2 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial – Teks eksplanasi adalah teks yang membahas tentang sebuah fenomena yang terjadi disekitar kehidupan manusia. Fenomena yang dibahas dalam teks eksplanasi bisa berupa fenomena alam, sosial, pendidikan, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Tujuan penulisan teks eksplanasi adalah agar pembaca mengerti dan memahami berkenaan dengan fenomena yang tengah terjadi yang sedang dibahas dalam teks. Berikut contoh teks eskplanasi tentang fenomena sosial :

Contoh 1 :

Meninjau Problematika Kemiskinan di Sekitar Kehidupan Manusia

Kemiskinan adalah segmentasi tingkat pendapatan terendah dari warga masyarakat dalam sebuah entitas negara. Dalam tinjauan ekonomi, kemiskinan dapat diartikan sebagai sebuah ketidakberdayaan dalam memenuhi keterbutuhan hajat hidup secara layak. Masalah sosial ini merupakan akar dari semua masalah sosial yang ada di masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan maraknya tindak kriminalitas yang dipicu oleh masalah ekonomi. Jika perut terasa lapar, maka otak akan sulit untuk berpikir jernis dan logis. Desakan kebutuhan perut kian menjadi sehingga membuat orang memilih untuk melakukan tindakan kriminal demi memenuhi hajat hidupnya. Karenanya kemiskinan adalah suatu problematika yang tidak bisa dianggap remeh temeh apalagi tidak penting.

Kemiskinan adalah fenomena sosial yang penyebabnya sangatlah kompleks dan beragam. Faktor utama penyebab kemiskinan adalah kebodohan. Minimnya pengetahuan dan kesadaran akan pendidikan membuat manusia tak mampu bersaing dan tidak cukup memiliki bekal untuk bertahan hidup. Terlebih lagi jika tidak adanya keterampilan khusus yang dapat menjadi tumpuan demi memenuhi keterbutuhan hidup sehari-hari. Faktor lainnya adalah karena masalah politik, ketiadaan sumber daya, perang, dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Contoh Resensi Film Indonesia Terbaru

Pemerintah telah mengupayakan banyak hal untuk dapat meminimalisasikan angka kemiskinan di negeri ini. Misalnya saja dengan meggiatkan program kewirausahaan, membuka lapangan pekerjaan, memberikan penyuluhan keterampilan, beasiswa pendidikan gratis, dan lain sebagainya. Upaya-upaya tersebut merupakan langkah nyata yang dapat dilakukan dalam rangka pengentasan kemiskinan. Meskipun terdapat ungkapan pesemistis yang menyatakan bahwa program pengentasan kemiskinan adalah program yang paling muskil untuk dilakukan. Karena kemiskinan dan orang-orang miskin akan selalu ada dimanapun dan di zaman apapun. Namun setidaknya upaya meminimalisasikan serta menekan angka kemiskinan harus tetap dilakukan demi sejahteranya rakyat pada sebuah negara.

Hal tersebut tentu harus didukung pula oleh perilaku dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pengentasan kemiskinan. Misalnya saja dengan tidak bermalas-malasan dalam bekerja, meningkatkan kualitas hasil kerja dalam profesi yang digeluti, tidak mudah menyerah, selalu ingin belajar, dan lain sebagainya. Dalam hal pemenuhan keterbutuhan sehari-hari masyarakat juga tidak perlu menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Pengeluaran sebaiknya hanya dilakukan untuk hal-hal yang sifatnya primer dan mendesak saja. Dengan kata lain, bijak dalam mengelola keuangan adalah kunci sejahteranya kehidupan.

Baca Juga:   Kumpulan Contoh Puisi Pendek Anak SD

Bagi para orang tua dan praktisi pendidikan hendaknya tidak berhenti untuk terus menanamkan pentingnya pendidikan kepada para generasi muda. Mengingat bahwa pendidikan adalah salah satu upaya yang cukup esensial dalam pengentasan kemiskinan. Orang yang berpendidikan lebih berpeluang untuk hidup layak dan sejahtera dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan. Selain itu diperlukan juga adanya pembekalan keterampilan khusus agar manusia bisa lebih produktif dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Contoh 2 :

Dampak Sosial yang Ditimbulkan Oleh Imigran Gelap di Indonesia

Belakangan ini sedang marak-maraknya warga negara asing yang berdatangan ke Indonesia. Sebenarnya tidak menjadi persoalan jika warga negara asing yang datang ke negeri ini telah memenuhi prosedur yang telah ditetapkan secara legal. Masalahnya adalah mereka berdatangan ke Indonesia tanpa memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku. Serbuan warga negara asing ilegal ke Indonesia ini tentu melanggar aturan dan ketentuan Undang-undang. Motif kedatangan mereka kebanyakan adalah untuk mencari penghidupan yang lebih baik di Indonesia.

Kedatangan imigran gelap ke dalam negeri tentu akan menimbulkan dampak tertentu baik secara sosial, budaya, dan perekonomian. Misalnya saja kultur dan budaya baru yang dibawa oleh imigran ke Indonesia. Budaya tersebut bisa saja memiliki kesesuaian terhadap budaya bangsa, atau malah sebaliknya. Potensi timbulnya konflik sosial juga akan semakin tinggi dengan kedatangan warga asing di sekitar kehidupan masyarakat. Konflik tersebut dapat ditimbulkan dari berbagai macam perbedaan latar belakang, budaya, agama, ras, dan lain sebagainya. Belum lagi dampak ekonomi yang ditimbulkannya. Mengingat warga masyarakat pribumi tengah dilanda masalah perekonomian yang rumit seperti masalah pengangguran dan lain sebagainya. Kedatangan imigran gelap tentu secara langsung dan bertahap akan menambah jumlah angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Keadaan semakin memburuk dengan adanya campur tangan dari oknum pemerintah yang memfasilitasi kedatangan mereka ke Indonesia.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Teks Eksplanasi dan Contohnya

Jika mengacu pada hukum internasional terkait dengan imigran ilegal, mereka tetap memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan baik dari otoritas negara yang didatanginya. Meskipun begitu, sanksi tegas tentu harus diberlakukan misalnya dengan peringatan sampai pemulangan ke negara asalnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemahaman terhadap kepastian hukum internasional bagi para imigran gelap agar mereka mendapatkan perlakuan yang layak. Namun pada kenyataannya, banyak negara-negara yang menerapkan hukum yang berlaku di negaranya terhadap imigran gelap yang tertangkap. Lagi-lagi tindakan tegas harus diterapkan dalam mengantisipasi serta menanggulangi para imigran gelap ini tanpa mengurangi hak-hak dasar mereka sebagai manusia.

Sumber :
http://www.kompasiana.com/febbyfadillah/dampak-imigran-gelap-di-indonesia_584eb1e33e23bd601a0ba81b
http://www.yuksinau.com/2016/10/contoh-teks-eksplanasi-sosial-beserta-strukturnya.html

 

Baca Juga:

 

Contoh Teks Esposisi Bahasa Jawa Terbaru
Definisi, Contoh Teks Eksposisi, Ciri-Ciri dan Strukturnya
Perbedaan Teks Eksposisi dan Eksplanasi Lengkap

One Response

  1. nurul March 18, 2017

Leave a Reply