no comments

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA – Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak umum dengan tujuan menyampaikan ide atau gagasan tertentu dengan gaya penyampaian komunikasi satu arah. Komunikasi satu arah yang dimaksud adalah tidak adanya timbal balik yang bersifat komunikatif seperti halnya pada kegiatan diskusi dan lain sebagainya. Dalam berpidato hanya pembicara saja yang menyuarakan hal yang ingin ia sampaikan sedangkan pendengar hanya menyimak dengan seksama terkait dengan apa yang disampaikan. Pidato berdasarkan jenis dan isi yang disampaikan sangat beragam macamnya. Contohnya pidato perpisahan, politik, kebersihan, kenegaraan, pendidikan, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh pidato tentang perpisahan sekolah menengah atas (SMA) yang disampaikan oleh siswa :

Assalamualaikum. Wr. Wb.
Yang saya hormati bapak kepala sekolah SMA Budi Utama Bandar Lampung, bapak Khairuddin Amrullah, M.pd.
Yang saya hormati ibu wakil kepala sekolah SMA Budi Utama Bandar Lampung, ibu Sumiarti Silalahi, M.Pd.
Yang saya hormati bapak / ibu wali murid kelas 12 yang telah berkenan hadir dalam acara pelepasan siswa kelas 3 SMA Budi Utama Bandar Lampung
Yang saya hormati seluruh dewan guru beserta karyawan SMA Budi Utama Bandar Lampung dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa kelas 12 dan adik-adik kelas 10 dan 11.

Alhamdulillahirabbil alamin, wabihinastain. Wa’ala umuridunya waddin. Washalatuwassalamuala asrafil anbiya iwal mursalin amma ba’du.

Baca Juga:   Macam-Macam Pantun Nasehat & Contohnya

Segala puji bagi Allah rabb semesta alam, kepada-Nya lah kita memohon ampunan dan kepada Nya jua lah kita meminta pertolongan. Dia lah yang tak pernah berhenti memberikan kenikmatan kepada hamba-Nya tak terkecuali kita semua. Sepatutnya kita memperbanyak rasa syukur pada-Nya dengan cara meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita pada-Nya.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan umatnya. Semoga kita mendapatkan syafaat beliau di hari akhir kelak.

Hadirin sekalian, megawali pidato saya pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak kepala sekolah, dewan guru, pembina eskul, rekan-rekan kelas 12 dan OSIS, yang telah mempercayakan serta memberi kesempatan pada saya untuk menyampaikan beberapa hal yang erat kaitannya dengan acara pelepasan kelas 12 pada hari ini.

Perlu diketahui bahwa pelepasan atau perpisahan kelas 12 pada hari ini hakikatnya adalah sebuah penundaan untuk bertemu kembali pada suatu ketika nanti. Saya berharap pada hari yang penuh dengan rasa haru dan air mata ini tidak dimaknai dengan perpisahan yang identik dengan perasaan sedih. Tapi maknailah hari ini dengan perasaan optimis dan bangga, untuk dapat meraih masa depan yang gemilang. Secara khusus bagi rekan-rekan seperjuanganku kelas 12 SMA Budi Utama Bandar Lampung.

Baca Juga:   Kumpulan Puisi Bahasa Jawa Tentang Pahlawan

Kepada bapak / ibu guru SMA Budi Utama yang kami cintai, permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kami haturkan kepada ayahanda dan ibunda sekalian. Kami menyadari selama kami dibimbing oleh ayahanda dan ibunda sekalian di sekolah, tentu banyak sekali kekhilafan yang kami perbuat. Kami juga mohon maaf atas ketidakmampuan kami untuk membalas segala jasa-jasa ayahanda dan ibunda. Perasaan cinta dan hormat kami hanya mampu diluapkan dengan kata-kata dan air mata haru. Terima kasih ayah dan bunda guru, doakan kami agar kami dapat menjadi anak bangsa yang berguna dan bermanfaat bagi negara dan agama.

Kepada rekan-rekanku kelas 12 yang saya banggakan. Selama tiga tahun sudah kita menjalani kehidupan belajar bersama-sama. Tentu telah banyak khilaf dan salah yang kita perbuat terhadap sesama. Oleh karenya, saling mengikhlaskan kesalahan dan rela memaafkan satu sama lain adalah satu hal yang perlu kita lakukan hari ini. Kawan-kawanku sekalian, hari ini adalah hari terakhir kita menginjakkan kaki di sekolah yang kita cintai ini sebagai seorang siswa. Esok kita akan menempuh jalan hidup kita masing-masing. Teruslah berjuang, jangan berhenti menggapai cita-cita, dan selalu perbaiki diri! Perpisahan hari ini kelak akan kita kenang selama-lamanya. Hari ini akan menjadi tonggak awal kesuksesan kita. Saya berharap suatu hari nanti kita akan bertemu kembali dengan kesuksesan kita masing-masing.

Baca Juga:   Contoh Pidato Tentang Ekonomi Terbaru Indonesia

Teruntuk adik-adik kelasku, ingatlah bahwa adinda sekalian bukan lagi anak-anak yang selalu asyik dengan dunianya sendiri. Belajarlah yang rajin, bermimpilah yang besar, tinggalkan hal-hal negatif, teruslah berkaya, dan jangan lupa beribadah! Itulah pesan dari kakak-kakak kelas kalian yang akan pergi meninggalkan sekolah yang kita cintai ini. Maafkan kami jika selama ini belum bisa menjadi panutan yang ideal. Akan tetapi adinda tentu dapat memilah segala hal baik dan buruk yang ada pada diri kami. Ambillah segala sesuatu yang baik dan tirulah! Pilahlah sesuatu yang buruk dari kami dan buanglah jauh-jauh! Kepada kalianlah kami akan menitipkan sekolah yang kita cintai ini. jaga nama baik dan buatlah nama sekolah ini menjadi harum dengan prestasi-prestasi yang kalian ukir. Dengan begitu kami bisa meninggalkan almamater tercinta ini dengan tenang.

Kepada semua pihak yang ada di institusi pendidikan sekolah ini yang tak dapat saya sebutkan satu persatu. Terima kasih banyak, maafkanlah segala kesalahan kami, dan doakan kami! Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan dalam pidato singkat kali ini. terima kasih dan maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahitaufik walhidayah. Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Baca Juga:

Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah
Pengertian Esai, Cara Menyusun, dan Contoh Terbaru
Pengertian dan Macam-Macam Konjungsi dan Contohnya

No Responses

Reply