Macam-Macam Pantun Lucu & Contohnya

Macam-Macam Pantun Lucu & Contohnya – Pantun merupakan bentuk dari karya sastra puisi lama yang berakar pada kultur budaya masyarakat melayu dari dulu hingga sekarang. Pantun memiliki susunan berbait-bait dan tiap baitnya teridiri atas baris-baris yang memuat kata-kata indah yang memiliki makna. Ciri-ciri pantun diantaranya ialah berirama a-b-a-b, a-b-b-a, atau a-a-a-a. Jika didasarkan pada maksud dari penyampaiannya, karya sastra ini memiliki banyak ragam macamnya. Salah satunya adalah pantun jenaka atau pantun lucu yang membawa muatan pesan di dalamnya dengan cara atau gaya penyampaian yang jenaka. Berikut beberapa macam pantun jenaka yang pada umumnya seringkali ditampilkan atau ditulis oleh penulis pantun:

1. Pantun Lucu Cinta dan Gombal

Pantun lucu cinta dan gombal adalah pantun yang berisi kata-kata cinta ataupun gombal untuk orang lain. Namun pembawaannya sangat berbeda dengan pantun cinta pada umumnya, pantun ini isinya cinta namun lucu dan membuat orang yang kita berikan pantun menjadi tertawa.

Dari semarang menuju pati
Di tepi pantai terkena ombak
Cinta itu kaya hukuman mati
Kalo gak digantung ya ditembak

Bunga mawar indah rupawan
Pengemudi kapal namanya nahkoda
Cewek cantik memang menawan
Tetapi janda lebih menggoda

Sambung kalimat sambung kata
Jangan sombong dan juga kikir
Memang begitulah arti cinta
Deritanya tak kunjung berakhir

Lipstik dibibir merah merona
Itulah yang membuat kamu mempesona
Memang jodoh tak akan kemana
Tapi saingan dimana-mana

Berlatih sepeda dengan hati-hati
Belum mandi bau bankai
Lain dimulut lain dihati
Lihat mantan nikah sangat melukai

Cewek cantik penuh pesona
Mawar mempesona harum baunya
Namanya cinta bisa sirna
Wajah jelek untuk selamanya

Masak roti dan juga pasta
Pasta jadi kurang berasa
Cintaku untukmu tak ada dusta
Namun malah menjadi dosa

Baca Juga:   Contoh Penggunaan Huruf Kapital dengan Benar

Pergi ke pameran barang antik
Di jalan terkena hujan rintik-rintik
Kamu memang tidaklah cantik
Tapi kamu membuatku tak berkutik

2. Pantun Lucu Bijaksana

Pantun lucu bijaksana adalah pantun yang berisi kata-kata bijaksana, termasuk kata-kata nasehat ataupun motivasi. Namun pembawaannya bersifat ringan sehingga informasi yang disampaikan mudah dipahami. Karena kata-kata juga lucu maka membuat orang-orang tertawa dengan pesan yang dibawakan.

Liburan sekolah pergi ke Lampung
Pulang ke rumah membawa meja
Jangan menikah dengan orang sekampung
Menikahlah dengan satu orang saja

Bocah kecil suka bermain
Mainannya boneka musang
Jangan suka bergantung pada orang lain
Apalagi bergantung sambil makan pisang

Satu tahun dua belas bulan
Bulan januari ulang tahun paman
Jangan pernah putus ditengah jalan
Lebih baik minggir dulu biar aman

Bunga putih namanya bunga melati
Metik bunga pagi-pagi
Mantan itu ibarat alumni hati
Jangan kaget bila reuni lagi

Keluarga besar banyak anak
Salah satu anak namanya Wawa
Bersikaplah seperti kuntilanak
Senang sedih selalu tertawa

Sakit perut namanya mules
Dalam undang-undang ada pasal
Dibalik pria yang sukses
Terdapat mantan yang menyesal

Makan nasi sayurnya kangkung
Ke pasar malam naik komidi putar
Mandirilah seperti jaelangkung
Datang gak dijemput pulang tak minta antar

Dulu bercita-cita menjadi guru
Anak kecil banyak polah
Buat apa menuntut ilmu
Karena ilmu tak bersalah

Jadwal pertandingan harinya selasa
Pertandingan sepak bola hasilnya kalah
Masalah bisa membuat orang jadi dewasa
Jadi seringlah untuk bermasalah

Buat apa mengingat mantan
Kerja keras banyak peluh
Ingat! Bercanda jangan kelewatan
Kalo kelewatan muternya jauh

3. Pantun Lucu Sesumbar

Pantun lucu sesumbar adalah pantun yang isinya sombong terhadap yang ia miliki baik fisik, sifat ataupun kehidupan yang ia miliki. Kesombongan dalam pantun ini dibawakan dengan kata-kata lucu sehingga membuat orang tertawa dan terhibur dengan cara sombongnya.

Baca Juga:   Materi Degree of Comparison & Contoh Soalnya

Seni tradisional wayang golek
Wayang golek penuh pesona
Aku memang berwajah jelek
Tapi pacar dimana-mana

Bawa tiang langsung di tancep
Ada orang namanya cecep
Begitu enaknya orang cakep
Meskipun dijelek-jelekintetepaja cakep

Belanja baju di sebuah butik
Dalam butik baju berjajar
Aku memang orangnya cantik
Sudah janda masih banyak yang ngejar

Muka capek muka lemes
Selesai nyuci langsung diperes
Lebih baik jadi jomblo ngenes
Daripada punya pacar tapi ngeres

Jadi pemuda harus giat bekerja
Dalam kalimat penuh makna
Meski wajahku ini pas-pasan saja
Tapi pacar tersebar dimana-mana

Rumah nenek di Kota Palu
Dimana-mana membaca buku
Karena buku sumbernya ilmu
Jadi jomblo jangan pernah malu
Jomblo bukan berarti gak laku
Emang gak ada yang mau

Contoh Pantun Lucu Lainnya:

Burung pipit kembali ke sarang
Sarang di atas pohon sebuah lahan
Saya heran dengan cewek sekarang
Pakai pakaian kekurangan bahan

Di Pantai Kuta pakai bikini
Punya temen hobinya nyolong
Sungguh kasihan sekali temanku ini
Dapat pacar mulutnya monyong

Ada kucing berkelahi di atas loteng
Di atas loteng terdapat papan
Kamu jangan sok ganteng
Lihat gigimu maju ke depan

Anak SMA ikut ujian
ujiannya minggu yang akan datang
Senyum-senyum habis gajian
Langsung cemberut ditagih hutang

Naik kereta kelas eksekutif
Ketemu guru yang terkenal galak
Cantik itu memang relatif
Tapi jelek adalah mutlak

Makan mangga yang sudah matang
Hari ini ketiban sial
Makan di warung sukanya hutang
Dasar emang kamu gak modal

Candi Borobudur Candi Mendut
Orang itu sukanya kentut
Orang yang badannya gendut
Perutnya kaya badut

Baca Juga:   3 Cerita Lucu (Spoof) dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya

Hewan kelinci mirip marmut
Kandang marmut penuh lumut
Cewek cantik wajahnya imut
Tapi ternyata kulitnya keriput

Akhir bulan banyak yang nagih hutang
Hutang duit buat beli makan
Memang cewek itu penyanyang binatang
Sudah tau buaya eh dipertahankan

Bangun tidur terlalu pagi
Pergi ke warung membeli batre
Sungguh tidak mengherankan lagi
Semakin banyak cewek matre

Kalau nikah pergi ke KUA
Orang tua sebutannya lansia
Sudah tua suka mendua
Dasar enggak ingat usia

Belum mandi bau ketek
Dulu muda sekarang tua
Kamu ini wajahnya jelek
Tapi kok bisa beristri dua

Anang Hermansyah seorang artis
Dulunya artis sekarang politisi
Gayanya saja kayak selebritis
Tapi dompetnya tak pernah berisi

Pergi ke sawah membawa rantang
Di dalam rantang terdapat rendang
Jangan suka tidur terlentang
Kaya orang bebas dari hutang

Nilai C itu artinya kurang
Kain batik kain yang unik
Anak sekolah zaman sekarang
Prestasi makin nurun rok makin naik

Burung pipit burung gelatik
Buat sarang di pohon muda
Badan seksi berwajah cantik
Kayak perawan taunya janda

Pakai kemeja warnanya biru
Kemeja biru celana abu-abu
Gayanya saja beli mobil baru
Padahal rumah masih bersama ibu

Bikin rumah dasarnya batu bata
Anak kecil habis disunat
Kedinginan hingga membeku
Untung saja cinta itu buta
Coba seandainya cinta bisa melihat
Orang jelek gak akan laku

Ada cicaknempel di dinding
Disampingcicak ada belalang
Makan mangga yang sudah matang
Gajah mati meninggalkan gading
Harimau mati meninggalkan belang
Orang mati meninggalkan hutang

Baca Juga:

  1. Contoh Kalimat Majemuk Subordinatif dan Pengertiannya
  2. 32 Contoh Pantun Nasehat Belajar
  3. Definisi, Ciri, & Contoh Kalimat Majemuk

No Responses

Leave a Reply