Pengertian dan 3 Contoh Paragraf Perbandingan

Pengertian dan 3 Contoh Paragraf Perbandingan – Paragraf perbandingan adalah paragraf yang berisikan kalimat-kalimat yang di dalamnya terdapat identifikasi terhadap suatu persamaan dan perbedaan yang ada pada dua obyek atau lebih. Kalimat utama dalam paragraf ini dinyatakan dengan perbandingan terhadap suatu hal secara kohern dan kohesif. Paragraf ini seringkali disamakan dengan poragraf pertentangan. Meskipun keduanya sama-sama membandingkan suatu hal dengan obyek lainnya, namun antara paragraf perbandingan dan paragraf pertentangan memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Paragraf pertentangan membandingan suatu obyek dengan obyek lainnya yang sangat bertentangan dengan hanya menyatakan perbedaannya saja. Sedangkan paragraf perbandingan, gagasan pokoknya dinyatakan ke dengan membandingkan dua obyek yang memiliki persamaan secara kasat mata, misalnya olah raga futsal dan sepak bola. Kedua olah raga tersebut terkesan sama, akan tetapi tentu terdapat perbedaan terhadap keduanya.

Ciri Paragraf Perbandingan

1. Menyajikan gagasan pokok dengan membandingkan dua obyek dalam paragraf.
2. Menelaah sesuatu yang secara umum telah diketahui oleh orang banyak.
3. Paragraf ini bersifat independent dengan tidak memihak salah satu obyek
4. Dalam penulisannya seringkali menggunakan kata hubung jika dibandingkan dengan, seperti, sama dengan, selaras dengan, demikian juga, sesuai dengan, dan lain sebagainya.

Contoh 1 :

Sepeda motor bebek manual adalah kendaraan yang paling umum dan terjangkau dikalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Segala aktivitas warga menjadi sangat terbantu dengan adanya kendaraan roda dua yang satu ini. Dahulu sepeda motor bebek sangat populer dengan sistem manual yang melakukan pengoperan gigi pada saat mengendarainya. Cara mengendarainya relatif mudah bahkan bisa pula digunakan oleh wanita dewasa. Selain itu kualitas serta harga yang terjangkau menjadikan sebagian besar warga ekonomi kelas mengenah kebawah memilih sepeda motor bebek manual sebagai pilihannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, muncullah sepeda motor matic tanpa perlu melakukan pengoperan gigi pada saat mengendarainya. Meskipun di awal peluncuran produk ini sebagai sasaran segmentasi penjualannya adalah untuk kaum wanita, namun kini setiap orang menggunakannya baik laki-laki maupun perempuan. Kelebihannya terletak pada cara pengoperasiannya yang mudah, ringan, irit bahan bakar, dan juga memiliki kapasitas barang yang lebih besar jika dibandingkan dengan sepeda motor bebek. Meskipun kini sepeda motor matic telah menjadi kendaraan yang populer di kalangan masyarakat, namun sepeda motor manual masih digunakan oleh masyarakat sebagai kendaraan penunjang aktivitas mereka.

Baca Juga:   Either, Neither, & Both Uraian Plus Contoh Soal

Penjelasan :

Paragraf di atas membandingkan dua buah obyek yakni sepeda motor bebek dan sepeda motor matic. Perbandingan antara kedua obyek tersebut dinyatakan dengan data-data berupa fakta yang terjadi di masyarakat. Paragraf perbandingan juga ditunjukkan dengan penggunaan kata “jika dibandingkan” ketika membandingkan obyek satu dengan yang lainnya.

Gagasan pokok berada di akhir paragraf yang menyatakan sepeda motor bebek hingga kini masih sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat meskipun kini sepeda motor matic telah menggungguli sepeda motor bebeka dalam beberapa hal.

Contoh 2 :

Sepak bola merupakan olah raga yang sangat digemari oleh sebagian besar penduduk dunia. Tak hanya kaum laki-laki saja yang menggemari olah raga ini, bahkan kaum wanita pun kini telah banyak yang menggandrungi sepak bola. Meskipun sepak bola memiliki penggemar yang cukup banyak, akan tetapi saat ini begitu sulit untuk memainkan olah raga ini karena keterbatasan sarana terutama pada lapangan. Ketika dihadapkan pada masalah tersebut, muncullah olah raga serupa dengan sepak bola yakni fusal. Olah raga futsal secara kasat mata hampir menyerupai sepak bola. Hanya saja futsal tidak membutuhkan jumlah orang sebanyak pada olah raga sepak bola. Dibandingkan dengan sepak bola yang membutuhkan 11 orang pemain, futsal hanya membutuhkan 5 orang pemain saja. Selain itu futsal juga tak membutuhkan fasilitas lapangan sebesar olah raga sepak bola. Kini olah raga futsal bisa menjadi alternatif pilihan bagi penggemar sepak bola yang terkendala oleh masalah fasilitas dan jumlah pemain.

Baca Juga:   Pengertian dan Contoh Paragraf Proses

Penjelasan :

Paragraf di atas melakukan perbandingan terhadap dua buah obyek yang menjadi bahasannya yakni olah raga sepak bola dan futsal. Perbandingan dilakukan dengan menyajikan fakta-fakta mengenai dua obyek tersebut. Gagasan pokoknya berada di akhir paragraf yang menyatakan bahwa olah raga futsal bisa menjadi alternatif pilihan bagi penggemar sepak bola yang terkendala masalah jumlah pemain dan fasilitas.

Contoh 3 :

Susu yang dihasilkan dari kambing memiliki manfaat yang tak kalah baiknya dengan susu dari sapi. Kedua susu tersebut di dalamnya sama-sama terkandung kalsium yang sangat melimpah ruah. Seperti halnya susu sapi yang berfungsi sebagai nutrisi khusus bagi tulang dan baik bagi pertumbuhan, susu kambing pun demikian. Selain itu di dalam susu kambing terdapat bakteri yang baik untuk tubuh manusia yakni lactobacillus. Meskipun sama-sama memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, susu sapi lebih mudah untuk ditemukan dibandingkan dengan susu kambing. Hal tersebut dikarenakan produktivitas susu kambing yang berada di bawah produktivitas susu sapi. Baik susu kambing ataupun susu sapi, kedua-duanya memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Baca Juga:   2 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Penjelasan :

Pada paragraf di atas membandingkan dua obyek yakni susu kambing dan susu sapi. Kedua obyek tersebut dibandingkan secara obyektif berdasarkan data berupa fakta yang otentik. Paagraf tersebut juga menggunakan kata penghubung yang umum terdapat pada paragraf perbandingan diantaranya yakni seperti halnya dan dibandingkan dengan.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-dan-contoh-paragraf-perbandingan-beserta-ciri-cirinya.html

Baca Juga:

Unsur & Syarat Paragraf yang Baik
Definisi & 4 Contoh Paragraf Klasifikasi
32 Contoh Pantun Nasehat Belajar

No Responses

Leave a Reply