Pewarisan Sifat Dalam Pemuliaan Tumbuhan dan Hewan Serta Contohnya

Pewarisan Sifat Dalam Pemuliaan Tumbuhan dan Hewan Serta Contohnya – Penerapan pewarisan sifat pada hewan dan tumbuhan memungkinkan manusia untuk memanipulasi genetik sehingga dapat menghasilkan keturunan / bibit unggulan terbaik. Tujuan dengan dilakukan pewarisan sifat ini adalah untuk memperoleh varietas baru yang lebih unggul yang dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Sifat-sifat baik yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut dapat disatukan pada satu individu dengan tahapan proses perkawinan silang.

A. Pewarisan Sifat dalam Pemuliaan Tumbuhan

Salah satu contoh pemulian tumbuhan adalah dalam pemyiapan bibit pilihan melaui tahap pembuatan varietas hibrida. Perlu diketahui bahwa varietas hibrida merupakan salah satu jenis tanaman yang merupakan hasil keturunan yang dihasilakan dari persilangan antara dua jenis atau lebih yang mempuyai sifat genetik yang berbeda. Persilangan yang dilakukan sesuai dengan penemuan yang dilaksanakan oleh ilmuan yang bernama Mendel yaitu tentang pewarisan sifat.

Seperti yang telah diterapkan oleh beberapa petani bahwa padi hibrida dapat menghasilkan panen beras mencapai 30 % lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah hasil panen tumbuhan padi pada umumnya. Jenis tanaman padi ini dapat bertahan hidup pada kondisi tanah yang kering, sehingga beras yang dihasilkan terasa pulen, lebih wangi, dan masa panen lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis bibit padi biasanya. Adapun bibit unggul padi hibrida meliputi, varietas Arize, PPH, Intani, varietas IPB4S, dan bernas prima. Salah satu jenis padi hibrida varietas IPB4S merupakan varietas bibit unggulan yang telah diolah oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Tujuan utama dalam pengembangan bibit padi ini tidak lain adalah sebagai tindakan untuk membantu pemerintah dalam menyelamatkan manusia dari peristiwa krisis pangan. Adapun keunggulan dari padi varietas yang telah dikembangkan dengan bibit padi biasa adalah sebagai berikut :

Baca Juga:   Definisi dan Pembagian Tipe Ekosistem Perairan

• Tumbuhan akan tetap bertahan terhadap kekeringan lahan

Dari beberapa macam lahan meliputi lahan tadah hujan pada ini mampu menyesuaikan hidup dengan baik

• Kemampuan dalam menghasilkan panen sangat tinggi

Jenis bibit padi varietas ini dapat menghasilkan padi saat panen mencapai 11,2 – 13,4 ton per hektar dengan hasil rata-rata panen 7 ton perhektar

• Tidak mudah terserang penyakit tungro dan serangan hawar daun bakteri prototipe III
• Sangat cocok ditanam diberbagai jenis lahan pertanian

Padi varietas cocok ditanam di lahan gambut berrawa, di sekitar irigasi, dan tadah hujan

• Padi yang dihasilkan lebih berisi. Padi atau gabah secara umumnya berbentuk langsing atau kecil-kecil
• Tekstur beras ketika setelah di masak menjadi nasi yang pulen dan kadar amilosa yang cukup manis, sehingga sangat digemari oleh masyarakat

Tidak hanya padi saja yang dapat dikembangkan, akan tetapi tumbuhan jagung pula dapat disilangkan untuk mendapatkan buah yang maksimal. Jenis jagung hibrida meliputi, Hibrida C1, Hibrida CP1 dan CP2, Hibrida IPB4, Hibrida Pioneer2, Malin, Metro dan varietas bima. Salah satu jenis jagung hibrida varietas bima merupakan hasil persilangan antara galur Balai Penelitian Sereal dengan galur hasil kerjasama dengan Syngenta yang menghasilkan bibit unggulan.

Baca Juga:   Contoh Pewarisan Sifat atau Karakter Pada Manusia

B. Pewarisan Sifat dalam Pemuliaan Hewan

Pewarisan sifat dalam pemuliaan hewan merupakan suatu usaha pengembangan beternak yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas genetika. Secara umum kualitas genetika itu sendiri merupakan kemampuan peninggalan yang berasal dari yang tertua dan nenek moyang individu. Proses untuk melakukan pewarisan sifat dalam pemuliaan hewan adalah sangat penting. Hal ini dapat mengembangkan dan menghasilkan hewan ternak yang mempunyai kualitas tinggi. Sebagai contoh pewarisan sifat dalam pemuliaan hewan yang sering ditemukan adalah jenis hewan unggas yang mampu menghasilkan telur dengan jumlah yang cukup banyak dan sapi perah yang dapat menghasilkan susu dan daging yang sangat memiliki nilai gizi tinggi.

Adapun teknik ataupun cara yang digunakan untuk pewarisan sifat dalam pemuliaan hewan adalah dengan cara inseminasi buatan. Inseminasi buatan atau yang sering dikenal dengan istilah kawin suntik ini merupakan cara untuk memasukkan sperma yang sudah dicairkan dan melalui beberapa proses penyisihan yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat reproduksi hewan betina. Dengan menggunakan cara atau teknik inseminasi buatan ini dapat menghasilkan keturunan yang lebih banyak dari jenis hewan jantan yang telah terpilih secara unggul jika dibandingkan dengan persilangan yang dilakukan secara alami.

Baca Juga:   Fungsi Tulang & Hubungan Antar Tulang

Adapun contoh lain dari pewarisan sifat dalam pemuliaan hewan adalah pada ayam broiler. Jenis unggas ayam broiler ini dapat diklasifikasikan berdasarkan asal daerahnya, yaitu Inggris, Asia, Mediterania, dan Amerika. Secara umum ayam broiler yang ada di Indonesia merupakan berasal dari negara-negara tersebut. Golongan ayam broiler yang berasal dari Asia meliputi, jenis Brahma yang berasal asli dari negara India. Adapun kelompok ayam broiler yang berasal dari Inggris adalah sejenis Cornish. Ciri-ciri dari kelompok ayam broiler Cornish ini yaitu, bertubuh pendek dan dapat menghasilkan daging yang sangat banyak. Berbeda dengan kelompok ayam broiler yang berasal dari Amerika, yaitu Playmouth Rock. Jenis ayam broiler Playmouth Rock mempunyai ciri-ciri bulu putih keabu-abuan, memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, menghasilkan jumlah telur yang lumayan banyak, dan cita rasa daging yang sangat lezat apabila setelah diolah. Kelompok ayam tersebut merupakan salah satu hasil persilangan antara ayam Black Cochin dengan jenis ayam Dominique.

Sumber :
http://www.mikirbae.com/2016/01/pewarisan-sifat-dalam-pemuliaan.html

 

baca Juga:

 

20 Soal Bahasa Inggris Kelas 7 SMP Semester 2
15 Soal Bahasa Inggris Kelas 8 SMP Semester 1
20 Soal Bahasa Inggris Kelas 5 SD Semester 2 & Kunci Jawaban

No Responses

Leave a Reply