no comments

Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi Serta Contohnya

Perbedaan Teks Laporan, Teks Deskripsi Serta Contohnya – Pada bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia terdapat pembahasan materi tentang teks. Berdasarkan bentuk, sifat, dan fungsinya teks terdiri atas berbagai macam jenisnya. Beberapa diantaranya adalah teks laporan dan teks deskripsi. Berikut adalah penjelasan teks laporan dan teks deskripsi :

A. Teks Laporan

Teks laporan ialah wacana yang di dalamnya memuat penjabaran secara umum mengenai suatu hal dengan menggunakan metode observasi. Dalam teks ini juga berisikan klasifikasi atau pengelompokan terhadap suatu hal yang memiki turunan berdasarkan perbedaan sifat, bentuk, karakter, dan lain sebagainya. Struktur teks ini terdiri atas peryataan penggolongan atau klasifikasi dari suaru hal yang hendak dilaporkan. Pada teks laporan lebih ditekankan pada aspek penggolongan atau pengklasifikasian terhadap suatu hal yang sedang dibahas. Sehingga pembahasan pada teks menjadi lebih spesifik dan rinci yang terbagi ke dalam beberapa jenis.

Contoh 1 :

Mengenal Jenis-Jenis Berita

Berita adalah sebuah informasi yang disampaikan oleh media kepada khalayak ramai dengan tujuan memberitahukan kepada masyarakat tentang apa yang baru saja atau sedang terjadi. Berita juga dapat didefinisikan sebagai usaha merekonstruksikan suatu kejadian atau peristiwa ke dalam bentuk siaran audio, audio visual, dan tulisan. Berita dapat diklasifikasikan ke dalam 3 macam jika didasarkan pada jenis peristiwa yang diberitakan, diantaranya ialah :

1. Hard News, ialah jenis berita yang berisikan kejadian penting yang bersifat insidental yang baru saja terjadi. Hard news adalah jenis berita yang sangat bernilai dalam dunia jurnalistik. Berita hard news harus lebih dahulu dipublikasikan kepada khalayak ramai karena sifatnya yang sangat urgensial dan penting. Misalnya saja berita tentang bencana alam seperti gempa bumi, kecelakaan maut, kejahatan besar, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   3 Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan di Bahasa Indonesia

2. Straight News, ialah sebuah berita yang berisifat langsung (to the point). Artinya dalam berita straight news lebih mementingkan ekeftivitas serta efisiensi dalam penyampaian berita.

3. Breaking News, adalah berita yang disampaikan secara berangsur-angsur dan bersifat temporal. Dalam jenis berita ini biasanya memberitakan peristiwa yang baru saja dan sedang terjadi.

4. Soft News, adalah jenis berita yang bersifat humanis, menarik, dan unik. Berita soft news dapat berupa karya jurnalistik feature. Feature adalah jenis tulisan berita yang disajikan dengan cara bercerita dengan sentuhan sastra sehingga mampu menggungah empati pembaca.

B. Teks Deskripsi

Teks deskripsi ialah teks yang di dalamnya memuat penggambaran mengenai sebuah keadaan fisik atau karakter suatu obyek yang berupa sifat, ukuran, bentuk, dan lain sebagainya.

Contoh 2 :

Suasana Pagi di Tanah Pesisir

Pagi itu lagit di atas pantai terlihat berwarna kuning kemerahan. Keindahan warna itu berasal dari mentari pagi yang baru saja menampakkan dirinya dari arah lautan. Pemandangan pagi nan cerah juga dihiasi dengan kawanan burung camar yang mulai pergi untuk mencari makan di hari ini. Deburan ombak menabrak-nabrak karang besar di tepian pantai. Kawanan nelayan dengan wajah lelah namun nampak gembira berupaya menyandarkan perahu mereka ke tepian. Istri dan anak-anak mereka berlarian menyambut sang pahlawan keluarga. Dengan suka cita para nelayan membawa tangkapan yang besar untuk dijual dan dimakan hari ini. Anak-anak yang membangun istana pasir pun seketika lupa dengan mahakarya yang mereka ciptakan ketika melihat ayah mereka datang. Gumaman dalam hati berkata bahwa hati ini sungguh ingin berlama-lama di tempat ini. Tempat yang membuatku merenungi tentang keindahan alam dan kebahagiaan yang diperoleh dengan cara yang amat sederhana. Sesederhana kehidupan perekonomian mereka namun kaya akan kasih sayang dan penghargaan yang teramat dalam.

Baca Juga:   2 Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda dalam Bahasa Indonesia

Contoh 3:

Cinta dalam Bungkusan Kado

Aku terkejut sekaligus senang melihat bungkusan kado berwarna biru muda yang diikatkan pita merah yang menghiasinya. Sangat indah sehingga aku tak kuasa untuk merusak lipatan indah dari kado berwarna biru muda ini. Bentuknya menyerupai balok berukuran kecil nan elegan. Kuberanikan diriku untuk membuat sobekan kecil ditepian lipatan kertas bungkusan indah ini. Dengan perasaan berdebar-debar kubuka kertas yang menyelimuti hadiah kecil ini. lipatan demi lipatan telah kubuka dan sedikit demi sedikit terlihatlah wujud benda yang masih terasa asing ini. sebagian pembungkus pun terbuka dan saat itulah aku sudah mulai bisa menerka benda apa itu. Setelah pembungkus kertas kado telah terbuka seluruhnya, benar saja hadiah ini telah lama kuinginkan. Aku telah menabung berminggu-minggu untuk membeli novel Ayah karya Andrea Hirata ini. Tak kusangka ayah tahu apa yang aku inginkan. Aku pun tak perlu membelanjakan uang tabunganku. Terima kasih ayahku tersayang atas hadiahmu yang sangat berharga ini.

Baca Juga:   Penjelasan Singkat tentang Karya Tulis Ilmiah dan Contoh Soal

C. Perbedaan Teks Deskripsi & Teks Laporan

Perbedaan antara teks deskripsi dan teks laporan berdasarkan uraian dan contoh di atas adalah sebagai berikut :

1. Teks Laporan

– Bersifat umum dan universal
– Bersifat ilmiah dengan acuan data observasi
– Lebih berfokus pada pengklasifikasian pada suatu hal yang sedang dibahas dalam teks.
– Memiliki hubungan struktur berjenjang antara suatu hal dengan klasifikasinya yang sedang dibahas dalam teks.

2. Teks Deskripsi

– Dalam teks deskripsi terdapat karakteristik individual yang ditunjukkan dengan penggambaran suatu obyek secara subyektif.
– Teks deskripsi lebih menekankan pada obyek yang diuraikan dengan cara penggambaran bentuk, sifat, karakter, dan lain sebagainya secara subyektif.
– Dalam teks deskipsi antara keseluruhan dan bagian-bagian pada strukturnya saling berkaitan satu dengan lainnya.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/11/perbedaan-teks-laporan-dan-teks-deskripsi-beserta-contohnya.html

Baca Juga:

3 Teks Eksposisi tentang Lingkungan Sekolah dalam Bahasa Indonesia
3 Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan di Bahasa Indonesia
Pengertian Kata Dasar, Jenis, dan Contoh Kalimat

No Responses

Reply