Pengertian dan Contoh Paragraf Proses

Pengertian dan Contoh Paragraf Proses –¬†Paragraf proses merupakan bentuk dari pengembangan paragraf eksposisi yang menyajikan tentang prosesi, tata cara, tahapan, atau petunjuk teknis terhadap suatu hal. Jika paragraf eksposisi memaparkan tentang informasi terhadap suatu hal, maka paragraf proses menyajikan informasi secara mendetail tentang prosesinya. Paragraf proses dalam penerapannya seringkali menggunakan transisi kronologis diantara kalimat-kalimatnya seperti penggunaan kata kemudian, pertama-tama, kedua, berikutnya, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa contoh dari paragraf proses :

Contoh 1:

Nasi goreng adalah makanan yang pada umumnya disukai oleh semua orang di seluruh dunia. Meskipun terlihat mudah dalam pembuatannya, namun tidak semudah semudah seperti yang terlihat. Ternyata dalam membuat masakan yang satu ini tahapannya cukup rumit. Pertama-tama siapkan bumbu-bumbu racik seperti bawang merah, bawang putih, garam, lada, merica, kunyit, kecap, dan bahan penyedap lainnya. Siapkan juga nasi sebagai bahan utamanya. Nasi yang akan diolah menjadi nasi goreng tidak boleh lembek. Bahkan tidak boleh pula menggunakan nasi yang biasa kita makan. Gunakan nasi yang tidak terlalu matang dengan cara mengurangi sedikit air pada saat menanaknya. Setelah nasi diangkat, diamkan sampai suhu normal. Lalu masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu. Hal tersebut kaitannya dengan tekstur nasi goreng yang akan menjadi kenyal saat disajikan. Tumis bumbu-bumbu yang telah disiapkan tadi, lalu masukkan telur ke dalamnya, dan aduk merata. Setelah dirasa cukup, masukkan nasi ke dalam kuali dan aduk rata. Masukkan kecap dan penyedap rasa, tambahkan variasi tambahan sesuai selera seperti udang, ayam, dan lain sebagainya. setelah semua bahan tercampur rata, sajikan nasi goreng spesial kepada keluarga dan teman-teman anda.

Baca Juga:   2 Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi Terbaru

Penjelasan :

Paragraf tersebut memuat prosesi, langkah, dan petunjuk pembuatan nasi goreng yang dijelaskan secara rinci dengan tahapan proses yang sistematis dan berurutan.

Contoh 2 :

Lidah buaya adalah tanaman berbentuk menyerupai lidah berduri berwarna hijau. Tanaman ini sangat baik bagi perawatan rambut khususnya untuk penyuburan. Di dalam lidah buaya terdapat kandungan nutrisi yang mampu melembabkan rambut sehingga tak mudah kering dan tak mudah patah. Cara merawat rambut dengan menggunakan lidah buaya sangatlah mudah. Pilihlah satu batang lidah buaya yang masih muda dan segar. Singkirkan bagian kulit berdurinya dengan menggunakan pisau. Bagian yang telah dikupas tersebut akan mengeluarkan lendir dengan keharuman yang khas. Gunakan lendir tersebut untuk mengusap rambut. Pijat-pijat rambut anda hingga ke kulit kepala sama seperti halnya sedang keramas. Setelah tiga menit, bilas dengan air bersih. Setelah itu keringkan rambut anda. Lakukan perawatan ini dengan rutin agar rambut anda senantiasa sehat dan subur.

Penjelasan :

Pada paragraf di atas menjelaskan tentang langkah-langkah merawat rambut dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Paragraf tersebut memuat prosesi dan petunjuk yang dijelaskan secara rinci dengan tahapan proses yang sistematis dan berurutan.

Baca Juga:   Penggunaan Tanda Titik dalam Kalimat Bahasa Inggris & Abbreviation

Selanjutnya perhatikan kembali contoh paragraf proses pada contoh 3 dan 4 berikut :

Contoh 3:

Setiap pagi tentu kita selalu bersiap hendak melakukan aktivitas. Terkadang kita selalu terburu-buru sehingga tak sempat untuk menyiapkan sarapan pagi. Menu sarapan pagi tidaklah harus selalu yang rumit untuk dimasak. Banyak jenis menu sarapan pagi yang mudah untuk diolah, salah satunya adalah mie dadar telur. Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan satu bungkus mie instan dan telur (1 atau 2 butir sesuai selera). Buka bungkus mie instan, pisahkah bumbu dan mie mentahnya. Selanjutnya rendam mie ke dalam air panas hingga mengembang, setelah itu tiriskan dan masukkan ke dalam mangkuk. Taburkan bumbu mie instan ke dalam mie dan masukkan juga telurnya. Aduk dengan rata sementara itu panaskan minyak goreng. Kemudian masukkan adonan mie dan telur ke dalam wajan yang telah berisi minyak panas. Lakukan sebagaimana anda menggoreng telur dadar. Tunggu sampai matang dan hidangan sarapan mie telur dadar pun siap disantap.

Baca Juga:   Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Reported Speech & Kunci Jawaban

Contoh 4:

Setiap orang mendambakan tubuh yang ideal dan atletis. Tentu tak hanya atas dasar pertimbangan kesehatan saja, tapi juga erat kaitannya dengan estetika keindahan tubuh. Jika tubuh memiliki berat badan yang berlebih, tentu berpengaruh pada keindahan estetika pada tubuh itu sendiri. Anda tidak akan terlihat menarik jika memiliki tubuh gempal. Hal tersebut terjadi karena pola makan yang tak teratur, strees, dan gaya hidup yang tak sehat. Kelebihan berat badan bisa terjadi karena faktor-faktor tesebut. Agar dapat memiliki tubuh yang ideal setidaknya ada beberapa cara yang mesti anda lakukan. Pertama-tama anda harus batasi keinginan makan yang terlalu berlebihan. Kurangi makanan berlemak dan ganti nutrisi karbohidrat anda yang rendah kalori. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Selanjutnya lakukan olah raga secara rutin. Olah raga yang bagus untuk menurunkan berat badan diantaranya ialah berengan, marathon, bersepeda, push up, sit up, dan segala jenis olah raga yang dapat mengurangi lemak terutama pada bagian perut dan paha. Satu hal lagi yang terpenting adalah disiplin, tanpanya usaha yang selama ini anda lakukan akan sia-sia.

Baca Juga:

  1. Belasan Contoh Pantun Nasehat dan Jenaka
  2. Pengertian dan 4 Contoh Paragraf Persuasi
  3. Pengertian Paragraf, Jenis, dan Contohnya

No Responses

Leave a Reply