Contoh Pidato Visi dan Misi Calon Ketua Osis

Contoh Pidato Visi dan Misi Calon Ketua Osis – Pidato adalah suatu kegiatan menyampaikan gagasan, ide, dan pendapat kepada khalayak umum. Berdasarkan isi yang disampaikan, pidato terdiri atas beberapa macam diantaranya ialah pidato kenegaraan, pidato politik, pidato agama, dan masih banyak lagi. Berikut adalah contoh pidato tentang penyampaian visi dan misi calon ketua OSIS :

Contoh :

Assalamualaikum. Wr. Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Yang saya hormati bapak kepala sekolah SMA Negeri 02 Bandar Lampung
Yang saya hormati bapak wakil kepala sekolah beserta para guru SMA Negeri 02 Bandar Lampung
Yang saya banggakan rekan-rekan siswa kelas 11 dan kelas 12 serta adik-adikku kelas 10 sekalian

Puji syukur kehadirat Allah yang maha esa, karena dengan segala nikmat dan karunianya kita dapat merasakan indahnya bersekolah, belajar, dan menempa diri di sekolah ini. Banyak diantara kita yakni anak-anak usia sekolah yang seharusnya mengenyam pendidikan seperti kita di sini, namun karena keterbatasan dalam banyak hal membuat mereka terpaksa tidak memperoleh hak untuk belajar. Oleh karenanya, syukur yang teramat dalam tentu harus kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud terima kasih kita kepada Tuhan yang maha esa. Sholawat serta salam tak lupa kita sanjungan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umat beliau.

Pertama kalinya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya pada rekan-rekan sekalian yang telah mempersiapkan acara ini dengan begitu matang. Sehingga acara pemilihan ketua Osis yang baru ini dapat terselenggara dengan sangat baik. Terima kasih juga saya sampaikan kepada bapak / ibu guru serta para pembina eskul yang telah turut memfasilitasi kegiatan ini.

Baca Juga:   Contoh Pidato tentang Generasi Muda Terbaru

Pada kesempatan yang berbahagia ini, dihadapan bapak / ibu guru serta siswa kelas 1 – 3 sekalian, saya bermaksud untuk menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan visi dan misi saya selama menjabat sebagai ketua OSIS setahun ke depan. Tentunya jika rekan-rekan sekalian mempercayakan amanah ini kepada saya. Visi dan misi yang akan saya sampaikan ini mungkin saja sebagian besar dari rekan-rekan sekalian telah banyak yang mengetahuinya melalui mading dan website sekolah. Namun dalam hal ini saya akan menyampaikannya kembali, mengingat agenda kali ini adalah pidato penyampaian visi dan misi calon ketua osis. Maka dari itu izinkanlah saya untuk menyampaikan visi dan misi saya sebagai calon ketua osis pada periode mendatang!

Dalam kesempatan pemilihan calon ketua OSIS tahun ini, saya Ahmad Syafi’i Ma’arif bersama rekan saya Alfie Faizu merasa terpanggil untuk mengemban amanah tampuk kepemimpinan OSIS SMA Negeri 02 Bandar Lampung dengan ketulusan hati. Dikarenakan pada kesempatan kali ini hanya calon ketua OSIS saja yang diperkenankan untuk berpidato, maka saudara Alfie Faizu sebagai calon wakil ketua OSIS hanya akan mendampingi di sebelah kanan saya.

Beberapa hal yang akan saya sampaikan ini adalah visi dan misi yang telah tersusun atas pemikiran saya, saudara Alfie Faizu, dan segenap dewan guru serta rekan siswa lainnya yang mendukung kami untuk maju sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS SMA Negeri 02 Bandar Lampung. Visi yang saya usung dalam pencalonan ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini adalah “membentuk karakter pribadi siswa yang cerdas, berbudi pekerti, dan religius.” Visi tersebut selanjutnya saya jabarkan menjadi beberapa misi yang akan mendukung visi yang saya usung pada pencalonan ini. misi tersebut diantaranya ialah :

Baca Juga:   Contoh Pidato Tentang Ibu yang Menyentuh Hati

1. Menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar dengan memasivkan kegiatan diskusi, debat ilmiah, dan penulisan karya ilmiah melalui kegiatan ekstrakulikuler dan pembelajaran di kelas ;
2. Mengadvokasi seluruh kegiatan ekstrakulikuler dalam masalah pendanaan dan hal-hal lainnya ;
3. Membangun relasi antara OSIS SMA Negeri 02 Bandar Lampung dengan seluruh OSIS di kota Bandar Lampung ;
4. Melibatkan seluruh siswa baik kelas 10, 11, 12, dalam kegiatan sekolah khususnya kegiatan OSIS ;
5. Memproduktifkan kembali fungsi fasilitas sekolah yang selama ini tidak terberdayakan dengan baik ;
6. Melibatkan seluruh siwa untuk turut berperan aktif dalam menghidupkan mushala, aktif mengaji, dan mendukung seluruh aktivitas keagamaan di sekolah.

Beberapa point di atas merupakan misi-misi yang telah teruraikan dari visi yang saya usung untuk menjadi ketua OSIS pada periode mendatang. Ada beberapa hal yang membuat diri saya maju dalam pencalonan ini dengan visi dan misi tersebut. Hal-hal tersebut juga menjadi dasar serta alasan bagi saya untuk maju sebagai calon ketua OSIS pada periode mendatang.

Beberapa hal tersebut diantaranya ialah kurangnya kesadaran bahwa masing-masing dari diri kita di sekolah ini adalah seorang pelajar. Kurangnya kesadaran tersebut berimbas pula pada hal-hal yang kita lakukan sehari-hari di sekolah. Sedikit diantara kita yang menikmati waktunya di sekolah dengan aktivitas belajar. Secara kasat mata memang kita semua sedang menempuh proses pembelajaran di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas, diskusi, mengerjakan tugas, observasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak diantara siswa yang malas melakukan hal tersebut. Padahal sejatinya kita ini adalah pelajar yang memiliki kewajiban untuk belajar dengan kesadaran tinggi tanpa adanya unsur keterpaksaan dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Past Perfect Continuous Tense - Penjelasan, Contoh Kalimat, Soal

Selanjutnya terdapat banyak masalah lain yang menurut saya harus segera diatasi dan dicarikan jalan keluarnya. Beberapa diantaranya adalah kurangnya kesadaran untuk menjadi pribadi yang religius. Sejatinya kita semua adalah manusia yang beragama. Sebagai umat beragama tentu saja harus taat terhadap aturan dan perintah agamanya. Namun sangat disayangkan, fakta yang ada ialah mushala selalu terlihat sepi terutama pada jam istirahat siang. Seharusnya pada jam tersebut siswa-siwa yang beragama muslim pergi ke mushala untuk melaksanakan shalat dhuhur berjamaah.

Beberapa hal tersebut hanyalah secuil dari masalah yang saya temukan di lingkungan sekolah ini. hal ini membuat saya ingin melakukan sesuatu untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Salah satu upaya yang dapat saya lakukan adalah maju dalam pemilihan ketua OSIS SMA Negeri 02 Bandar Lampung pada periode mendatang. Tentu saja saya bukanlah yang terbaik diantara calon ketua OSIS lainnya. Jika saja terdapat calon lain yang menurut rekan-rekan sekalian lebih mumpuni dari saya, silahkan saja untuk memilih orang tersebut. Majunya saya dalam pemilihan ini hanya semata-mata atas dasar keingingan untuk merubah sekolah ke arah yang lebih baik lagi.

Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga:

Contoh Teks Diskusi Tentang Ujian Nasional di Indonesia
Contoh Teks Wawancara dengan Petani Terbaru
Contoh Resensi Buku non Fiksi Terbaru

No Responses

Leave a Reply