Contoh Teks Eksposisi Persuasif Terbaru

Contoh Teks Eksposisi Persuasif Terbaru – Teks eksposisi persuasif adalah teks eksposisi yang beriksikan ajakan agar pembaca mempercayai dan melakukan informasi-informasi yang disampakian dalam teks tersebut. Sama seperti teks eksposisi pada umumnya, eksposisi persuasif juga disampaikan dengan gaya penulisan singkat, akurat, padat dan jelas. Berikut adalah contoh teks eksposisi persuasif :

Contoh :

Mangenal Manfaat Buah Pisang

Pohon pisang adalah salah satu tanaman primadona di Indonesia, hampir setiap pelosok daerah ada tanaman ini. Buah pisang merupakan buah yang multi guna, sebab itu menjadi buah yang banyak dikonsumsi. Di dalamnya terkandung segudang gizi yang umumnya dalam satu buah pisang matang terdapat 99 kalori, 1,2 gram protein, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25, 8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, zat besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan kandungan air 72 gram. Jadi bisa kita bayangkan banyak sekali manfaat pisang bagi kesehatan tubuh, kecantikan dan bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh, misalnya dalam rangka menyeimbangkan jumlah cairan tubuh, dapat pula memperlancar sistem pencernaan. Kandungan kalium dan postasium bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh, akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga berfungsi melancarkan denyut jantung, mengurangi risiko terserang stroke dan mengatur tekanan darah. Zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok buat penderita anemia, dengan mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari secara rutin. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin akan membantu menyehatkan tulang, karena kandungan mangan yang tinggi. Fungsi buah pisang lainnya yang tak kalah bagus buat kesehatan adalah menurunkan risiko kanker, menormalkan fungsi jantung, pisang untuk pengobatan asma, maag, liver, diabetes dan diare.

Baca Juga:   Jenis Adaptasi Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya Masing-Masing

Bagi yang bermasalah dengan kulit kering dan kasar, serta untuk mengobati jerawat, bekas jerawat ataupun bekas cacar air, daging buah pisang adalah solusinya. Dengan car hancurkan daging pisang yang sudah matang, lalu oleskan pada bagian kulit yang bermasalah, diamkan beberapa menit dan bersihkan dengan air serta ulangi hingga kulit menjadi mulus. Untuk mengembalikan luka bakar di kulit bisa menggunakan daun pisang kemudian di tambahkan minyak kelapa lalu oleskan pada bagian yang terkena luka bakar. Bagi perempuan, jika sering merasa nyeri setiap kali haid, hal tersebut dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi buah pisang maka rasa nyeri anda dapat berkurang.

Memiliki masalah dengan berat badan, buah pisang dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya relatif kecil. Cocok dimakan di pagi hari sebagai ganti sarapan. Dengan makan buah pisang dapat meningkatkan suasana hati dehingga mood menjadi stabil dan tidak stres. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin sebanyak tiga kali sehari sebagai makanan pencuci mulut atau campurkan dengan sereal, hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan otak. Sebuah penelitian yang diikuti 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi pelajar meningkat karena menjadikan pisang sebagai menu sarapan mereka. Kandungan kalium memberikan stimulun pada otak dan bagus untuk perkembangan otak bayi. Bagi ibu hamil, kandungan asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada janin yang dikandungnya.

Berdasarkan penjabaran-penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa buah pisang memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, kecantikan dan program penurunan berat badan. Oleh karena itu, marilah mengkonsumsi buah pisang secara teratur supaya kita bisa mendapatkan manfaat dari kandungan gizi di dalamnya. Manfaat yang akan kita dapatkan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga:   Pengertian dan 63 Contoh Konjungsi Temporal

Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula atau yang sering disebut glukoasa dalam darah tinggi. Di Indonesia, penyakit diabetes sudah menjadi penyakit pembunuh nomer tiga. Diungkapkan dari Sample Registration Survey 2014, diabetes dengan kompikasi yang menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia. Dari data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan sekitar 10 juta masyarakat Indonesia terkena diabetes dan menempati urutan ketujuh di dunia. Agar kita tidak termasuk ke dalam golongan penderita diabetes alangkah baiknya untuk mengetahui gejala diabetes semenjak sekarang.

Untuk mempelajari gejala diabetes ini agar mudah diingat menggunakan singkatan 3P (Polidipsi, Poluri dan Polifagi). Polidipsi atau terlalu banyak minum, di mana kondisi seseorang sering merasa haus sehingga terdorong untuk minum sebanyak-banyaknya. Bahkan ketika cuaca dingin dan tubuh sering berkeringat. Poluri atau banyak buang air kecil dengan volume yang banyak. Keinginan buang air kecil sering muncul saat malam hari. Dikarenakan kadar gula darah yang tinggi menarik cairan tubh untuk dikeluarkan bersama urine. Polifagi yaitu seseorang menjadi mudah merasa lapar sehingga memicu untuk banyak makan. Meskipun banyak makan tapi tenaganya kurang sehingga cenderung lemah dan lemas. Karena insulin bermasalah, gula tetap tinggi dalam aliran dan tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh yang sebenarnya akan dijadikan sumber energi. Gejala lainnya diantaranya adalah penurunan berat badan secara derastis, mulut kering, kelelahan, sakit kepala, kesemutan di ujung jari kaki atau tangan.

Baca Juga:   Pengertian dan 2 Contoh Teks Eksposisi Argumentatif

Namun tidak semua gejala diabetes ditunjukkan dengan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas. terdapat gejala-gejala yang tidak begitu kentara yang mungkin menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan kadar gula darah anda. Di antaranya adalah adanya perubahan kulit yang tidak menyenangkan. Terdapat noda gelap di lipatan kulit, biasanya di belakang leher, siku atau buku-buku jari dikarenakan melonjaknya kadar darah dalam gula. Penglihatan menjadi kabur atau meningkat tajam. Salah satu gejala menderita diabetes adalah dapat mengubah pandangan menjadi lebih baik atau lebih buruk. Gatal-gatal yang tak henti-hentinya, diabetes menganggu sirkulasi darah yang menyebabkan kulit kering dan gatal. Satu studi dilakukan oleh National Institute of Health mengatakan gangguan pendengaran adalah awal diabetes, dengan kadar gula dalam darah tinggi memungkinkan memiliki kerusakan pendengaran. Diabetes tipe-2 memiliki gangguan napas saat tidur, jika anda mendengkur terlalu keras aat tidur, sebaiknya anda memeriksakan kadar gula darah.

Oleh karena itu, untuk menghindari terkena penyakit diabetes, sebaiknya mulai memeriksa diri sendiri berdasarkan uraian diatas. Apakah anda mengalami salah satu atau beberapa gejala diabetes seperti yang dituliskan di atas. Jika iya, segera periksakan diri anda ke dokter. Jika tidak terdapat gejala diabetes, tetaplah hidup sehat dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula.

Sumber :
http://kakakpintar.com/contoh-teks-eksposisi-persuasif-tentang-kesehatan-tubuh/

9 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

Baca Juga:

2 Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi Terbaru
15 Soal Teks Eksplanasi & Jawabannya
2 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Hujan Terbaru

No Responses

Leave a Reply