Pidato Visi dan Misi Calon Kepala Sekolah Terbaru

Pidato Visi dan Misi Calon Kepala Sekolah Terbaru – Pidato adalah suatu aktivitas penyampaian ide, pendapat, atau gagasan di depan umum melalui sebuah kegiatan berbicara. Pidato disampaikan dengan menggunakan pola komunikasi satu arah dimana hanya pembicara saja yang berhak menyatakan pendapatnya tanpa adanya tanggapan dari pendengar. Secara teknis pidato berbeda dengan kegiatan berbicara lainnya seperti dikusi, debat, dan seterusnya.

Berikut ini adalah contoh dari pidato yang berisikan tentang penyampaian visi dan misi calon kepala sekolah :

Contoh :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang saya hormati bapak Kepala Yayasan Pendidikan Al-Insan
Yang saya hormati bapak Kepala Sekolah SMA Al-Insan Bandar Lampung
Yang saya hormati bapak Wakil Kepala SMA Al-Insan Bandar Lampung
Yang saya hormati bapak / ibu guru beserta staf tata usaha serta karyawan SMA Al-Insan Bandar Lampung
Dan yang saya banggakan dan sayangi anak-anakku sekalian siswa-siswi SMA Al-Insan Bandar Lampung

Alhamdulillahirabbil alamin, segala puji hanya bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam. Kepada-Nya kita menyembah dan kepada-Nya pula kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW serta keluarga, sahabat, dan umat beliau sampai hari akhir kelak.

Hadirin sekalian, bapak-bapak, ibu-ibu, serta anak-anakku sekalian. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya pada pagi hari ini berkenaan dengan acara serah terima jabatan kepala sekolah yang sesaat lagi akan kita selenggarakan bersama. Terima kasih juga saya sampaikan kepada segenap anggota Yayasan, bapak Kepala Sekolah sebelumnya, wakil Kepala Sekolah, dewan guru, beserta staff sekolah yang dalam hal ini telah bermufakat untuk memilih saya sebagai penerus tampuk kepememimpinan SMA Al-Insan Bandar Lampung.

Baca Juga:   Contoh Pidato Ekstemporan Tentang Lingkungan

Hadirin yang saya hormati,

Berkenaan dengan acara yang secara khusus diselenggarakan pada hari ini, saya merasa sangat tersanjung sekaligus gelisah akan amanah yang akan saya emban pada periode kepemimpinan untuk beberapa tahun mendatang ini. Saya merasa senang dan tersanjung karena acara ini secara khusus diselenggarakan dalam rangka serah terima jabatan serta pelantikan saya sebagai kepala SMA Al-Insan Bandar Lampung. Sedangkan kegelisahan saya bermula pada saat ditetapkannya diri saya oleh yayasan untuk mengemban amanah sebagai kepala sekolah di lembaga yang kita cintai ini. Kegelisahan tersebut tidak lain karena kekhaawatiran diri saya jika tidak bisa melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Mengingat diri saya pribadi hanyalah seorang tenaga pendidik biasa yang masih dalam tahap pembelajaran dalam hal memimpin. Akan tetapi kondisi saat ini mengharuskan saya untuk siap dalam mengemban tampuk kepemimpinan lembaga pendidikan Islam yang kita cintai ini. Karenanya dalam pidato yang singkat ini, saya mencoba menyampaikan uraian tentang visi da misi saya sebagai kepala sekolah SMA Al-Insan untuk periode mendatang.

Baca Juga:   50 Contoh Kalimat Subjek & Pengertiannya

Hadirin yang saya hormati,

Beberapa point serta hal-hal yang akan saya lakukan demi kemajuan lembaga pendidikan Islam ini telah saya tuangkan dalam sebuah visi dan beberapa misi. Visi saya adalah “membangun sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, cerdas, dan berakhlakul karimah demi terwujudnya generasi yang berkualitas dan berdaya saing.” Untuk mendukung visi saya tersebut, saya telah menguraikan beberapa misi diantaranya adalah :

1. Memasivkan kegiatan-kegiatan islami dan mengintegrasikannya dengan kurikulum pendidikan sekolah ;
2. Mengaktifkan dan mendayagunakan sarana-sarana pembelajaran sekolah seperti perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium bahasa, ruang diskusi, dan lain sebagainya ;
3. Secara aktif mengikuti beberapa event perlombaan antar sekolah demi menjalin hubungan silaturahmi antar sekolah menengah di kota Bandar Lampung ;
4. Secara periodik sekolah akan melakukan kunjungan resmi ke berbagai lembaga pemerintah, lembaga swasta, dan beberapa lembaga pendidikan lainnya dalam rangka menjalin hubungan kerja sama yang baik demi kemajuan sekolah ;
5. Meningkatkan kualitas kinerja tenaga pendidik, staf, dan karyawan SMA Al-Insan agar dapat lebih produktif dan berdaya saing ;
6. Memasivkan pembangunan serta renovasi infrastruktur sekolah secara berkala.

Baca Juga:   Contoh Paragraf Deduktif & Definisinya

Hadirin yang saya hormati,

Beberapa penjabaran point tentang misi tersebut insya Allah akan terselenggara dengan baik jika didukung oleh saudara-saudaraku sekalian yang terdiri dari para guru, staff, dan karyawan. Visi dan misi yang saya usung ini juga tidaklah berarti apa-apa tanpa adanya peran dan partisipasi dari anak-anakku siswa-siswi SMA Al-Insan yang sangat saya cintai dan banggakan ini. Karenanya doa dan dukungan kalian semua sangat berarti bagi saya pribadi sebagai kepala Sekolah SMA Al-Insan untuk periode mendatang.

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang sambutan acara serah terima jabatan kepala sekolah serta penyampaian visi dan misi sebagai kepala sekolah periode mendatang. Semoga segala potensi yang saya miliki diantaranya pikiran, tenaga, waktu, dan lainnya sepenuhnya dapat saya berikan untuk amanah yang akan saya emban ini. Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian, jika dalam penyampaian tadi terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati. Kepada Allah saya memohon ampunan atas segala kesalahan dan dosa yang saya perbuat.

Sekian dan terima kasih, akhirul kalam wabiillahitaufik walhidayah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

baca Juga:

Contoh Esai Tentang Korupsi di Indonesia
Pidato Tentang Ulang Tahun Sekolah Terbaru
Contoh Pidato Lamaran Pernikahan Terbaru

No Responses

Leave a Reply