Tulang-Tulang Penyusun Kerangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya

Tulang-Tulang Penyusun Kerangka Tubuh Manusia dan Penjelasannya – Tulang adalah suatu sistem gerak yang terdapat di dalam tubuh manusia dan dapat memberikan bentuk tubuh serta melindungi organ-organ yang terdapat didalamnya. Adapun tulang-tulang penyusun kerangka tubuh manusia adalah sebagai berikut :

1. Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak pada kedudukannya akan membentuk suatu rongga dan memiliki bentuk yang pipih. Secara umum tulang tengkorak berfungsi untuk melindungi komponen otak yang terdapat di dalam rongga tersebut. Adapun sususan tulang tengkorak ini meliputi beberapa jenis tulang, yaitu :

a. Tulang Tempurung Kepala

Tulang tempurung kepala (Kranium) merupakan salah satu tulang yang berada di bagian kepala atau biasanya disebut dengan istilah tulang tengkorak. Karakteristik tulang tempurung kepala tersusun atas beberapa jenis tulang yang saling berhubungan akan tetapi tidak dapat digerakkan karena tidak terdapat suatu engsel. Pada pertumbuhan usia bayi tulang ubun-ubun yang terdiri dari dua buah belum tertutupi secara sempurna. Dengan demikian seiring bertambahnya usia tulang ubun-ubun akan tertutupi. Peran utama tulang tempurung kepala ini melindungi organ otak yang sangat vital pada manusia. Adapun struktur dari tulang ini tersusun atas beberapa bagian tulang diantaranya, tulang ubun-ubun, tulang kepala belakang, tulang baji, tulang dahi, tulang tapis, dan tulang pelipis.

b. Tulang Wajah

Tulang wajah merupakan bagian dari tulang tengkorak yang berfungsi untuk membentuk wajah manusia. Secara keseluruhan bagian tulang saling menyatu sehingga tidak dapat digerakkan, kecuali pada tulang rahang bawah yang dapat mengalami gerak. Tulang wajah tersusun dari beberapa tulang yaitu, tulang mata, tulang pipi, tlang hidung, tulang rahang atas, tulang rahang bawah, tulang langit-langit, dan tulang pangkal lidah

Baca Juga:   Pengertian dan 30 Contoh Majas Eufimisme

2. Tulang Badan

Pada manusia tulang badan terdiri dari 5 kelompok jenis tulang yakni, tulang belakang (punggung), tulang dada, tulang rusuk, tulang bahu, dan tulang panggul. Dari keseluruhan kelompok tulang badan tersebut terdapat jenis tulang dada dan tulang tulang rusuk yang saling berhubungan sehingga terbentuklah suatu rongga dan didalamnya terdapat beberapa organ tubuh manusia yang dilindunginya. Adapun organ yang terdapat di dalam rongga dada ialah paru-paru dan jantung serta organ yang berada di dalam perut seperti usus halus, usus besar, ginjal, dan sebagainya.

a. Tulang belakang

Struktur tulang belakang tersusun dari 33 ruas tulang pendek yang membentuknya. Kemudian, ruas tersebut saling berhubungan dengan suatu saluran yang terdapat di tengah dan berfungsi untuk melindungi keutuhan bagian sumsum tulang belakang yang terletak disepanjang tulang belakang. Susunan antar ruas-ruas tulang dapat membentuk suatu sumbu yang tumbuh dan terlihat melengkung jika diamati dari sisi samping kanan dan kiri. Adapun jumlah ruas tulang belakang mencapai 33 ruas dan terbagi dalam lima bagian jenis tulang, yakni :

Baca Juga:   Pidato Tentang Ulang Tahun Sekolah Terbaru

– Tulang leher, struktur yang paling atas secara umum disebut dengan istilah tulang atlas dan bagian yang berada dibawahnya merupakan jenis tulang pemutar.
– Tulang punggung, tulang ini merupakan tempat melekatnya tulang rusuk pada makhluk hidup
– Tulang pinggang, tulang pinggang berperan untuk memberikan bentuk tubuh manusia yang kokoh
– Tulang kelangkang (kemudi), tulang kelangka pada manusia dewasa berjumlah 5 ruas dan 4 ruas tulang ekor hingga membentuk bagian yang menyatu
– Tulang ekor, berfungsi untuk membantu ketika seseorang sedang duduk dengan memberikan topangan tulang terhadap benda yang ditumpanginya

b. Tulang Dada

Tulang dada memiliki ukuran panjang sekitar 15 cm dan berbentuk pipih. Tulang dada berfungsi untuk melekatkan tulang rusuk yang berada di depan. Tulang dada terdiri atas beberapa bagian, diantaranya :

– Bagian hulu, yaitu salah satu jenis tulang dada yang merupakan tempat tulang selangka melekat
– Bagian badan, pada struktur ini merupakan tempat melekatnya 7 pasang tulang rusuk
– Bagian taju pedang, memiliki struktur yang pipih dan pada bagian ujung mempunyai bentuk seperti mata pedang

c. Tulang rusuk

Jumlah tulang rusuk pada manusia yaitu 12 pasang dan terdiri atas tiga jenis tulang sebagai berikut :

– Tulang rusuk sejati, yaitu berjumlah 7 pasang yang terletak pada tulang dada bagian badan dan tulang punggung
– Tulang rusuk palsu, yaitu berjumlah 3 pasang dimana pada bagian belakangnya menyatu dengan tulang punggung serta untuk bagian depan menyatu dengan tulang rusuk sejati yang berada diatasnya.
– Tulang rusuk melayang, yaitu berjumlah 2 pasang dimana untuk bagian belakang menyatu dengan tulang punggung dan bagian depan melayang tidak menyatu terhadap jenis tulang apapun

Baca Juga:   Tumbuhan Berpembuluh – Pengertian Dan Pembagian Divisi

d. Tulang Bahu

Tulang bahu pada manusia tersusun dari beberapa jenis tulang yaitu tulang belikat dan tulang selangka. Tulang bahu terletak di sebelah kanan dan kiri tubuh atas dan berada di atas tulang dada. Kemudian, untuk tulang selangka pada masing-masing kelompok tulang bahu saling menghubungkan antar tulang gelang bahu bagian kanan dan kiri dengan tulang dada. Terdapat tulang belikat yang memiliki bentuk seperti segitiga pipih dan menghubungkan antar gelang bahu terhadap tulang rusuk. Karakteristik tulang belikat memiliki suatu tonjolan yang sering di sebut dengan istilah paruh gagak.

e. Tulang Gelang Panggul

Tulang gelang panggul terdiri dari tiga jenis tulang yang tergabung menjadi satu dan memiliki fungsi tertentu. Adapun jenis tulang yang dikelompokkan dalam tulang gelang panggul yaitu, tulang illium atau tulang usus yang disatukan oleh jaringan sendi dengan tulang kelangka. Tulang pubis atau tulang kemaluan dan tulang iskium atau tulang duduk.

Sumber :

Tulang Penyusun Rangka Manusia Terlengkap

Leave a Reply