Pengertian dan 25 Contoh Majas Anafora

Pengertian dan 25 Contoh Majas Anafora – Majas Anafora adalah sebuah wacana yang mengungkapkan sesuatu dengan gaya bahasa dengan menggunakan pengulangan kata dengan tujuan menguatkan kesan estetika terhadap makna tertentu dalam penyampaiannya. Dalam penerapannya pada kalimat, majas anafora melakukan pengulangan kata pada awal kalimat di setiap barisnya atau setelah tanda koma dalam satu kalimatnya. Pengulangan kata tersebut dimaksudkan untuk menegaskan makna kalimat dari ide pokok yang ingin disampaikan. Karenanya majas anafora digolongkan ke dalam jenis majas penegasan. Majas anafora juga dapat dikategorikan ke dalam jenis majas perulangan yang melakukan pengulangan kata dalam penerapan kalimatnya. Agar lebih jelas, perhatikan beberapa contoh kalimat majas anafora berikut :

Contoh :

1.Perkataan adalah cerminan hati, perkataan adalah curahan isi jiwa, perkataan adalah gambaran dari tinggat intelektualitas, dan perkataan adalah wujud dari derajat yang ada pada diri seseorang.

Penjelasan :

Pada kalimat di atas memuat majas anafora yang ditunjukkan dengan kata pada penggalan kata “Perkataan adalah” yang diungkapkan berkali-kali. Pengulangan kata juga dilakukan untuk melakukan penegasan terhadap maksud dan tujuan yang ingin diutarakan dalam kalimat.

2.Bagaimana lagi agar aku bisa memenangkan hatimu, bagaaimana lagi cara agar kau bisa mengerti diriku, bagaimana lagi yang mesti kuperbuat agar kau menerima cintaku?

Baca Juga:   Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas 8 SMP Semester 2

Penjelasan :

Pada kalimat di atas memuat majas anafora yang ditunjukkan pada pengulangan kata pada penggalan kalimat “Bagaimana lagi”. Pengulangan tersebut dimaksudkan untuk menegaskan maksud dan tujuan dari kalimat.

3.Meski darah mengucur deras, meski peluh membanjiri tanah, meski raga ini tak lagi bernyawa, aku akan tetap menjaga dan mencintaimu.

Penjelasan :

Pada kalimat di atas memuat majas anafora yang ditunjukkan pada pengulangan kata “meski” yang diikuti oleh penggalan kalimat yang berbeda. Pengulangan kata tersebut dimaksudkan agar menimbulkan kesan serta menguatkan maksud dan tujuan dari kalimat.

Selanjutnya perhatikan beberapa contoh majas anafora dalam kalimat berikut :

4.Dibalik sikap dan tingkah lahu tersirat maksud, dibalik sikap dan tingkah laku tersimpan hasrat, dan dibalik sikap dan tingkah laku tersirat makna yang dalam.
5.Tak bisakah kau melihat diriku, tak bisakah kau menghargai aku, tak bisakah kau mencintaiku?

6.Cinta adalah keajaiban, cinta adalah anugerah, dan cinta adalah kamu.
7.Berbagi tak harus menunggu kaya raya, berbagi tak selalu harus menunggu berada, berbagi tak harus
8.Semuanya telah pergi, semuanya telah hilang, dan semua yang ada telah berubah.
9.Mengapa pesona dirimu tak seperti dulu lagi, mengapa elokmu saat ini telah memudar, dan mengapa keindahanmu kini tak lagi jadi milikku?
10.Harta benda yang ada tak selamanya membahagiakan, harta benda yang disimpan tak selalu membawa kebaikan di masa depan, dan harta benda yang ditumpuk tak akan membela kita di akhirat.

Baca Juga:   2 Cerita Pendek Bahasa Inggris Tentang Binatang & Artinya

11.Dirimu hanyalah seberkas kisah lalu, dirimu tak ubahnya sebagai bayangan yang bias oleh cahaya, dirimu adalah kenangan yang tak selalu indah untuk diingat kembali.
12.Nasi padang adalah makanan yang sangat lezat, nasi padang adalah makanan yang sangat nikmat, tak heran jika nasi padang dikatakan sebagai salah satu makanan terenak di dunia.
13.Aku akan selalu ada di sampingmu, akau akan selalu ada di dekatmu, aku akan selalu menemanimu di setiap langkah kehidupanmu.
14.Lantunan Al-Qur’an ini sangat menentramkan hati, lantunan ayat suci ini begitu indah di telinga, lantunan ayat suci ini semakin menambah keimanan dalam dada.
15.Dibalik sikap kerasnya tersimpan kasih sayang yang dalam, dibalik sikap kerasnya tersimpan kelembutan hati, dibalik sikap kerasnya juga tersimpan kebaikan yang tak mampu dilihat oleh kebanyakan orang.

16.Kasih ibu sehangat seduhan teh panas di musim dingin, kasih ibu seteduh awan yang memayungi saat siang hari, kasih ibu adalah kasih tak tergantikan sepanjang masa.
17.Ayah adalah lelaki hebat dalam hidupku, ayah adalah lelaki tersayang dalam hidupku, ayahku adalah juara satu sedunia.
18.Guruku adalah penunjuk jalan keberhasilanku, guruku adalah sosok pembimbing saat aku mulai kehilangan arah, guru adalah seorang pahlawan terhebat sepanjang sejarah kehidupanku.
19.Engkau adalah buah hati kecilku, engkau adalah permata dalam hidupku, karena engkau karena engkaulah adalah satu-satunya puteri kesayanganku.
20.Aku tak akan berhenti berharap sampai kau benar-benar mencintaiku, mencintaiku, dan mencintaiku.

Baca Juga:   5 Contoh Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

21.Aku akan berjuang sekuat tenaga, aku akan bekerja hingga napasku ini berhenti, aku akan berlari hingga darah ini berhenti mengalir, karena diriku adalah lelaki sejati pecinta keluarga.
22.Aku akan berusaha, berusaha, dan terus berusaha demi cita-cita luhur yang aku perjuangkan.
23.Wajahmu begitu meneduhkan, wajahmu begitu indah dipandang mata, wajahmu sangat menentramkan jiwa, karena dirimu adalah wanita tercantik dalam hidupku.
24.Meski hidup dalam kemiskinan aku tak akan menghiba kepada siapapun, meski hidup miskin aku tak akan mengemis kepada siapapun, dan meski aku hidup dalam kemiskinan aku tak akan menjadi budak.
25.Aku ingin hidup sebagai seorang petualang, aku ingin hidup sebagai seorang ksatria, aku ingin hidup sebagai pahlawan, karena diriku adalah lelaki sejati.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-dan-contoh-majas-anafora-lengkap.html

Baca Juga:

Pengertian dan 54 Contoh Majas Asonasi
Pengertian dan 63 Contoh Konjungsi Temporal
Contoh-Contoh Majas dalam Cerpen Singkat

No Responses

Leave a Reply