no comments

Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Analisis Proses & Sebab Akibat

Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Analisis Proses & Sebab Akibat – Teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan jelas. Eksposisi analisis adalah proses meemisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub bagian, kemudian dikembangkan lagi secara berurutan. Terdapat beberapa jenis teks eksposisi analisis, yaitu analisis proses, analisis sebab akibat, analisis bagian, dan analisis fungsional. Berikut penjelasan dan contohnya :

1. Teks Eksposisi Alanisis Proses

Teks analisis proses adalah teks eksposisi yang memberi penjelasan tentang bagaimana sesuatu hal bekerja (proses), bagaimana sesuatu terjadi atau bagaimana membuat, mengerjakan atau menciptakan sesuatu.

Contoh :

Proses Terjadinya Hujan

Hujan adalah air yang turun dari langit, melalui berbagai proses hingga hujan dapat terjadinya hujan dan dirasakan oleh semua mahluk yang ada di bumi. Dengan adanya hujan, membawa banyak manfaat salah satunya adalah memenuhi kebutuhan air semua mahluk yang ada di bumi. Namun, hujan yang datang pada kurun waktu tertentu akan banyak menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan. Proses terjadinya hujan adalah gejala alam yang membentuk perputaran air di bumi ini.

Air yang akan menjadi hujan dan turun ke bumi melewati beberapa tahap melalui berbagai proses terjadinya. Agar proses hujan bisa berjalan secara lancar dan hujan akan turun pada kurun waktu yang tepat karena telah diprediksikan, sehingga tidak mencemaskan warga di seluruh dunia menunggu kedatangan hujan yang selalu ditunggu-tunggu. Untuk menjadi hujan yang sempurna harus melalui beberapa tahapan. Pertama, sinar matahari yang panas membuat air di lautan, danau, sungai atau sumber lainnya menguap ke udara. Sinar matahari juga membuat menguapnya benda-benda lain yang mengandung air, misalnya tumbuh-tumbuhan, hewan dan tubuh manusia. Kedua, suhu udara yang tinggi membuat uap air mengalami kondensasi atau pemadatan dan membentuk embun. Terbentuknya embun dari titik-titik air kecil sehingga suhu udara semakin tinggi dan membuat titik-titik dari embun berkumpul memadat dan membentuk awan. Ketiga, angin membantu awan-awan bergerak ke tempat lain. Pergerakan angin membuat awan kecil bertemu dan berkumpul membentuk awan besar, semakin banyak akan berubah menjadi kelabu. Lalu bergerak ke daerah atau tempat yang memiliki suhu lebih rendah. Keempat, kumpulan awan besar dan kelabu akibatnya titik-titik air semakin berat dan tidak terbendung akan membuat butiran-butiran air jatuh ke bumi sehingga terjadilah hujan.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan Sekolah

Terjadinya hujan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mahluk hidup di muka bumi ini. Karena hujan membawa sumber air di bumi dan air adalah sumber kehidupan mahluk hidup. Hujan yang turun adalah gejala alam yang membuat perputaran air di bumi. Perputaran air dari air yang menguap kemudian naik ke awan melalui berbagai proses kemudian membentuk awan yang membawa titik-titik hujan. Awan terbawa oleh tiupan air membawa awan ke berbagai daerah dan seiring berjalannya awan akan turun hujan. Air hujan kembali ke bumi, meresap ke tanah atau menguap lagi membentuk perputaran air dan seterusnya.

2. Teks Eksposisi Analisis Sebab Akibat

Teks Eksposisi Analisis Sebab Akibat adalah teks yang menjelaskan ketika setiap peristiwa dihubungkan satu dengan yang lainnya untuk mengetahui sebab-akibatnya. Menelusuri kenapa peristiwa itu terjadi, apa sebebnya dan apa dampak atau akibatnya.

Contoh :

Penyebab Tanah Longsor

Tanah longsor adalah perpindahan meterial pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau materia campuran, bergerak ke bawah atau keluar dari lereng. Proses terjadinya tanah longsor, dari air yang meresap menambah berat atau bobot tanah maka tanah menjadi licin dan pelapukan tanag di atasnya akan bergerak mengikuti keluar dari lereng. Tanah lonsor termasuk ke dalam bencana karena bisa merugikan dan membawa dampak buruk untuk kehidupan di sekitarnya.

Baca Juga:   3 Contoh Teks Eksposisi Tentang Teknologi Terbaru

Terjadinya tanah longsor adalah karena ada beberapa faktor baik karena faktor alami atau faktor manusia. Faktor alami penyebab tanah longsor diantaranya adalah perubahan musim kemarau menjadi musim hujan. Ketika musim kemarau membuat tanah kering karena terjadinya penguapan, menyebabkan munculnya pori-pori atau ringga tanah. Kemudian saat hujan turun, air masuk ke dalam retakan dan menyebabkan longsor. Lereng atau tebing yang terjal akan memperbesar gaya dorong terjadinya tanah longsor, sudut yang menyebabkan longsor adalah 180. Batuan yang kurang kuat, biasanya batuan endapan gunung berapi dan batuan sedimen berukuran pasir, krikl, lempung. Batuan jenis ini mudah menjadi tanah melalui prosese pelapukan dan rentan terjadinya tanah longsor. Getaran juga mengakibatkan longsor baik getaran dari gempa bumi, ledakan, getaran mesin atau getaran lalu lintas kendaraan.

Selain faktor alami, terdapat beberapa faktor non alami atau karena perbuatan manusia baik yang disengaja ataupun tidak. Adanya beban tambahan, seperti bangunan di bagian lereng, beban kendaraan yang memperbesar gaya dorong terjadinya longsor terutama pada tikungan jalan. Tanah longsor umumnya banyak terjadi di daerah yang relatif gundul, daerah gundul menyebabkan pengikatan air tanag sangat kurang. Tumbuh-tumbuhan memiliki fungsi untuk menyerap air kemudian mengikat akir tanah tersebut. Selain itu, penggundulan hutan di sekitar tikungan sungai, tebing akan menjadi terjal. Faktor buatan manusia lainnya adalah menggunakan lapisan tanah yang rendah untuk pembuangan sampah. Pembuangan dalam jumlah banuak dapat mengakibatkan longsor, ditambah lagi dengan guturan hujan semakin memudahkan tanah amblas.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi Persuasif Terbaru

Terjadinya bencana tanah longsor yang merugikan mahluk hidup disekitarnya dan disebebkan oleh faktor alami dan faktor manusia. Faktor alam diantaranya adalah pergantian musim dari kemarau ke hujan yang membuat retakan tanah, jenis tanag dan batuan, lereng terjal, batuan yang kurang kuat dan getaran alam yaitu gempa bumi. Sedangkan faktor manusia adalah akibat ulah manusia yaitu beban tambahan tanah akibat bangunan dan kendaraan, pengundulan hutan, dan pembuangan sampah. Tanah longor merupakan salah satu bencana alam, oleh karena itu harus mencegah atau mengurangi faktor akibat ulah manusia.

Sumber :
http://www.katapengertian.com/2016/02/pengertian-teks-eksposisi-secara-lengkap.html

Baca Juga:

50 Contoh Kalimat Subjek & Pengertiannya
48 Contoh Kalimat Keterangan Waktu & Penjelasannya
2 Contoh Karangan Esai Tentang Pendidikan Karakter

No Responses

Reply