Pola Pengembangan Paragraf & Penjelasannya

Pola Pengembangan Paragraf & Penjelasannya – Pola pengembangan paragraf ialah suatu cara penyampaian ide pokok atau gagasan dari sebuah paragraf yang ingin disampaikan oleh penulis terhadap pembaca. Jika didasarkan pada pola pengembangannya, paragraf dapat diklasifikasikan ke dalam 9 macam. Berikut penjabarannya :

a. Klimaks – Antiklimaks

Klimaks ialah bagian-bagian cerita yang tersusun dari gagasan yang paling bawah menuju gagasan yang paling inti. Klimaks juga bisa diterjemahkan sebagai konflik tertinggi dalam sebuah cerita yang dimulai pada deskripsi cerita yang paling rendah.

Contoh :

Selama 6 tahun sudah Kartoyo menempuh pendidikan S1-nya di jurusan Ekonomi Managemen Universitas Indonesia. Berbagai argumen seputar kajian karya ilmiahnya selalu ditolak oleh dosen pembimbingnya. Ia bertanya-tanya dalam hati, sebenarnya apa yang salah dengan skripsi yang sedang ia susun. Kartoyo tidak menyerah, ia selalu berkonsultasi kepada kakak tingkat dan rekan-rekan mahasiswanya. Berbagai referensi buku telah ia lahap dari berbagai perpustakaan di seluruh Jakarta. setelah ia merevisi skripsinya berdasarkan arahan dosen pembimbing dan saran dari rekannya, akhirya ia mendapat persetujuan untuk sidang akhir pada akhir bulan ini. Kartoyo sangat senang dan tersungkur sujud berterima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa.

b. Antiklimaks

Antiklimaks adalah susunan gagasan cerita yang dimulai pada gagasan yang paling puncak dan selanjutnya diikuti dengan gagasan yang rendah.

Contoh :

Saat ini Pak Rudi telah menjadi pengusaha mie ayam bakso ternama di kota Bandar Lampung. Jika sedikit menengok masa lalu, kehidupan Pak Rudi sangatlah pahit di awal rintisan usahanya. Ia memulai usaha dengan menjual sepeda motor miliknya. Dari hasil menjual sepeda motor ia membeli gerobak, perlengkapan panggangan, dan bahan-bahan mie ayam. Ia berjualan dengan cara berkeliling dan tak jarang juga mangkal. Ia juga pernah menjadi target operasi Satpol PP dan dagangannya pernah di sita. Meski tidak mudah, Pak Rudi tak patah semangat. Kini tak ada yang tidak mengenal Pak Rudi yang tak lain adalah pemilik usaha mie ayam terbesar di Bandar Lampung.

Baca Juga:   Contoh Kalimat Majemuk Rapatan & Penjelasannya

C. Sudut Pandang

Sudut pandang adalah cara melihat keseluruhan isi cerita yang didasarkan pada kedudukan penulis yang terlibat dalam cerita tersebut.

Contoh :

Aku berangkat pagi-pagi sekali dengan mengendarai sepeda motor tua milik ayahku. Meskipun jalan licin dan berlubang aku tetap memacu kendaraan butut ini dengan kencang, karena khawatir aku akan terlambat masuk kerja. Karena melaju dengan kecepatan tinggi pegangan setir motor tua ini sulit dikendalikan sehingga pada saat hendak berbelok, ban sepeda motor tergelincir ke dalam lubang. Aku pun terjatuh dan pegangan setir terlepas. Lalu aku terpelanting dan jatuh dari sepeda motor tua itu.

D. Perbandingan dan Pertentangan

Paragraf perbandingan dan pertentangan ialah paragraf yang melakukan perbandingan mengenai kekurangan atau kelebihan terhadap suatu hal.

Contoh :

Belakangan ini produksi sepeda motor matic lebih tinggi dari pada produksi sepeda motor manual. Hal tersebut dipengaruhi oleh jumlah permintaan konsumen terhadap sepeda motor matic yang lebih tinggi dari pada permintaan terhadap sepeda motor manual. Jika dilakukan perbandingan diantara keduanya, dari sisi operasional penggunaannya dirasa lebih mudah menggunakan sepeda motor matic. Selain itu penggunaan bahan bakarnya juga lebih ekonomis dibandingkan dengan produk sepeda motor lainnya.

E. Analogi

Pola pengembangan analogi adalah pola pengembangan yang menjelaskan sesuatu dengan membandingkan terhadap sesuatu hal lainnya yang dianggap memiliki kemiripan dalam hal bentuk, sifat, ciri, dan lainnya.

Baca Juga:   Pengertian dan 2 Contoh Teks Eksposisi Argumentatif

Contoh :

Dalam mempelajari suatu hal perlu kiranya memperhatikan filosofi meminum air. Meminum air tidak bisa langsung sekaligus 8 gelas dalam sekali minum. Dibutuhkan keberangsuran yang sistematis agar keterbutuhan air dalam tubuh dapat tercukupi dengan baik. Jika kita meminum air untuk mencukupi keterbutuhan dalam sehari dengan menenggak langsung sebanyak 8 gelas, tentu tidak akan baik hasilnya. Begitupun dalam mempelajari sesuatu, tidak bisa sekaligus langsung dipelajari, butuh tahapan-tahapan yang harus diikuti secara teratur dan sistematis dalam menjalankannya.

F. Contoh

Sebuah ide pokok dalam paragraf akan menjadi lebih jelas jika disertai dengan ilustrasi contoh di dalamnya. Contoh dalam penerapannya biasanya menggunakan bentuk narasi dan deskripsi. Perhatikan penggalan paragraf yang memuat contoh berikut :

“bentuk-bentuk bantuan yang bisa disumbangkan kepada korban bencana alam gempa Yogyakarta dapat berupa pakaian, obat-obatan, selimut, bahan makanan pokok, dan lainnya.”

G. Pola Kausalitas

Pola pengembangan paragraf kausalitas berbentuk hubungan sebab-akibat dan sebaliknya.

1. Sebab – Akibat

Contoh :

Boni selalu kebut-kebutan di jalan raya. Nasehat dari orang tuanya tidak didengarkannya. Suatu ketika jalanan licin setelah hujan deras, Boni tetap memacu kendaraannya dengan cepat. Ban sepeda motornya tergelincir dan akhirnya ia terperosok ke dalam selokan.

2. Akibat – Sebab

Bu Risma kini telah menjadi pengusaha sukses di bidang usaha kuliner bakso bakar. Dahulu ia memulai usaha bisnisnya dengan hanya bermodalkan satu buah gerobak dan bahan mentah membuat bakso. Pertama kalinya merintis usaha ini, ia berjualan di pinggir jalan sekitar taman kota. Banyak yang menyukai bakso bakar buatan bu Risma. Akhirnya ia memberanikan diri untuk memproduksi lebih banyak bakso dan mencoba untuk membuka cabang selain di tempat ia biasa berjualan. Berkat kerja keras dab ketekunannya, ia pun berhasil mengembangkan usahanya tersebut.

Baca Juga:   Pidato Tentang Ulang Tahun Sekolah Terbaru

H. Pola Pengembangan Generalisasi

Generalisasi adalah pola pengembangan yang menyimpulkan suatu masalah secara umum pada bagian akhir kalimat setelah disajikan kalimat-kalimat penjelas sebelumnya.

Contoh :

Pak Hartono dan Bu Tini memiliki empat orang anak. Dua anak laki-laki dan dua anak perempuan. Semua anak Pak Hartono terbilang sukses dalam hal akademik di tempat mereka belajar. Anak pertamanya mendapatkan beasiswa S2 di Sorbone University, anak keduanya berkuliah tanpa biaya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, anak ketiganya juara umum olimpiade Fisika nasional, dan anak bungsunya berprestasi sebagai atlet tenis meja. Keberhasilan anak-anak tersebut bisa dikatakan sebagai kesuksesan Pak Hartono dan Bu Tini dalam mengarahkan anak-anaknya untuk bisa berprestasi.

I. Klasifikasi

Klasifikasi merupakan upaya penggolongan terhadap beberapa hal yang memiliki kesamaan sifat, ciri, dan karakteristik ke dalam satu segmentasi. Perhatikan contoh penggalan paragraf berikut :

“Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.”

J. Definisi Luas

Pengembangan paragraf ini berisi uraian terhadap suatu ide atau gagasan yang masih bersifat abstrak sehingga membutuhkan penjelasan definitif di dalamnya. Perhatikan kalimat penggalan paragraf berikut :

“manusia juga disebut sebagai Zoon Politicon, yang berarti bahwa makhluk yang tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya andil dari makhluk hidup lainnya.”

Baca Juga:

  1. Pola Pengembangan Paragraf & Penjelasannya
  2. 5 Contoh Paragraf Akibat Sebab & Pengertiannya
  3. 45 Contoh Kalimat Definisi & Pengertiannya

No Responses

Leave a Reply