Contoh Pidato Cinta Tanah Air Indonesia

Contoh Pidato Cinta Tanah Air Indonesia – Pidato adalah suatu aktivitas berbicara yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan, ide, atau pendapat tertentu di depan masyarakat umum. Pidato disampaikan dengan pola komunikasi satu arah yang berarti hanya pembicaranya sajalah yang berhak untuk berbicara. Sedangkan pendengar, hanya boleh menyimak apa yang disampaikan oleh pembicara tanpa adanya tanggapan atau interaksi komunikasi dalam bentuk apapun. Berikut ini adalah contoh dari pidato yang bertemakan tentang cinta tanah air :

Contoh :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua
Yang saya hormati bapak Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung
Yang saya hormati bapak Pembantu Dekan 3 bagian Kemahasiswaan Fakultas Eskonomi dan Bisnis Universitas Lampung
Yang saya hormati bapak / ibu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung
Dan rekan-rekan mahasiswa sekalian yang saya banggakan

Puji dan syukur senantiasa kita haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita anugerah kehidupan dan berbagai kenikmatan yang tak terhingga. Sehingga kita semua dapat melakukan aktivitas dan berbagai hal termasuk belajar di almamater tercita yakni Universitas Lampung.

Sholawat dan salam tak jua lupa kita sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW, manusia yang paling mulia di sisi Tuhan, manusia panutan, dan manusia yang paling membawa pengaruh besar bagi dunia sepanjang sejarah umat manusia. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan umatnya yang istiqamah dalam menjalankan apa yang beliau contohkan.

Baca Juga:   Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup Terbaru

Pertama kalinya ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya saya ucapkan kepada bapak dekan, pembantu dekan 3, bapak / ibu dosen, beserta rekan-rekan mahasiswa sekalian yang telah turut andil demi terselenggaranya kegiatan yang begitu luar biasa ini. Secara khusus saya ingin menguraikan rasa terima kasih yang dalam ini kepada pihak-pihak tersebut. Saya selaku ketua BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah menginisiasikan agenda seminar cinta tanah air ini. Terima kasih juga saya sampaikan atas kesediaan bapak dekan dan pembantu dekan 3 yang telah turut serta memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini.

Hadirin yang berbahagia

Cinta tanah air adalah sebuah nilai moral bangsa yang terwujud dari dalam unsur nasionalisme. Sebuah rasa cinta yang teramat dalam akan pribadi seseorang terhadap tanah kelahiran, bangsa, dan negaranya. Seyogyanya rasa cinta ini ada di setiap jiwa dan sanubari tiap-tiap anak bangsa. Akan tetapi kondisi anak bangsa dewasa ini sangatlah jauh dari nilai-nilai nasionalisme. Hal tersebut dapat terlihat dari sikap dan tingkah laku mereka yang bangga akan adat serta kebiasaan bangsa lain. Bangga berbahasa asing tanpa memperdulikan asal usul bahasa ibunya yakni bahasa nasionalisme dan bahasa daerahnya. Bangga akan budaya asing tanpa peduli budaya aslinya yang telah lama mati dalam diri mereka. Mereka yang telah lama tinggal di luar negeri yang masih menyandang status warga negara Indonesia pun banyak yang dengan malu-malu mengakui bahwa mereka adalah orang Indonesia. Perlahan ideologi kebangsaan mulai luntur seiring dengan derasnya serbuan budaya asing, persaingan pasar bebas, dan bermainnya cukong-cukong asing di negeri kita tercinta Indonesia.

Baca Juga:   12 Contoh Puisi Pahlawan 3 Bait 4 Baris

Hadirin yang saya hormati,

Menanam rasa cinta terhadap tanah air adalah suatu perkara yang mudah. Akan tetapi menjaganya, merawatnya, dan mempertahankan rasa cinta itu lah yang begitu sulit untuk dilakukan. Terlebih bagi kita semua yang hidup di zaman ini. Zaman kapitalis yang hanya mementingkan soal kepentingan pribadi dan golongan. Zaman dimana para pemimpin bangsa yang berbondong-bondong menjual dirinya dan bangsanya demi kepentingan asing. Zaman dimana para pemimpin justru memfasilitasi bangsa asing untuk bekerja, hidup, dan mencari makan di negeri kita. Padahal sejatinya bangsa kita sendiri adalah bangsa yang memiliki jumlah pengangguran yang demikian tinggi. Lalu kenapa lahan pekerjaan itu mereka serahkan kepada bangsa asing? Sungguh tak patutlah apa yang para pemimpin itu lakukan terhadap rakyatnya. Apakah itu yang disebut cerminan cinta pada negara? Apakah itu yang disebut sebagai cerminan cinta terhadap tanah air?

Hadirin yang berbahagia,

Kecintaan terhadap tanah air dan bangsa harus tertanam dalam pribadi kita masing-masing sebagai anak bangsa. Kita dapat memupuk rasa cinta tersebut dengan cara-cara sederhana. Misalnya saja dengan bangga menggunakan produk-poduk dalam negeri terlebih lagi produk tradisonal yang lebih menunjukkan identitas bangsa sendiri. Selanjutnya dalam hal berbahasa, pergunakanlah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan antar etnis di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kalau perlu ajak bangsa asing yang ada di Indonesia untuk ikut berbahasa Indonesia seperti kita. Selain itu jangan pernah malu untuk menggunakan bahasa daerah sebagai salah satu kearifan lokal bangsa kita. Namun bukan berarti kita tidak perlu untuk memperlajari bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, Perancis, dan lainnya. Dalam beberapa hal bahasa asing sangatlah dibutuhkan, namun jangan sampai melupakan identitas kita sebagai orang Indonesia.

Baca Juga:   Contoh Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Terbaru

Memupuk rasa cinta terhadap tanah air juga dapat dilakukan dengan cara mempelajari sejarah. Mempelajari sejarah tentang pahlawan bangsa ataupun sejarah tentang awal berdirinya bangsa Indonesia sedikit banyak akan memupuk rasa nasionalisme dan cinta terhadap tanah air. Terdapat banyak cara untuk tetap mempertahankan identitas kita sebagai anak bangsa yang senantiasa cinta terhadap tanah air dan negara. Tinggal bagaimana kemauan dan kemantapan hati kita untuk mempertahankan rasa cinta tersebut.

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan, semoga ini semua dapat menjadi bahan renungan kita bersama. Cukup sekian, kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun.

Wabillahitaufik Walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sumber :
http://www.pidatu.com/2014/05/contoh-pidato-cinta-tanah-air.html

Contoh Pidato Tentang Globalisasi dalam Bahasa Indonesia Terbaru
4 Contoh Pengumuman Kerja Bakti di Sekolah
Pidato Wali Kelas Saat Pembagian Raport

No Responses

Leave a Reply