Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan (Terbaru)

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan (Terbaru) – Teks diskusi adalah teks yang berisikan tentang pro dan kontra atau perdebatan khusus terhadap suatu masalah, fenomena, peristiwa, dan lain sebagainya. Teks ini jika ditinjau dari segi bentuknya tak lain adalah sebuah sajian hasil diskusi yang dituliskan dalam bentuk teks.

Berikut ini adalah sebuah teks diskusi tentang efek yang ditimbulkan oleh daun teh bagi kesehatan :

Pro dan Kontra Mengenai Dampak Kebiasaan minum Teh bagi Kesehatan Tubuh

Kebiasaan minum teh sesungguhnya telah ada sejak abad ke-8 Masehi yang pertama kalinya ditemukan di negara Tiongkok. Teh dapat dijadikan sebuah sajian khusus dalam sebuah pesta, tradisi, atau upacara adat dengan beragam jenis teh yang disuguhkan. Kebiasaan minum teh di sebagian besar wilayah di seluruh dunia, mampu menyaingi kebiasaan minum kopi yang umumnya digemari oleh semua orang. Orang-orang Indonesia sendiri telah melazimi kebiasaan minum teh sejak zaman penjajahan Belanda. Pada umumnya jenis minuman seduhan ini disuguhkan pada saat tamu sedang berkunjung, rapat atau pertemuan, sebagai pelengkap sajian khusus serapan pagi, bahkan minuman pada sore hari ketika santai bersama keluarga. Di Indonesia sendiri, terutama di Jawa barat minuman teh menjadi pengganti air putih yang di minum setiap harinya.

Sejak tahun 5000 yang lalu, kaisar Shen Nung dari negeri China memperkenalkan teh sebagai minuman berkhasiat yang berguna dan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapatmeningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman teh merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara namun saat ini sudah ditanam pada 30 negara yang menyebar di seluruh dunia. Saat ini dikoleksi terdapat 3.000 jenis tanaman teh, akan tetapi secara botani jenis tanaman ini berasal dari hasil perkawinan silangnya. Bagian dari tanaman teh yang dapat dimanfaatkan adalah pada bagian daunnya. Daun ini yang pada akhirnya nanti digunakan sebagai minuman.

Baca Juga:   Kumpulan Puisi Kemerdekaan Untuk Anak SD

Banyak diantara ahli kesehatan yang berdebat mengenai dampak baik dan buruk yang ditimbulkan oleh aktivitas mengonsumsi teh bagi tubuh manusia. Tak hanya para ahli kesehatan saja, bahkan masyarakat di berbagai kalangan juga turut berdebat panas akan hal ini. Perdebatan ini mengerucut pada pengelompokan pro dan kontra terhadap asumsi yang menyatakan bahwa teh membawa kebermanfaatan terhadap kesehatan tubuh ataukah tidak.

Sebagian ahli kesehatan dan masyarakat yang berasumsi mengenai kebermanfaatan yang ada pada kegiatan mengonsumsi teh menyandarkan pada dasar-dasar yang cukup kuat. Jika terdapat sebuah pertanyaan manfaat teh bagi kesehatan, maka jawabannya adalah kandungan teh terdapat banyak bahan aktif diantaranya yaitu, polyphenols (10-25%), dan komponen anorganik lainya seperti vitamin C (150-250 mg%), vitamin E (25-70 mg%), β-carotene (13-20%), cafein (45-50 mg%), dan flour (0,1-4,2 mg/L). Terdapat aroma khas pada teh yang terdapat komponen kandungan volatile.

Kandungan polyphenolsberfungsi sebagai anti oksidan dalam mencegah perkembangan sel kangker yang ada pada tubuh manusia, selai itu juga sudah terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Tidak hanya itu, polyphenols juga dapat mengurangi penimbunaan kolesteterol dalam darah yang mempercepat pembuangan kolesterol melalui fases.terdapat beberapa vitamin, seperti vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dalam hal ini juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dalam bentuk kandungan betakaroten. Di dalam teh terdapat kandungan flor yang sangat tinggi, sehingga dapat memperkuat gigi, mencegah osteoporosis atau sering disebut juga pengeroposan tulang yang biasanya terjadi pada lanjut usia. Kandungan kaffein disini apabila dilakukan dengan pemakaian yang wajar dapat membantu untuk menyegarkan tubuh melalui pengaruh sistem syaraf tubuh sebagai perangsang dalam pengambilan oksigen di udara.

Baca Juga:   5 Contoh Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Sedangkan kelompok kontra terhadap manfaat yang ditimbulkan pada teh menyandarkan pada beberapa pernyataan serta fakta ilmiah yang juga ditemukan oleh para ahli kesehatan. Salah satu fakta tersebut adalah ternyata di dalam kandungan teh terdapat kandungan kaffein yang dapat menghambat proses penyarapan makanan pada saat dicerna oleh tubuh manusia. Selain itu kaffein juga mempunyai efek kecanduan atau ketergantungan yang menyebakan tubuh menjadi kurang fit apabila tidak mengkonsumsinya. Pada ibu yang sedang menyusui misalnya, kaffein memberikan pengaruh terhadap kelancaran ASI yang dapat menghambat kelancaran atau ketersediaan ASI. Sedangkan pada bayi sendiri, zat kaffein dapat menimbulkan usus bayi menjadi kejang. Bahkan kandungan mineral yang terdapat dalam teh dapat memicu terbentuknya batu ginjal, hal ini perlu diperhatikan oleh masyarakat yang suka mengkonsumsi teh utamanya yang menderita batu ginjal.

Setidaknya terdapat beberapa langkah sehat yang dapat kita lakukan untuk mengkonsumsi teh, yakni dengan membatasi mengkonsumsi minuman ini dengan jumlah tertentu. Sebaiknya minum teh sebanyak 5 cangkir dakam ukuran 200 ml setiap harinya. Jumlah tersebut merupakan batas normal kadar kaffein yang dapat dikonsumsi yaitu setara dengan 750 mg/hari. Salain itu juga usahakan untuk menyeduh teh dengan air hangat dan hindari penambahan gula untuk mencegah hilangnya manfaat dari teh itu sendiri. Biasanya dalam kegiatan sehari-hari, orang suka minum teh dalam keadaan perut kosong. Hal tersebut tidak diperbolehkan sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung yang memberikan pengaruh serta efek yang kurang baik bagi saluran pencernaan.

Baca Juga:   Pengertian dan 30 Contoh Majas Ironi

Dari uraian diatas kita dapat mengetahui serta memahami dampak baik atau dampak buruk dari mengonsumsi teh. Dampak buruk sesungguhnya dapat dihindari asalkan tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebih sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Kegiatan mengonsumsi teh juga dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh jika menerapkan pola aturan konsumsi yang tidak melebihi limit yang ditentukan.

Sumber :
http://www.yuksinau.com/2016/11/kumpulan-contoh-teks-diskusi-singkat.html

Baca Juga:

Pidato Singkat Tentang Agama Islam (Terbaru)
Contoh Pidato Ekstemporan Tentang Lingkungan
Contoh Naskah Pidato Pernikahan Singkat Terbaru

No Responses

Leave a Reply