Pengertian dan 26 Contoh Majas Sinekdoke Totem Pro Parte

Pengertian dan 26 Contoh Majas Sinekdoke Totem Pro Parte – Majas sinekdoke merupakan sebuah ungkapan dengan gaya bahasa yang menyiratkan sebuah makna, maksud, dan tujuannya dengan hanya menyatakan sebagian atau keseluruhan dari suatu hal. Majas sinekdoke dibagi ke dalam dua jenis diantaranya yakni sinekdoke Pars Pro Toto dan Sinekdoke Totem Pro Parte. Sinekdoke Pars Pro Toto adalah majas yang menyatakan sebagian untuk menjelaskan keseluruhan dari suatu hal sedangkan majas Totem Pro Parte adalah majas yang menyatakan keseluruhan untuk menjelaskan sebagian yang mewakili dari suatu hal tersebut. Dalam hal ini pembahasan melalui contoh akan lebih spesifik pada majas Totem Pro Parte. Agar lebih jelas perhatikan beberapa contoh kalimat majas Totem Pro Parte berikut :

Contoh :

1. Kelurahan Beringin Raya harus rela pulang dengan tangan hampa ketika mengalami kekalahan atas kelurahan Sumber rejo dalam pertandingan catur tingkat kecamatan Kemiling.

Penjelasan :

Pada kalimat di atas menyatakan keseluruhan yang mewakili sebagian ditunjukkan pada penggalan kalimat “Kelurahan Beringin Raya harus rela pulang dengan tangan hampa ketika mengalami kekalahan atas kelurahan Sumber rejo”. Dalam penggalan kalimat tersebut bukan berarti seluruh warga dari kedua kelurahan yang mengikuti sebuah pertandingan. Melainkan hanya sebagian kecil warga yang menjadi perwakilan dari kedua desa sajalah yang terlibat dalam acara perlombaan.

2. Bandar Lampung menyambut dengan sangat baik seluruh peserta dari kontingen kabupaten / kota seluruh Lampung dalam acara Musabaqah Tilawatil Qur’an yang diselenggarakan di ibukota provinsi tersebut.

Baca Juga:   3 Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan di Bahasa Indonesia

Penjelasan :

Pada kalimat di atas penggalan kalimat “Bandar Lampung menyambut dengan sangat baik seluruh peserta dari kontingen kabupaten / kota” meyatakan keseluruhan yang merupakan perwakilan dari sebagian. Peryataan “Bandar Lampung menyambut” bukan dalam artian seluruh warga Bandar Lampung melakukan penyambutan terhadap kontinggen asal kabupaten / kota lain. Melainkan hanya sebagian kecil warga kota Bandar Lampung yang terlibat sebagai panitia dan lainnya sajalah yang melakukan penyambutan.

Selanjutnya perhatikan beberapa contoh majas sinekdoke Totem Pro Parte dalam kalimat 3-26 berikut :

3. Pada pertandingan sepak bola dalam piala AFF tadi malam Indonesia harus puas dalam posisi runner up setelah kalah dari Malaysia dengan perolehan angka 1-0.
4. Dalam pertandingan tarik tambang SDN 02 Sumberejo Bandar Lampung dalam rangka memperingati HUT RI ke-70 yang diikuti oleh siswa kelas 3A melawan siswa kelas 3 C berlangsung seri.
5. Siang tadi telah terjadi baku tembak antara kepolisian dengan anggota sindikat narkoba pada sebuah rumah di sebuah desa terpencil yang dijadikan tempat persembunyian para kriminal narkoba.
6. Sepanjang jalan Teuku Umar Bandar Lampung sesak dipenuhi berbagai jenis kendaraan menuju lapangan Enggal yang rencananya akan digelar konser Ungu dan Noah malam ini.
7. Saat ini giliran kelompok 7 dari SMAN 13 Bandar Lampung menampilkan presentasi hasil karya ilmiahnya setelah presentasi dari kelompok 3 dari SMA AL-Kautsar dalam lomba karya ilmiah remaja tingkat SMA se-kota Bandar Lampung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota.
8. Barcelona berhasil unggul 3-0 atas Real Madrid pada pertandingan sepak bola liga Spanyol malam tadi.
9. Meski susah payah tim PKK desa Margo Sedayu masih semangat untuk meraih kemenangan atas lawannya yakni tim PPK desa Sugih Rejo dalam ajang perlombaan tarik tambang memperingati HUT RI ke-70.
10. Kontingen asal provinsi Lampung berhasil meraih juara 1 dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di kota Bandung Jawa Barat mengalahkan kontingen lainnya dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Baca Juga:   Penjelasan Singkat tentang Karya Tulis Ilmiah dan Contoh Soal

11. SMPN 02 Bandar Lampung ditetapkan sebagai sekolah menengah percontohan bagi seluruh SMP / MTS se-derajat di kota Bandar Lampung.
12. Indonesia dikenal sebagai negara dengan ragam kuliner yang variatif semisal nasi padang, pecel, papeda, dan masih banyak lagi.
13. Rombongan kafilah haji asal Lampung dijadwalkan akan tiba di tanah air pada tanggal 14 September 2016.
14. Dalam perhelatan dies natalis Universitas Lampung, kampus terbesar di provinsi Lampung ini mengadakan acara perlombaan cerdas cermat tingkat SMA se-provinsi.
15. Lembaga kursus terbesar di Indonesia yakni bimbel Guru Pintar kini mulai tersusul dengan lembaga kursus lainnya diantaranya yakni bimbel Adzkia, bimbel Cemerlang, Nando’s Privat, dan masih banyak lagi.
16. Dalam pengajian akbar yang diisi oleh ustadz kondang dari Jakarta diikuti oleh berbagai majelis ta’lim se-kota Bandar Lampung diantaranya ialah majelis ta’lim Aisyah, majelis ta’lim jamaah Yasin, majelis ta’lim At-Taubah dan masih banyak lagi.
17. Hubungan diplomatik antara negara Turkey dengan Amerika semakin merenggang pasca terjadinya konflik di Timur Tengah.
18. Israel semakin membabi buta dalam melakukan pembantaian terhadap warga sipil Palestina.
19. Dengan kejamnya Rusia membombardir dan membantai kaum muslimin sunni di Suriah.
20. Group musik Element dijadwalkan akan mengisi konser malam ini di gedung olah raga sumpah pemuda way halim Bandar Lampung.

Baca Juga:   Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Narkoba

21. Mall itu akan mengundang group cagur dalam waktu-waktu dekat ini.
22. SDN 07 Sumber Sari dijadwalkan esok pagi akan berhadapan dengan SDN 05 Sumber Sari dalam pertandingan catur tingkat SD se-kota Padang.
23. Pengajian masjid Al-Anshar akan berkunjung ke majelis ta’lim masjid Al Ishlah dalam rangka kunjungan kerja dalam bahasan program kerja dan lain sebagainya.
24. Indonesia dan Malaysia dahulu pernah bersitegang dalam hal politik dan sebagainya, hingga kini perselisihan tersebut masih terasa riak-riaknya.
25. Konflik antar desa yang disebabkan oleh hal-hal sepele kembali terjadi antara desa Raga jaya dengan desa Sumber Susunan.
26. Dalam peringatan hari pendidikan nasional, RT 007 mengadakan perlombaan pidato dan puisi yang juga mengikutsertakan RT 002 kelurahan Semulir Bunga kecamatan Sukarame, Bandar Lampung.

Baca Juga:

Pengertian dan 36 Contoh Majas Simbolik
Pengertian dan 32 Contoh Majas Simile
Pengertian & Contoh Kalimat Pengulangan Kata

No Responses

Leave a Reply