini dapat menyadarkan kita akan pentingnya mensyukuri hidup yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita. Selain itu saya juga berharap dengan diadakannya acara ini sedikit banyak mampu memupus kesedihan yang selama ini mereka alami.

Baca Juga:   Contoh Pidato Kegiatan 1 Muharram

Teman-teman yang saya sayangi,

Pada akhirnya saya berharap agar acara ulang tahun ini dapat menjadi media dalam menebar pentingnya rasa peduli terhadap sesama. Semoga acara ini dapat dilalui tanpa adanya kesan hura-hura semata. Akan tetapi lebih dari itu, saya berharap dapat menginisiasikan acara ulang tahun yang Insya Allah penuh dengan makna ini agar dapat dicontoh oleh banyak orang terutama teman-temanku sekalian.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Maafkan diri saya jika terdapat kesan menggurui dan kesalahan lain dari sambutan yang baru saja saya sampaikan. Kepada Allah saya memohon ampunan.

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca Juga:

Contoh Pidato Tentang Ibu yang Menyentuh Hati
Contoh Pidato Agama Islam Tentang Akhlak (Terbaru)
Pidato Tentang Pentingnya Menghormati Orang Tua (Terbaru)

No Responses

Leave a Reply