Pengertian & 4 Contoh Paragraf Fakta

Pengertian & 4 Contoh Paragraf Fakta – Paragraf fakta ialah paragraf yang menyajikan informasi berupa kenyataan yang benar-benar terjadi dan dapat dipertanggungjawabkan serta memiliki bukti akurat akan kebenarannya. Paragraf fakta biasanya banyak digunakan pada artikel berita baik cetak maupun online. Berikut beberapa contoh paragraf fakta beserta penjelasannya:

Contoh Paragraf Fakta!

Contoh 1 :

Dalam rangka memperingati bulan bahasa pada Oktober 2016, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Seni (HMJ PBS) Universitas Lampung menghelat acara Semarak Bahasa dan Seni (SBS) 2016. Puncak acara ini rencananya akan digelar pada tanggal 28 Oktober 2016 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Kegiatan peringatan bulan bahasa ini telah dimulai sejak minggu, 09 Oktober 2016 lalu bertempat di aula gedung K FKIP Unila. Bentuk kegiatannya berupa perlombaan dengan segmentasi pelajar dan mahasiswa. Cabang perlombaan yang diselenggarakan diantaranya ialah pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Indonesia, pembacaan cerpen, puisi, dan masih banyak lagi. Sejak 09 Oktober 2016 lalu ajang ini telah diikuti oleh sejumlah 350 pelajar SMA dari 56 SMA / MA / SMK dari seluruh provinsi Lampung. Peserta dari mahasiswa yang telah mendaftar adalah sejumlah 187 orang. Hingga kini telah tersisih sebanyak 23 siswa dan 12 mahasiswa yang lolos menuju babak final di tiap cabang perlombaan. Rangkaian acara Semarak Bahasa dan Seni ini akan terus berlanjut hingga puncaknya pada tanggal 28 Oktober 2016 mendatang.

Baca Juga:   Daun - Definisi, Fungsi, Dan Struktur Lengkapnya

Penjelasan :

Pada paragraf di atas memuat informasi tentang sebuah lembaga kemahasiswaan kampus yang menggelar acara peringatan bulan bahasa pada Oktober 2016. Dalam paragraf tersebut disajikan pula beberapa data-data penunjang fakta berupa waktu, tempat, jumlah peserta, dan lain sebagainya. Data-data penguat merupakan identifikasi utama yang menunjukkan bahwa paragraf di atas adalah paragraf fakta yang menyajikan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi.

Contoh 2 :

Kebakaran hebat telah terjadi di sepanjang deretan Ruko Alexandria di jalan Raden Saleh Raya, Tanjung Karat Barat Bandar Lampung. Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 03.00 wib dini hari malam tadi. Hingga kini api belum juga dapat dipadamkan sepenuhnya. Keterlambatan petugas pemadam kebarakan dalam menangani peristiwa ini semakin menambah jumlah bangunan yang terbakar. Setelah 1jam api melalap puluhan ruko, barulah sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Pemadam kebakaran dengan dibantu dengan warga berupaya keras untuk memadamkan api yang telah melalap belasan ruko. Diduga api berasal dari ledakan kompor gas milik toko Istana Raya Konveksi dan dengan cepat menyebar ke ruko lainnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materil ditaksir mencapai milyaran rupiah.

Penjelasan :

Paragraf di atas menyajikan informasi berkenaan dengan peristiwa kebakaran yang terjadi di pusat ruko wilayah Bandar Lampung. Pada paragraf disajikan juga beberapa data-data penunjang fakta berupa waktu, tempat, dan kronologis kejadian. Fakta-fakta dalam paragraf didukung pula pleh data-data penguat yang merupakan indikasi utama bahwa paragraf tersebut adalah paragraf fakta.

Baca Juga:   Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 12 SMA Semester 2

Contoh 3 :

Harga daging ayam melonjak naik tak terkendali. Informasi tersebut berdasarkan laporan pantauan wartawan Tinta Hitam News di Pasar Tani kelurahan Beringin Raya Kemiling, Bandar Lampung. Salah seorang pedagang daging ayam yang bernama Marni mengatakan bahwa kenaikan harga daging telah terjadi selama seminggu terakhir. Harga daging ayam mengalami fluktuasi harga yang cukup besar. Sewaktu-waktu bisa naik dan juga turun, namun sulit sekali mencapai harga stabil. Marni juga menambahkan bahwa fluktuasi harga terjadi seminggu sebelum harga daging terus-menerus melonjak naik. Minggu lalu harga daging ayam per kilonya seharga 27 ribu. Kini harga daging ayam telah mengalami kenaikan harga yang relaitif besar yakni mencapai nominal 32 ribu per kilonya. Marni menyebutkan bahwa kenaikan harga daging ayam ini terjadi karena jumlah daging yang dipasoknya sangatlah minim. Persediaan daging ayam tak mampu memenuhi keterbutuhan daging ayam para pembeli. Sehingga mengakibatkan permintaan akan daging ayam membesar dan tak diimbangi dengan penambahan jumlah pasokan daging. Hal tersebut membuat harga daging ayam tidak stabil bahkan cenderung melonjak naik.

Penjelasan :

Pada paragraf di atas memberikan informasi mengenai ketidakstabilan harga daging ayam yang terus melonjak naik. Informasi dalam paragraf juga disertai dengan data-data penunjang fakta berupa pernyataan kronologis dari pedagang daging ayam. Data-data tersebut berperan sebagai penguat fakta yang terjadi sehingga menunjukkan bahwa paragraf di atas adalah paragraf fakta.

Baca Juga:   Pidato Singkat Tentang Agama Islam (Terbaru)

Contoh 4 :

Pembangunan infrastruktur jembatan layang (fly over) di jalan Ki Maja – Ratu Dibalau kini telah mulai terlihat perkembangannya. Informasi terakhir yang dihimpun dari wartawan Tinta Hitam News menyatakan bahwa saat ini pihak kontraktor telah mulai mengerjakan borepile pada tiang kedua di seberang jalan Ratu Dibalau. Menurut Sadikin selaku Manajer Pelaksana Pembangunan mengatakan bahwa satu buah borepile setidaknya akan memakan waktu selama empat sampai dengan 5 hari. Berdasarkan perhitungan awal, rencananya jembatan layang ini akan selesai sampai akhir bulan Desember 2016 mendatang. Dengan adanya pembangunan jalan layang ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang seringkali terjadi di pertemuan antara jalan Ratu Dibalau dan jalan Ki Maja Way Halim, Bandar Lampung.

Penjelasan :

Pada paragraf di atas menyajikan fakta berupa perkembangan pembangunan jalan layang di jalan Ki maja- Ratu Dibalau Wayhalim, Bandar Lampung. Informasi tersebut juga diperkuat dengan adanya data berupa pantauan langsung oleh wartawan beerita dan peryataan dari Manajer Pelaksana Pembangungan jalan layang. Data-data tersebut terbilang cukup kuat yang berperan sebagai pendukung terhadap fakta-fakta yang terjadi sehingga menunjukkan bahwa paragraf tersebut adalah paragraf fakta.

Baca Juga:

  1. Pengertian & Contoh Kalimat Berita
  2. Macam-Macam Pantun Lucu & Contohnya
  3. 40 Contoh Pantun Cinta Kasih Sayang

No Responses

Leave a Reply