Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah Terbaru

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah – Teks deskripsi adalah wacana yang memaparkan tentang suatu obyek berkaitan dengan bentuk fisik, karakter, sifat, dan segala hal yang melekat pada obyek tersebut. Penulisan dalam teks deskripsi didasarkan pada hasil dari sebuah kegiatan pengamatan. Teks ini berupaya agar pembaca seolah-olah melihat secara langsung mengenai obyek yang dipaparkan oleh penulis dalam teks. Berikut ini adalah beberapa contoh tentang teks deskripsi tentang sekolah:

Contoh :

Studi Banding Ke SMA Bumi Putera

Suatu ketika sekolahku mengadakan kegiatan studi banding ke SMA Bumi Putera Bandar Lampung. Studi banding ini diadakan dengan tujuan agar antara sekolahku dengan SMA Bumi Putera dapat saling berbagi dalam hal apapun terutama berkaitan dengan penerapan pendidikan. Rombongan dari SMA Budi Luhur yang tak lain adalah sekolahku sendiri berangkat pada pukul 07.30 WIB dan diperkirakan akan tiba di SMA Bumi Putera pada pukul 08. WIB. Meskipun masih dalam lingkup satu kota madya, namun aku sendiri belum pernah mengunjungi SMA Bumi Putera. Beberapa dari teman-teman sekolah mengatakan padaku bahwa mereka pernah ke sekolah tersebut. Mereka sedikit menceritakan padaku tentang profil sekolah SMA Bumi Putera. Aku hanya diam mendengarkan mereka karena sedikitpun aku tak memiliki gambaran tentang sekolah tersebut.

Setibanya di SMA Bumi Putera kami disambut oleh seluruh siswa kelas 12 yang berbaris berjejer mulai dari jalan poros menuju sampai pada gerbang utama sekolah. Kami disambut dengan sangat hangat oleh penghuni sekolah tersebut. Perlahan aku dan rombongan yang masih terus bersalaman sambil berjalan menuju sekolah sedikit demi sedikit melihat gerbang utama sekolah SMA Bumi Putra. Gerbang tersebut lebih tepat dikatakan sebagai gapura. Pintu akses utama memasuki area SMA Putera. Pintu utama ini bisa dikatakan cukup artistik untuk sebuah gapura sekolah. Di bagian atasnya terdapat lambang siger dan corak aksara lampung yang indah bertuliskan SMA Budi Putera.

Baca Juga:   Perbedaan Bad & Badly, Breath & Breathe, Plus Latihan Soal

 

Di kedua sisi penyangganya juga terdapat aksara lampung bertuliskan motto sekolah yakni cerdas, beriman, dan bersahaja. Setelah puas menikmati keindahan gapura sekolah tersebut, kamipun bergerak menuju lorong utama menuju area sekolah. Di sana terdapat meja registrasi penerimaan tamu. Di meja tersebut telah ada dua orang siswi cantik yang bertugas menjaga lembara presensi tamu dari SMA Budi Luhur. Setelah mengisi buku tamu, kami bergerak menuju area sekolah dan kami terkejut ketika melihat deretan piala besar yang tersusun rapi di dalam lemari etalase. Luar biasa bukan main aku sangat terkejut melihat deretan piala-piala tersebut. Piala-piala itu bertuliskan prestasi kejuaraan yang berbeda-beda mulai dari akademik, olah raga, dan seni. Aku sangat kagum akan prestasi teman-teman di sekolah ini. Ternyata kabar tentang keunggulan siswa SMA Bumi Putera memang bukan hanya isapan jempol semata.

Ketika memasuki area sekolah SMA Bumi Putera, terlihat jelas beberapa lapangan sarana olah raga. Lapangan-lapangan tersebut diantaranya adalah lapangan futsal, basket, dan juga voli. Salah satu dari siswi kelas 12 yang bernama Rinda bercerita tentang lapangan ini. jika hari senin, tiga lapangan olah raga tersebut digabung menjadi satu untuk digunakan upacara bendera. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok ditemani oleh satu orang siswa / siswi SMA Bumi Putera. Rinda ditunjuk untuk menemani kami yang beranggotakan sepuluh orang dalam satu kelompok. Ketika berjalan di lorong kelas, aku dapat dengan menerka dengan mudah beberapa ruangan-ruangan yang kami lewati. Perpustakaan, laboratorium bahasa, laboratorium IPA, gudang, sekertariat OSIS, sekertariat Rohis, dan ruang UKS. Aku juga melihat ruang kelas yang berderet dan berlantai-lantai. Rinda menjelaskan kepada kami bahwa jumlah keseluruhan kelas yang ada di SMA Bumi Putera sebanyak 26 kelas. Kelas-kelas tersebut terdiri dari kelas 10 sampai kelas 12.

Baca Juga:   40 Contoh Pantun Cinta Kasih Sayang

Aku juga melihat-lihat taman baca yang terdiri atas bangku panjang, meja tralis besi, dan kolam air mancur. Desain bangku panjang dan meja tralis besi tersebut mirip dengan fasilitas umum yang ada di taman-taman kota. Di dalam kolam air mancur juga terdapat beberapa jenis ikan hias yang tak kupahami apa jenis ikan tersebut. Namun Rinda menjelaskan rasa keingintahuan kami dengan sangat baik. Setelah selesai melihat-lihat, kami semua diminta untuk berkumpul dalam satu ruangan besar yang kuduga ini adalah Gedung Serba Guna (GSG). Kami disambut secara formal oleh bapak Kepala Sekolah, dewan guru, dan staf SMA Bumi Putera. Sambutan demi sambutan telah kami dengarkan dan tiba saatnya kami kembali ke sekolah kami. Aku sangat senang dapat berkunjung ke sekolah yang luar biasa ini. aku juga mendapat banyak teman di sini. Aku dan Rinda beserta teman-teman SMA Bumi Putera lainnya saling bertukar no Handphone. Akhirnya tiba lah waktunya kami kembali ke sekolah. Kami bertolak dari SMA Bumi Putera pada pukul 13.00 WIB dan tiba di seokolah kami pada pukul 13.35 WIB.

Baca Juga:   Definisi, Jenis Kata Hubung, dan Penggunannya

Penjelasan :
Unsur deskriptif dalam teks di atas ditunjukkan pada beberapa kalimat di tiap paragraf. Misalnya saja pada kalimat “Di bagian atasnya terdapat lambang siger dan corak aksara lampung yang indah bertuliskan SMA Budi Putera.” Di kedua sisi penyangganya juga terdapat aksara lampung bertuliskan motto sekolah yakni cerdas, beriman, dan bersahaja.” Dua kalimat tersebut mendeskripsikan tentang gapura sekolah.

Perhatikan juga kalimat berikut : “Aku juga melihat-lihat taman baca yang terdiri atas bangku panjang, meja tralis besi, dan kolam air mancur. Desain bangku panjang dan meja tralis besi tersebut mirip dengan fasilitas umum yang ada di taman-taman kota. Di dalam kolam air mancur juga terdapat beberapa jenis ikan hias yang tak kupahami apa jenis ikan tersebut.” Kalimat-kalimat tersebut juga menggambarkan / mendeskripsikan tentang situasi taman sekolah yang dimanfaatkan sebagai taman baca.

Baca Juga:

Definisi, Ciri-Ciri Teks Deskripsi, Jenis, & Strukturnya
4 Contoh Paragraf Kausalitas & Pengertiannya
54 Contoh Kalimat Predikat & Pengertiannya

No Responses

Leave a Reply