Definisi Singkat, Jenis, serta Contoh Notice dalam Bahasa Inggris

Definisi Singkat, Jenis, serta Contoh Notice dalam Bahasa Inggris – Notice (pemberitahuan) sering sekali kita temui dalam kehidupan sehari – hari di berbagai tempat, seperti di supermarket, jalan raya, restaurant, atau di sekolah. Notice merupakan jenis teks fungsional pendek (short functional text). Lalu apakah penjelasan lebih lanjut tentang notice? Berikut adalah definisi singkat, jenis, serta contoh notice dalam bahasa Inggris.

A. Definisi Short Functional Text

Functional Text adalah teks yang menyajikan informasi yang penting bagi seseorang. Sedangkan short functional text adalah sebuah teks pendek yang mengandung informasi spesifik dan penting. Contoh dari short functional text adalah pemberitahuan (notice), pengumuman (announcement), iklan (advertisement), pesan singkat (short message), label, brosur (brochure), tanda (sign), dan sebagainya. Fungsi dari short functional text adalah untuk memberitahukan sebuah informasi kepada seseorang atau masyarakat.

B. Definisi Notice

Notice (pemberitahuan) adalah sebuah teks pendek yang dapat berupa tanda dan berada di tempat – tempat umum untuk memberikan suatu informasi atau suatu perintah. Notice ini sendiri dapat bermakna berbeda bagi setiap orang, seperti bermakna larangan, perintah, atau peringatan. Notice haruslah ditulis dengan kata – kata yang sederhana sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami oleh siapa saja yang berada di sebuah tempat umum.

Baca Juga:   Either, Neither, & Both Uraian Plus Contoh Soal

C. Jenis – Jenis Notice

Notice memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

1) Notice Caution (Pemberitahuan yang berisi Peringatan)

Notice Caution adalah sebuah pemberitahuan yang digunakan untuk memperingatkan seseorang atau siapa saja yang melihat pemberitahuan (notice) tersebut untuk berhati – hati atau waspada akan sesuatu.

2) Notice Command (Pemberitahuan yang berisi Perintah)

Notice Command adalah sebuah pemberitahuan yang memberikan instruksi/ perintah bagi yang membacanya untuk melakukan apa yang tertulis dalam pemberitahuan (notice) tersebut.

3) Notice Prohibition (Pemberitahuan yang berisi Larangan)

Notice Prohibition adalah sebuah pemberitahuan yang digunakan untuk memberikan informasi kepada siapa saja yang membaca pemberitahuan (notice) ini bahwa mereka dilarang untuk melakukan apa yang tertulis di pemberitahuan tersebut.

D. Beberapa Contoh Notice dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa contoh notice dalam bahasa Inggris beserta penjelasannya.

1) Notice Caution (Pemberitahuan yang berisi Peringatan)

CAUTION!

WET FLOOR

Arti:

PEMBERITAHUAN!
LANTAI BASAH

Penjelasan:

Pemberitahuan (notice) di atas secara tidak langsung memberikan informasi kepada setiap pengunjung yang dapat ke suatu tempat, seperti rumah makan atau hotel, tentang sesuatu yang penting atau serius sehingga setiap orang harus menghindarinya. Setiap pengunjung yang melihat pemberitahuan (notice) tersebut harus menghindari area di dekat pemberitahuan (notice) tersebut karena lantai di area tersebut basah agar mereka tidak jatuh terpeleset.

Baca Juga:   40 Latihan Soal Tentang Verb & Noun Phrase & Kunci Jawaban

2) Notice Command (Pemberitahuan yang berisi Perintah)

NOTICE
KEEP THE DOOR CLOSED!

Arti:

PEMBERITAHUAN
HARAP TUTUP PINTU!

Penjelasan:

Pemberitahuan (notice) di atas memberikan perintah kepada siapa saja yang membacanya untuk tetap menutup pintu baik ketika seseorang masuk atau keluar dari sebuah ruangan. Pemberitahuan (notice) tersebut mudah untuk dibaca dan dimengerti. Pemberitahuan (notice) tersebut juga ditulis dengan menggunakan kata – kata yang sederhana yang membuat siapa saja yang membacanya menjadi mudah mengerti tentang perintah yang tertulis di pemberitahuan tersebut.

3) Notice Prohibition (Pemberitahuan yang berisi Larangan)

DO NOT ENTER!
STAFF ONLY

Arti:

DILARANG MASUK!
KECUALI STAFF

Penjelasan:

Berdasarkan konteks dari pemberitahuan (notice) di atas, maka para pengunjung tahu bahwa hanya staff dari sebuah kantor atau sebuah perusahaan yang diperbolehkan untuk memasuki sebuah ruangan. Pemberitahuan (notice) seperti ini biasanya terdapat di pintu – pintu ruangan khusus yang hanya memang memperbolehkan para staff untuk memasukinya. Pemberitahuan (notice) tersebut bermakna bahwa setiap orang yang bukan merupakan staff dilarang untuk memasuki ruangan tersebut.

E. Contoh Soal Bahasa Inggris tentang Notice

Choose the best answer of the option a, b, c, or d!

The notice is for questions number 1 and 2.

Baca Juga:   15 Soal Bahasa Inggris Kelas 8 SMP Semester 1

DO NOT TOUCH!
FRAGILE THINGS

1. The following are the meaning of the notice, EXCEPT …
A. To touch the fragile things is forbidden
B. Touching the fragile things is not allowed because they will be dirty
C. Touching the fragile things is not allowed because they will be broken
D. No one is allowed to touch fragile things carelessly

Jawaban: B

2. The prohibition may be found at the some areas in the following places, EXCEPT …
A. Electronic Shop
B. Museum
C. Mall
D. Boutique

Jawaban: D

The notice is for questions number 3 and 4.

NO SWIMMING!

3. The meaning of the notice above is as the followings, EXCEPT …
A. Swim in this area when it is dangerous
B. No one is allowed to swim here
C. It is forbidden to swim in this area
D. Swimming in this area is prohibited

Jawaban: A

4. The caution can be found in the following places, EXCEPT …
A. Ponds
B. Beaches
C. Bathrooms
D. Rivers

Jawaban: C

Demikianlah definisi singkat, jenis, serta contoh notice dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan di atas dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih.

(Web: ruangseni.com)

Leave a Reply