Pengertian dan 36 Contoh Majas Simbolik

Pengertian dan 36 Contoh Majas Simbolik – Majas simbolik merupakan sebuah ungkapan dari gaya bahasa yang menjelaskan tentang suatu hal dengan melakukan perbandingan terhadap sesuatu hal lainnya yang berupa lambang, tokoh, atau simbol tertentu yang secara tersirat menjelaskan mengenai makna tertentu. Majas simbolik digolongkan ke dalam jenis majas perbandingan jika didasarkan pada cara pengungkapan maksud dan tujuannya. Berikut beberapa contoh majas simbolik dalam kalimat beserta penjelasannya :

Contoh :

1. Seluruh siswa kelas 3IPA1 SMAN 02 Bandar Lampung memakai baju merah sebagai simbol keberanian mereka untuk menghadapi siswa kelas 3IPS2 dalam pertandingan sepakbola pada acara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70.

Penjelasan :

Pada kata bergaris miring yakni “merah” menyatakan makna keberanian. Secara umum warna merah identik dengan sifat berani. Oleh karenanya dalam konteks kalimat tersebut warna merah dapat dijelaskan sebagai sebuah simbol keberanian bagi para siswa kelas 3IPA1 dalam rangka menghadapi siswa 3IPS2 pada pertandingan sepak bola.

2. Kalau persoalan ini tidak bisa dilakukan dengan jalan kekeluargaan, aku tidak akan segan-segan membawanya ke meja hijau.

Penjelasan :

Pada kata bergaris miring dalam kalimat yang dimaksud dengan “meja hijau” bukanlah dalam artian yang sebenarnya. Melainkan sebuah lembaga peradilan yang akan menyelesaikan masalah hukum pidana atau perdata.

Selanjutnya perhatikan beberapa contoh majas simbolik dalam kalimat 3 – 36 berikut :

3. Beberapa waktu lalu seorang penyanyi dangdut secara tidak sengaja melecehkan burung garuda dalam candaannya. (lambang negara)
4. Dalam kehidupan berpolitik, bukanlah hal yang baru jika masih terdapat sebuah konspirasi yang mengorbankan kambing hitam. (seseorang yang sengaja dipersalahkan dalam sebuah konspirasi)
5. Perhatikan dan pikirkan baik-baik apa yang akan engkau katakan, karena mulutmu adalah harimaumu.
6. Samsul adalah anak yang tidak memiliki pendirian, oleh karenanya ia seringkali diejek oleh teman-temannya dengan sebutan air di atas daun talas. (orang yang tak berpendirian)
7. Ketika aku dan teman-teman berjalan menuju sekolah, tiba-tiba kami melihat kerumunan warga pada sebuah rumah yang terpasang bendera kuning di depan rumahnya. (menandakan ada seseroang yang meninggal dunia)
8. Rumah besar yang kini dijadikan lokalisasi itu seringkali didatangi oleh lelaki hidung belang.
9. Joni dikenal sebagai lelaki buaya darat karena kelakuannya teradap beberapa wanita yang telah ia sakiti.
10. Mirnawati dikenal sebagai kembang desa di kampungnya, telah banyak lelaki dari berbagai latar belakang yang berusaha untuk mendapatkannya. (wanita tercantik)

Baca Juga:   Penjelasan Badan Mikro, Sitoskeleton, dan Badan Golgi

11. Bibi Sumarni pinsang begitu mengetahui toko bunganya habis terbakar oleh si jago merah. (api)
12. Pak Gugun seringkali mendapat masalah semenjak ia berprofesi sebagai lintah darat. (renternir)
13. Ketika sedang mengendarai sepeda motor menuju kampungnya, tiba-tiba Pak Gusman dihadang oleh sekelompok bajing loncat. (perampok)
14. Semua barang berharga milik Santi dan keluarganya habis dirampok oleh kapak merah pada saat dalam perjalanan menuju rumah. (perampok)
15. Bu Susilo mendadak pinsan saat mengetahui anak perempuan satu-satunya berprofesi sebagai kupu-kupu malam. (pekerja seks komersial)
16. Karena kelakuan bejatnya, Tito kini menjadi duri dalam daging bagi keluarganya. (musuh yang disekitar kita)
17. Dudung selalu saja bergantung dengan orang lain, ia tak ubahnya seperti benalu pada sebatang pohon. (orang yang selalu merugikan)
18. Pebulu tangkis asal Indonesia itu telah berjuang sekuat tenaga untuk menjadi teratai bagi bangsa dan negara Indonesia. Orang yang melakukan pengabdian)
19. Frangky adalah seorang kriminal berwatak kancil yang hingga kini masih buron. (lincah dan licik)
20. Kini dunia hanya berada dalam genggaman ketika cakrawala dunia bisa diakses melalui HP pintar. (internet)

Baca Juga:   2 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sampah

21. Aku sudah memperingatkan si kepala batu itu berkali-kali agar menjaga emosinya, namun ia tak mendengarkanku. (keras kepala)
22. Pada saat melintasi jalan Soekarno Hatta Bandar Lampung, tiba-tiba dari arah belakang muncul seorang pengendara liar yang memacu kuda besinya dengan sangat kencang. (sepeda motor)
23. Kaustar adalah anak cerdas yang telah menguasai 3 bahasa asing, karenanya ia dijuluki sebagai kamus berjalan.
24. Luna memiliki wawasan yang sangat luas sehingga ia dijuluki sebagai wikipedia berjalan.
25. Heri dikenal sebagai pria mata keranjang, sehingga sampai detik ini tak ada satupun wanita yang mau dekat-dekat dengannya.
26. Aku tak betah berlama-lama bicara dengan wanita itu, kata-katanya setajam pisau belati.
27. Orientasi mahasiswa baru kini telah menjadi ajang balas dendam para senior yang tersistem yang dikenal dengan meminjam istilah biologi yakni rantai makanan.
28. Wanita yang belum lama ditinggal oleh suaminya itu kini menjadi janda kembang di kampung Purwodadi. (janda tercantik)
29. Siang nanti aku akan mencari referensi skripsiku di gudang ilmu universitas. (perpustakaan)
30. Tentu setiap orang menyadari kalau membaca adalah kunci ilmu, namun tak banyak orang yang menyukai kegiatan tersebut. (membaca)

Baca Juga:   Jenis-jenis Otot, Sifat, & Cara Kerjanya

31. Di kampusku warna ungu telah melekat pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang memiliki makna kasih sayang dan kedewasaan.
32. Keluarga yang harmonis itu mengenakan kaos berwarna merah hati pada saat berlibur yang menunjukkan kasih sayang diantara mereka.
33. Saat situasi tidak memungkinkan, pihak lawan mengibarkan bendera putih sebagai tanda bahwa mereka bersedia menyerah.
34. Di usianya yang masih sangat belia Hamdan telah hafal Al-Quran 30 juz, oleh karenanya ia dijuluki sebagai Al-Qur’an berjalan.
35. Pada saat dalam perjalanan menuju Bandar Lampung kami melihat sebuah rambu yang menunjukkan gambar sendok dan garpu, akhirnya kami bisa beristirahat sejenak sambil makan. (restauran atau rumah makan)
36. Hari sudah mulai gelap dan kami belum juga melihat papan rambu bergambar ranjang di sepanjang jalan ini. (hotel atau penginapan)

Sumber :
http://www.bahasaindonesiaku.net/2016/03/27-contoh-kalimat-majas-simbolik-beserta-penjelasan-lengkap.html

Baca Juga:

Pengertian dan 32 Contoh Majas Simile
Pengertian dan 28 Contoh Majas Metafora
Pengertian & 4 Contoh Paragraf Fakta

No Responses

Leave a Reply