no comments

Pengertian dan 2 Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Pengertian dan 2 Contoh Teks Eksposisi Perbandingan – Teks eksposisi ialah teks yang di dalamnya berisikan rangkaian kalimat yang tersusun menjadi sebuah wacana atau teks yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi secara objektif dan rinci. Sedangkan teks eksposisi perbandingan adalah teks eksposisi yang pada gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan satu hal dengan hal yang lainnya. Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi perbandingan :

Contoh 1 :

Perbedaan Desa dan Kota

Tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok bagi mahluk hidup di muka bumi ini, terutama lagi bagi manusia. Dua pilihan untuk tempat tinggal yaitu di desa tau di kota. Ada banyak sekali faktor yang menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk menentukan di mana ia akan bertempat tinggal. Faktor yang harus dipertimbangkan antara lain adalah faktor lingkungan termasuk air, udara, tanah, kemudian faktor kehidupan sosial meliputi kelompok dan pertemanan, faktor yang tak kalah penting adalah faktor ekonomi meliputi cara atau usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pertama, kita akan melihat perbandingan lingkungan alam desa dan kota. Di desa tanahnya masih luas untuk perkebunan, pertanian, peternakan sehingga masih asri dan indah. Udara yang ada masih alami dan segar tanpa campuran bahan-bahan kimia berbahaya, sehingga membuat suasana desa menjadi nyaman dan membawa ketenangan. Untuk mencari sumber air bersihpun masih melimpah, biasanya air bersih diambil dari air tanah dengan membangun sumur. Dengan begitu, ekosistem alam tetap terjaga dengan baik dan alam kembali memberikan hasil buminya kepada masyarakat desa. Kedua, dari segi kehidupan sosial di desa masih secara kekerabatan atau paguyuban, hubungan erat dan intim. Antar warga berbondong-bondong saling tolong menolong, diwujudkan dengan gotong royong saat kerja bakti jika ada yang kesusahan. Berbanding terbalik dengan kehidupan di kota yang bersifat petembayan, antar individu saling acuh tak acuh. Lebih tepatnya adalah individualisme yaitu menyelesaikan suatu pekerjaan secara sendiri tidak melibatkan tetangga atau lingkungan sekitar, lebih suka menggunakan jasa bayaran. Tetapi ada untungnya juga yaitu tidak ada yang mengganggu dan meminta tolong sewaktu-waktu, sehingga tidak menganggu pekerjaan yang sedang dikerjakan. Umumnya orang kota selalu sibuk dengan pekerjaan dan urusan masih-masing, sehingga kurang peka terhadap lingkungan sosialnya. Ketiga, bidang ekonomi yaitu berbagai cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Di desa pemenuhan kebutuhan berasal dari alam, misalnya melalui pertanian, perkebunan dan peternakan. Jika orang desa bebuat baik kepada alam, alam akan menghasilkan manfaat bagi manusia begitu sebaliknya. Jauh dari hal tersebut, di kota mayoritas pekerjaan adalah industri di pabrik menggunakan mesin atau alat berat untuk menghasilkan produk-produk. Namun dalam bekerjaannya juga bercampur dengan bahan kimia yang mengahasilkan dampak buruk bagi tubuh dan lingkungan manusia. Untuk masalah upah, bekerja di kota mendapatkan upah yang lebih tinggi, namun harga kebutuhan pokok lebih mahal di kota dari pada di desa.

Baca Juga:   Contoh Gagasan Utama dalam Paragraf & Pengertiannya

Perbandingan kehidupan di desa dan di kota ini hanylah sebagian kecil yang dapat diuraikan, masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi prtimbangan tempat tinggal. Semua tergantung individu lebih nyaman di kota atau di desa. Masyarakat desa dan kota bukanlah dua komunitas yang terpisah satu dengan yang lainnya. Keduanya saling bergantung, karena diantara mereka saling membutuhkan. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi bahan pangan. Dan desa membutuhkan kota untuk menghasilkan produk-produk yang tidak bisa dibuat secara manual yang bisa memudahkan pekerjaan manusia, misal pembuatan traktor untuk membajak sawah.

Contoh 2 :

Perbandingan Ilmu Alam dan Ilmu Sosial

Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Juga bisa diartikan ilmu adalah suatu pemahaman yang diperoleh manusia melalui penemuan atau penelitian yang tersusun secara sistematik sehingga dapat diuji melali metode. Ilmu merupakan kunci utama manusia dalam kehidupan di bumi ini. Manfaat ilmu diantaranya adalah mampu membedakan salah dan benar dan menjadi hal yang berharga sepanjang hidup. dalam ilmu dibagi menjadi dua yaitu ilmu alam dan ilmu sosial.

Baca Juga:   Definisi, Jenis, & Penjelasan Clause secara Detail

Ilmu alam merupakan ilmu yang mempelajari objek-objek empiris di alam semesta ini. Mampelajari berbagai gejala dan peristiwa berdasarkan objek telaahnya dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Karena objek telaahnya, maka ilmu alam dapat disebut sebagai pengetahuan empiris. Memiliki asumsi mengenai objek antara lain. Menganggap objek-objek tertentu memiliki keserupaan satu sama lainnya, objek yang dipelajari tek pernah mengalami perubahan baik dalam perspektif waktu dan tempat, menganggap setiap gejala bukan merupakan suatu kejadian yang bersifat kebetulan.

Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari manusia dalam segaka aspek kehidupannya, yaitu ciri khasnya, tingkah laku, hubungan dengan yang lain. Terjadi baik dari lingkup perseorangan maupun bersama baik secara jumlah kecil maupun jumlah yang besar. Objek ilmu sosial lain sekali dengan objek ilmu alam. objek materialnya dalam ilmu sosial adalah berupa tingkah laku dalam tindakan khas manusia, bebas, dan tidak deterministik. Beberapa karakter objek penelaahan ilmu sosial yaitu objek penelaahan yang kompleks, kesukaran dalam pengamatan karena objek selalu berubah, objek penelaahan yang tidak terulang lagi, hubungan antara peneliti dan objek peneliti sosial yang susah diprediksikan. Dalam menjelaskan ilmu sosial diperlukan penjelaskan yang lebih dalam untuk mampu menerangkan gejala tersebut.

Baca Juga:   Contoh Pidato Lamaran Pernikahan Terbaru

Perbedaan ilmu alam dan ilmu sosial terletak di bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam terkait mempelajari yang objektif, tidak hidup dan dunia fisik, sehingga tidak mengalami perubahan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan ilmu sosial merupakan hasil akal manusia, subjektif dan emotif, yaitu ialah tingkah laku khas manusia. Namun keduanya memiliki manfaat yang sama pentingnya untuk kelangsungan hidup manusia.

Sumber :

http://www.kelasindonesia.com/2015/05/macam-macam-paragraf-eksposisi-dan.html

Apa Perbedaan Kehidupan di Desa dan Kota? [G]

Baca Juga:

4 Contoh Paragraf Sebab Akibat & Pengertiannya
2 Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah Terbaru
3 Contoh Teks Eksposisi Tentang Teknologi Terbaru

No Responses

Reply