Unsur & Syarat Paragraf yang Baik

Unsur & Syarat Paragraf yang Baik – Paragraf adalah kesatuan dari beberapa kalimat padu yang mengusung gagasan atau ide pokok yang diutarakan oleh kalimat-kalimat tersebut. Paragraf terdiri atas kalimat-kalimat penjelas dan kalimat utama yang di dalamnya memuat gagasan pokok paragraf. Paragraf yang baik harus memenuhi beberapa syarat yang bersifat konvensional. Syarat-syarat paragraf tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kelengkapan Unsur Paragraf

Paragraf yang baik harus memenuhi unsur-unsur kelengkapan pembentuk paragraf diantaranya ialah :

a. Gagasan utama / ide pokok

Gagasan utama atau ide pokok adalah inti dari masalah yang ingin diutarakan oleh penulis wacana atau paragraf terhadap pembaca.

b. Kalimat Utama

Kalimat utama ialah deretan kata yang di dalamnya memuat gagasan utama atau ide pokok paragraf.

c. Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang berisikan uraian, rincian, fakta, dan lainnya yang berfungsi sebagai peryataan yang mendukung serta menguatkan gagasan utama atau ide pokok paragraf.

2. Kesatuan

Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki kesatuan yang utuh antara kalimat utama (gagasan utama) dengan kalimat penjelas (gagasan penjelas). Gagasan utama pada kalimat utama hasruslah memiliki kesatuan dengan gagasan penjelas dan memiliki keterhubungan yang utuh terhadap keduanya. Jika terdapat satu saja kalimat yang tidak mendukung gagasan utama (kalimat sumbang), maka paragraf tersebut belum memenuhi syarat kesatuan sebagai paragraf yang baik.

3. Kepaduan

Paragraf yang baik haruslah terdapat keterkaitan yang selaras dan berimbang antar kalimat-kalimat di dalam paragraf. Diantara kalimat-kalimat dalam paragraf juga harus memiliki keterpaduan yang saling mendukung sehingga kalimat-kalimat tersebut dapat terangkai secara sistematis dalam menyampaikan suatu gagasan.

Baca Juga:   Definisi Noun Clause & Penjelasan Lengkap

Perhatikan Contoh Paragraf berikut :

Contoh 1 :

1)Persoalan kenakalan remaja yang kini telah menjadi duri dalam daging bagi pendidikan Indonesia. 2) Problematika ini haruslah ditangani secara serius dan berkelanjutan. 3) Mengingat hal semacam ini akan merusak masa depan bangsa dan negara. 4) Kenakalan remaja yang marak di kalangan para pelajar pada umumnya adalah seks bebas, narkoba, premanisme, dan tawuran antar pelajar. 5) Aparat kepolisian sejauh ini telah mengamankan para pelajar yang telah terlibat tauran. 6) Diantara yang terlibat dalam tauran tersebut kedapatan membawa senjata tajam dan beberapa jenis narkoba. 7) Adapula pelajar yang diduga menjadi pengedar narkoba. 8) Hal semacam ini tentu harus menjadi fokus perhatian khusus bagi para orang tua, pendidik, dan juga pemerintah. 9) Berbagai upaya pemecahan masalah berupa konsepsi dan tindakan nyata harus segera dicanangkan untuk menyelamatkan generasi muda khususnya para pelajar. 10) Pendidikan karakter dan agama sudah menjadi konsepsi yang baik, hanya saja diperlukan kebijakan yang efektif untuk menjalankan kedua konsep tersebut.

Penjelasan :

Paragraf di atas merupakan contoh dari paragraf yang tidak memenuhi syarat paragraf yang baik. Paragraf tersebut memuat kalimat yang menyimpang (sumbang) dari fokus gagasan utama pada pargraf di atas yang menyoroti tentang problematika kenakalan remaja di Indonesia. Kalimat-kalimat sumbang tersebut terdapat pada kalimat nomor 5, 6, 7. Kalimat-kalimat tersebut membawa gagasan lain diluar gagasan utama di awal paragraf yakni membahas mengenai aparat kepolisian yang telah menangkap sejumlah pelajar yang terlibat tauran dan narkoba. Meskipun masih terdapat keterkaitan pada paragraf utama, namun kalimat-kalimat tersebut bukan berfokus pada gagasan inti paragraf. Paragraf di atas tidak memiliki kepaduan dan juga kesatuan sebagai syarat paragraf yang baik.

Baca Juga:   Syarat & 3 Contoh Paragraf yang Baik dan Benar

Contoh 2 :

Penggunaan gas elpigi dirasa lebih efektif dan ekonomis dibandingkan dengan kompor berbahan bakar minyak tanah. Dahulu penggunaan kompor gas dengan tabung gas elpigi untuk keperluan memasak masih tergolong sangat sedikit sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat Indonesia menggunakan kompor dengan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Padahal pemakaian kompor gas jauh lebih mudah, praktis, efektif ketimbang memakai kompor minyak. Selain itu menggunakan gas elpigi juga terhitung lebih hemat dibandingan dengan menggunakan minyak tanah.

Penjelasan:

Paragraf di atas adalah contoh paragraf yang tidak memenuhi syarat paragraf yang baik. Pada paragraf tersebut banyak diantara kalimat-kalimatnya yang tidak menggunakan kata hubung (konjungsi) dalam rinciannya. Selain itu fakta yang disajikan kurang otentik dengan tidak adanya data-data sebagai bukti terhadap pernyataannya. Pada kalimat penjelas juga tidak mendukung secara penuh terhadap gagasan yang ingin disampaikan oleh penulis. Ada pula beberapa kalimat yang terdapat pemborosan kata di dalamnya.

Contoh 3 :

Kerusakan infrasruktur khususnya akses jalan raya pada suatu daerah akan berimbas pada melambatnya pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Dampak yang dirasakan oleh kerusakan infrastuktur jalan tentu tak hanya dirasakan oleh para penggunanya saja. Lebih dari itu segala macam aktivitas perekonomian di daerah yang dihubungkan melalui akses jalan tersebut pun akan terganggu. Secara tidak langsung laju pertumbuhan ekonomi daerah di ujung jalan rusak tersebut akan terhambat. Di sisi lain pertumbuhan ekonomi secara makro berskala nasional juga akan dirasakan dampaknya secara signifikan. Kerusakan pada akses jalan tentu akan menghambat proses distribusi yang mengakibatkan kelangkaan barang dan mahalnya biaya distribusi. Kelangkaan barang berdampak pada tingginya permintaan dan tentu saja berujung pada naiknya harga barang tersebut. Begitu pula dengan biaya distribusi yang naik, tentu berakibat pula pada tingginya harga pada barang tersebut. Pada sektor lain diluar bidang perdagangan yang sangat bergantung pada akses jalan juga tentu merasakan dampak kerugian yang cukup besar pula. Hal tersebut jika dibiarkan secara terus menerus akan mengganggu stabilitas perekonomian bangsa.

Baca Juga:   40 Contoh Pantun Cinta Kasih Sayang

Penjelasan :

Wacana di atas adalah contoh paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kesatuan, dan memenuhi unsur-unsur paragraf. Pada paragraf tidak terdapat kalimat sumbang di dalamnya, aspek kesatuan juga terpenuhi dengan adanya kalimat penjelas dan kalimat utama yang padu, serta memenuhi unsur paragraf seperti gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/05/syarat-syarat-paragraf-yang-baik-dan-contohnya.html

Baca Juga:

Definisi & 4 Contoh Paragraf Klasifikasi
Pengertian & 4 Contoh Paragraf Pertentangan
32 Contoh Pantun Nasehat Belajar

No Responses

Leave a Reply