Jenis Adaptasi Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya Masing-Masing

Jenis Adaptasi Pada Tumbuhan Dan Penjelasannya Masing-Masing – Adaptasi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk menjaga eksistensi serta mempertahankan jenisnya. Penyesuaian diri terhadap lingkungan dilakukan oleh setiap jenis makhluk hidup tak terkecuali pada tumbuhan. Berbeda dengan makhluk hidup lainnya, tumbuhan memiliki cara tersendiri untuk beradaptasi di lingkungan yang menjadi habitatnya. Adapun karakteristik atau pengelompokkan adaptasi yang terjadi pada tumbuhan adalah sebagai berikut :

1. Adaptasi Tumbuhan Jenis Xerofit

Jenis tumbuhan xerofit adalah tanaman yang dapat hidup di lingkungan tanah kering serti gurun dan sebagainya. Penyesuaian diri pada tanaman yang tergolong jenis xerofit ini dikelompokkan berdasarkan, bentuk daun, akar, dan pada bagian tubuh lainnya. Adapun contoh dari tanaman jenis xerofit ini adalah sebagai berikut :

a. Kaktus

Kaktus merupakan tanaman yang mengandung kadar air yang cukup banyak pada batangnya dan mampu bertahan terhadap kelangsungan hidupnya di tempat yang sangat terik. Oleh karena itu, pada tanaman kaktus dilengkapi dengan daun-daun kecil atau duri-duri disekitar batang dan berfungsi sebagai struktur utama yang dapat mengurangi proses penguapan air secara langsung. Karakteristik batang dari tanaman kaktus ini adalah tebal dan berwarna hijau, sehingga mampu menyimpan cadangan air yang tinggi. Selain itu juga batang tanaman kaktus pada permukaan luarnya dilapisi dengan lapisan lilin yang berwarna putih. Karakteristis lainnya ialah bahwa tumbuhan kaktus mempunyai ukuran akar yang lumayan panjang dan berperan utama sebagai organ penelusur sumber air yang berada di dalam tanah. Pada saat tumbuhan kaktus mengalami kekeringan, maka tumbuhan tersebut memanfaatkan kandungan air yang tersedia di dalam batangnya.

Baca Juga:   Soal Biologi Tentang Kingdom Plantae dan Kunci Jawabannya

b. Pohon Jati

Pohon jati pada saat musim kemarau tiba menyesuaikan hidupnya dengan cara menggugurkan daun yang berada di sekitar rantingnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penguapan secara berlebih yang dapat menyebabkan pohon jati kekurangan kadar air. Pengguguran daun pada saat musim kemarau untuk mempertahankan hidupnya tidak hanya terjadi pada tanaman pohon jati saja. Pohon lain yang melakukan adaptasi ini diantaranya ialah pohon mahoni, kedondong, dan lain sebagainya.

c. Kantung Semar

Kantung semar merupakan jenis tanaman yang dapat hidup di tempat tropis dan dapat memakan serangga atau disebut juga dengan insektivora. Untuk menarik mangsanya kantung semar pada waktu tertentu dapat mengeluarkan bau yang menyengat. Di dalam kantung semar juga terdapat cairan yang dapat mencerna serangga yang tertangkap, dari hal tersebut menunjukkan bahwa tanaman kandung semar beradaptasi untuk mendapatkan makanan.

d. Putri Malu

Pada tumbuhan putri malu mempunyai ciri khusus pada daun yang di milikinya. Daun tersebut akan mengatup apabila dikenai suatu rangsangan, sehingga dengan demikian dapat menunjukkan bahwa putri malu beradaptasi terhadap rangsangan dengan peka terhadap suatu sentuhan.

e. Pohon Cemara

Baca Juga:   Definisi Mekanisme Pertahanan Spesifik & Pembagiannya

Pohon cemara mempunyai struktur daun yang berbentuk runcing. Dengan menggunakan daun yang berbentuk runcing tersebut tanaman pohon cemara dapat mengontrol dalam mengurangi proses penguapan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pohon cemara beradaptasi pada lingkungan yang tropis.

2. Adaptasi Tumbuhan Jenis Hidrofit

Tumbuhan hidrofit adalah salah satu jenis tumbuhan yang bertempat tinggal di perairan. Jenis tumbuhan hidrofit hidup terapung dan mendapatkan cadangan makanan berupa unsur hara yang terdapat langsung di dalam air. Adapun kelompok tumbuhan yang termasuk ke dalam karakteristik jenis hidrofit ini adalah sebagai berikut :

a. Teratai

Ekosistem tumbuhan teratai ialah di permukaan dasar perairan rawa, kolam, dan sebagainya. Dengan demikian tumbuhan teratai menyesuaikan diri untuk melangsungkan kehidupannya dengan cara memanfaatkan daun lebar dan tipis yang dimilikinya. Hal ini dapat mempermudah keberlangsungan hidup tanaman teratai dalam proses penguapan air. Struktur batang tanaman teratai yang berongga bermanfaat untuk mempermudah proses pernapasan pada tanaman tersebut, sekalipun organ batang dan akarnya berada di dalam permukaan dasar perairan.

b. Enceng Gondok

Enceng gondok merupakan tanaman mengapung yang hidupnya berada di atas permukaan air. Oleh sebab itu, tanaman enceng gondok untuk menyesuaikan keberlangsungan hidupnya dilengkapi dengan batang yang mengembung dan berongga terisikan dengan udara. Jaringan yang terdapat di dalam batang enceng gondok sangat menyerupai spons, sehingga dengan demikian tanaman tersebut mampu mengapung di atas permukaan air.

Baca Juga:   Pronoun - Definisi, Fungsi, Jenis, Contoh Kalimat

c. Bakau

Bakau ialah tumbuhan yang mempunyai karakteristik lingkungan tempat hidup di daerah perairan yang asin. Dari hal tersebut, maka tanaman bakau menyesuaikan diri dengan cara menyaring sebagian besar kandungan garam yang berasal dari air dengan menggunakan akarnya. Apabila kandungan garam yang terserap sangat berlebih, maka akan dikeluarkan melalui permukaan dasar daun dan batang tanaman bakau ini. Struktur tanaman bakau mempunyai akar khusus yang timbul di sekitar permukaan air. Akar tersebut berfungsi pada saat air yang berada di lingkungan hidupnya mengalami surut. Kemudian, tahap selanjutnya air tersebut diteruskan langsung menuju akar yang terdapat di dalam lumpur. Adapun istilah dari akar yang dapat menyerap oksigen pada tanaman bakau ini disebut dengan akar napas atau pneumatofora.

3. Adaptasi Tumbuhan Jenis Higrofit

Higrofit merupakan jenis tumbuhan yang dapat hidup di tempat lembab atau daerah hujan tropis. Tumbuhan yang termasuk dalam jenis higrofit ini salah satunya adalah lumut. Tumbuhan lumut beradaptasi dengan cara menyesuaikan jumlah stomata dan jumlah daunnya menjadi lebih banyak, lebar, dan tipis. Adapun bagian-bagian daun yang di miliki morfologi tersebut ialah sebagai sarana yang dapat meningkatkan laju transpirasi tanaman lumut.

Sumber :
http://www.ebiologi.com/2015/11/contoh-adaptasi-morfologi-pada-tumbuhan.html

Baca Juga:

3 Jenis Adaptasi Pada Hewan Dan Penjelasannya Masing-Masing
Penjelasan Siklus Hidup Hewan (Metamorfosis & Tanpa Metamorfosis)
8 Jenis Teks Bahasa Inggris Plus Contoh Masing-Masing

No Responses

Leave a Reply