Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Tumbuhan, Hewan, dan Manusia

Peranan Bakteri Bagi Kehidupan Tumbuhan, Hewan, dan Manusia – Dalam kehidupan terdapat berbagai jenis bakteri yang menguntungkan maupun yang dapat merugikan. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari masih banyak yang beranggapan bahwa bakteri merupakan salah satu mikroorganisme yang sangat merugikan. Secara umum perlu diketahui bahwa jumlah bakteri yang menguntungkan atau bermanfaat dalam kehidupan sangat banyak jumlahnya apabila dibandingkan dengan jumlah bakteri yang dapat merugikan dalam kehidupan tersebut. Mikroorganisme yang berupa bakteri ini dapat menguntungkan dikarenakan dalam tahap menjalankan fungsinya dapat menghasilkan berbagai senyawa-senyawa penting. Selain itu juga bakteri memiliki kemampuan yang biasanya dimanfaatkan dalam beberapa bidang industri makanan, pertanian, farmasi, peternakan, lingkungan, maupun pertambangan.

Bakteri yang merugikan adalah bakteri yang dapat menimbulkan kerusakan, penyakit, serta segala hal yang dapat menimbulkan kerugian. Dalam kajian keilmuan bakteri secara khusus yang dapat memicu timbulnya beberapa macam penyakit dinamakan dengan patogen. Berikut akan dijelaskan mengenai peran bakteri bagi kehidupan tumbuhan, hewan dan manusia.

1. Peran Bakteri Bagi Kehidupan Tumbuhan

Dalam cakupan kehidupan kingdom tumbuhan terdapat beberapa jenis bakteri yang berperan dalam menunjang proses pertumbuhan serta perkembangannya. Adapun jenis-jenis serta peranan bakteri tersebut adalah sebagai berikut :

a. Bakteri Rhizobium Leguminosarum

Bakteri Rhizobium Leguminosarum merupakan salah satu spesies bakteri yang dapat menyimpan persedian unsur hara untuk tanaman. Adapun peran utama bakteri Rhizobium Leguminosarum pada tanaman ialah sangat berkaitan dengan teersedianya kandungan nitrogen untuk tanaman inangnya.

Baca Juga:   Definisi Pernapasan dan Organ Pernapasan Manusia

b. Bakteri Pasteuria Penetrans

Bakteri Pasteuria Penetrans dalam perannya sangatlah bermanfaat bagi dunia pertanian khususnya pada tanaman lada. Bakteri ini sangat baik jika dikembangkan secara sistemik untuk diambil kebermanfaatannya. Hal ini dikarenakan jenis bakteri Pasteuria Penetrans mempunyai keunggulan dalam mengatasi nematoda yang ada pada tanaman-tanaman lada.

c. Bakteri Bradyrhizobium

Bakteri Bradyrhizobium mampu melakukan simbiosis bersama akar tanaman kacang ataupun polong-polongan. Peran utama bakteri Bradyrhizobium ialah mengikat senyawa nitrogen yang berasal dari udara bebas hingga menjadi senyawa nitrat. Dengan demikian kandungan atau zat hara yang tedapat di dalam tanah akan menjadi lebih subur.

d. Bakteri Bacillus Thuringiensis

Bakteri Bacillus Thuringiensis dapat menghasilkan racun yang mampu membasmi serangga ataupun hama. Oleh karena itu Bakteri Bacillus Thuringiensis biasanya digunakan sebagai bioinsektisida pada tanaman.

2. Peran Bakteri Bagi Kehidupan Hewan

Peran bakteri bagi kehidupan hewan sangatlah beragam dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Adapun jenis dan peran bakteri dalam kehidupan hewan adalah sebagai berikut :

a. Bakteri Selulolitik

Bakteri selulolitik dapat menghasilkan enzim yang berfungsi untuk menghidrolisis senyawa ikatan glukosida, dimer selobiosa, dan sellulosa. Berikut contoh bakteri selulotik, diantaranya adalah :

– Ruminicoccus albus
– Ruminicoccus flavefaciens
– Bacteriodes succinogenes
– Cillobacterium cellulosolvens

b. Bakteri Hemiselulolitik

Bakteri hemiselulolitik mempunyai kandungan pentosa, gula heksosa, dan asam uronat. Bakteri ini merupakan bagian dari polisakarida yang sangat penting perannya di dalam dinding sel tanaman. Adapun contoh bakteri hemiselulolitik ini adalah Butyrivibrio fibriosolven dan Bacteriodes ruminicola.

Baca Juga:   5 Contoh Puisi Cinta Islami Menyentuh Hati

c. Bakteri Pemakai Asam (Acid Utilizer Bacteria)

Di dalam tubuh hewan terdapat asam oksalat yang bersifat racun dan biasanya sering ditemukan pada jenis hewan mamalia. Dengan adanya bakteri ini kandungan racun tersebut akan dirombak oleh bakteri rumen, sehingga pada kelompok ternak ruminansi dapat mengonsumsi tanaman yang mempunyai kandungan racun menjadi asupan makanan utama. Jenis bakteri pemakai asam ini diantaranya adalah sebagai berikut :

– Propioni bacterium
– Selemonas lactilytica
– Peptostreptococcus bacterium

d. Bakteri Amilolitik

Bakteri amilolitik mempunyai peran sebagai fermentasi pada selulosa. Bakteri amilolitik akan menjadi lebih dominan jika suatu makanan mengandung pati yang cukup tinggi. Berikut jenis bakteri amilolitik yang terdapat di dalam rumen diantaranya, yaitu :

– Bacteroides ruminicola
– Bacteriodes amylophilus
– Butyrivibrio fibrisolvens
– Streptococcus bovis

3. Peran Bakteri Bagi Kehidupan Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari peran bakteri sangatlah menguntungkan dalam kehidupan manusia. Adapun jenis-jenis bakteri yang menguntungkan bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut :

a. Bakteri Lactobacillus Bulgaricus

Bakteri Lactobacillus Bulgaricus berperan sebagai mikroorganisme fermentasi dalam pembuatan yogurt

b. Bakteri Acetobacter Xylinum

Bakteri Acetobacter xylinum dimanfaatkan untuk pembuatan nata de coco yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran minuman

Baca Juga:   Panduan Menggunakan Tanda Kurung Siku dan Petik Tunggal dalam Kalimat

c. Bakteri Brefidibacterium Flavum

Bakteri Brefidibacterium flavum digunakan untuk memproduksi asam amino glutamat yang dapat menghasilkan bahan penyedap rasa untuk masakan

d. Bakteri Acetobacter Aceti

Bakteri Acetobacter aceti merupakan jenis bakteri yang dapat membantu dalam pembuatan asam asetat. Asam asetat tersebut sangat berperan dalam melangsungkan proses pencernaan pada manusia.

e. Bakteri Streptomyces Erythraeus

Bakteri Streptomyces erythraeus dalam perannya dapat menghasilkan antibiotik yang diperlukan oleh manusia. Adapun jenis antibiotik yang dihasilkannya berupa antibiotik eritromisin

Selain terdapat bakteri yang menguntungkan bagi kehidupan manusia, ada pula jenis bakteri yang dapat merugikan. Berikut bakteri yang dapat merugikan dalam kehidupan manusia, yaitu :

1) Bakteri Clostridium botulinum

Bakteri Clostridium botulinum dalam kehidupan berperan sebagai penghasil racun dalam makanan yang di kemas pada kaleng

2) Bakteri Mycobacterium tuberculosis

Bakteri Mycobacterium tuberculosis merupakan salah satu jenis bakteri yang dapat memicu timbulnya penyakit TBC

3) Bakteri Streptococcus pneumoniae

Bakteri Streptococcus pneumoniae dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada paru-paru manusia

4) Bakteri Salmonella typhi

Bakteri Salmonella typhi merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tifus

5) Bakteri Haemophilus influenzae

Bakteri Haemophilus influenzae merupakan salah satu bakteri yang dapat menyebabkan suatu penyakit bronkitis

Sumber :

Peranan Bakteri dalam Kehidupan Manusia

Baca Juga:

Proses Reproduksi Bakteri Secara Seksual & Aseksual
Klasifikasi Prokariotik (Archaebacteria & Eubacteria)
Adverb – Definisi, Fungsi, Jenis, Contoh Kalimat

No Responses

Leave a Reply