no comments

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Terbaru

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Terbaru – Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi proses-proses yang menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu hal yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

A. Fungsi Teks Eksplanasi

Menjelaskan kepada pembaca tentang mengapa dan bagaiamana sebuah fenomena dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

B. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

1. Fokus pada topik yang bersifat umum.
2. Teks terdiri dari beberapa bagian, yaitu pernyataan umum, penjelasan, dan penutup.
3. Teks berisi informasi yang didasarkan pada fakta.

C. Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Bagian ini berisikan penjelasan mengenai topik yang akan dibahasa di dalam teks secara keseluruhan. Bagian ini menjadi pengenalan di awal dan kata kunci dalam paragraf berikutnya.

2. Penjelas

Pada bagian ini informasi diberikan secara detail untuk memberikan pengetahuan lebih jelas mengenai topik yang sedang di bahas.

3. Penutup

Bagian ini sering disebut sebagai bagian interpretasi yang berisikan kesimpulan mengenai apa yang dibahas di dua bagian sebelumnya. Biasanya bagian ini berisi nasehat, wejangan, atau harapan terkait fenomena yang dibahas sejak awal teks dibuat.

Contoh :

Perkembangan Teknologi

Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan yang dapat pula diartikan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Biasanya teknologi bersifat dinamis karena mengikuti tujuannya yakni menjamin kenyamanan hidup manusia sehingga terus menerus berekembang dari waktu ke waktu. Teknologi yang berkembang tersebut selalu menghadirkan daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Bagaimana tidak, dengannya seseorang mampu membuat yang tidak ada di masa sebelumnya menjadi ada, mengubah jarak yang jauh menjadi lebih dekat, dan yang sulit menjadi mudah. Akhirnya kini teknologi menjadi sesuatu yang sangat dinantikan perkembangannya.

Perkembangan teknologi tidak lepas dari adanya manusia yang selalu berupaya berinovasi dalam menciptakan segala sesuatu yang dianggap bermanfaat bagi manusia lainnya. Sebagai contoh nyata dari perkembangan teknologi yang paling sederhana adalah penggunaan batu dan tulang yang kemudian mengalami perkembangan menjadi peralatan besi sebagai sarana berburu dan meramu oleh manusia di zaman purba. Jelas terlihat bahwa semakin lama peralatan yang digunakan semakin memberikan kemudahan bagi mereka dalam melakukan aktivitasnya. Tidak berbeda dengan pendahulunya, perkembangan teknologi seperti telepon kabel yang kini berganti menjadi telepon genggam juga terjadi. Bahkan untuk jenis teknologi yang satu ini perkembangannya tidak hanya memberikan kemudahan dari sesuatu yang dianggap tidak praktis karena berkabel manjadi sesuatu yang praktis tanpa kabel sehingga menjamin kenyamanan penggunanya tetapi juga menghadirkan beragam hal yang memberi nilai lebih bagi penggunanya. Maka tidak heran jika peran telepon kini nyaris telah bergeser.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksplanasi Tentang Petir Terbaru

Secara garis besar terdapat tiga klasifikasi yang merupakan dasar dari perkembangan teknologi, yaitu perkembangan teknologi yang bersifat netral atau Neutral Technological Progress, perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja atau Labor-saving Technological Progress, dan perkembangan teknologi yang hemat modal atau Capital-saving Technological Progress. Masing-masing dasar memiliki pengertian dan fokus tersendiri. Pertama, perkembangan teknologi yang bersifat netral terjadi apabila tingkat pengeluaran atau output lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan faktor-faktor kombinasi atau input yang sama. Kedua, perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja mengacu pada penciptaan sesuatu yang mampu mengurangi jumlah tenaga kerja yang diserap dalam penyelesaian suatu pekerjaan. Perkembangan ini banyak terjadi sejak akhir abad ke sembilan belas dimana meningkatnya perkembangan teknologi yang menghemat tenaga kerja dalam memproduksi suatu barang. Ketiga, perkembangan teknologi yang hemat modal merupakan upaya menciptakan sesuatu yang mampu menghemat modal dalam pengerjaan sesuatu. Ini merupakan fenomena yang relatif langka karena pada umumnya perkembangan teknologi membutuhkan modal yang besar dan bertujuan menghemat tenaga kerja.

Baca Juga:   Soal Teks Eksplanasi & Jawabannya (Terbaru)

Teknologi dengan perkembangannya tentu dipandang sebagai sesuatu yang menguntungkan karena kemampuannya membuat hidup lebih nyaman. Dengannya seseorang mampu mengubah dunia seolah dalam genggamannya. Namun sayangnya, perkembangan teknologi juga berpotensi memiliki dapak buruk. Terlebih bila pengguna teknologi tersebut tidak bijak dalam menggunakannya. Dalam banyak kasus kita menjumpai bahwa penggunaan teknologi berperan besar dalm melancarkan sebuah kejahatan. Sebagai contoh, penggunaan kamera pengintai yang semula dimanfaatkan sebagai alat yang membantu seseorang dalam hal mengawasi kejahatan di sekitarnya justru dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk memuluskan aksinya. Hal ini tentu menimbulkan kerugian bagi korban dan malapetaka bagi si pelaku. Jelas ini menjadi bukti bahwa teknologi jatuh ke tangan pengguna yang tidak bijak. Selain itu, contoh lain dapat dengan mudah kita temui pada mereka yang menggunakan perangkat bernama telepon genggam. Sesuai namanya, telepon genggam semestinya menjadi sebuah alat komunikasi yang menghubungkan satu sama lain dengan praktis tanpa kabel. Namun perkembangan teknologi telah mengubahnya menjadi sebuah alat yang tidak hanya digunakan untuk tujuan tersebut saja tetapi juga membuka peluang bagi terjadinya berbagai hal yang tidak sepatutnya.

Baca Juga:   Penggunaan Quotation Mark dalam Kalimat Bahasa Inggris

Sudah semestinya perkembangan teknologi yang menjadi bukti bagi kemajuan pola fikir manusia diiringi dengan semakin baiknya moral penggunanya. Sesuai harapan pada penciptaan teknologi yakni menyediakan kenyamanan hidup manusia, maka menggunakannya untuk berbuat kejahatan justru menghilangkan kenyamanan hidup itu sendiri. Pada akhirnya, fenomena melek teknologi inilah yang harus disiasati agar justru tidak menjerumuskan penggunanya.

Baca Juga:

3 Contoh Paragraf Induktif tentang Kesehatan
Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi Terbaru
2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Terbaru

No Responses

Reply