Contoh Teks Diskusi tentang Narkoba (Terbaru)

Contoh Teks Diskusi tentang Narkoba (Terbaru) – Teks diskusi adalah teks yang di dalamnya berisikan sajian tentang perbedaan pendapat terhadap suatu peristiwa, fenomena, atau kejadian tertentu yang ada di lingkungan masyarakat. Teks diskusi sejatinya adalah sebuah bentuk lain dari diskusi pro dan kontra yang disajikan dalam format teks.

Berikut ini adalah contoh teks diskusi tentang narkoba :

Contoh :

Pro Kontra Hukuman Mati Bagi Pelaku Kejahatan Narkoba

Indonesia saat ini sedang mengalami kondisi darurat narkoba. Narkoba tak lagi menjadi barang haram yang sulit untuk ditemukan. Kini pengedar barang haram ini telah merambah hingga ke pelosok kampung, sekolah-sekolah, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya. Berbagai segmentasi lingkungan sosial pun dengan mudahnya terjamah oleh peredaran narkoba seperti misalnya para pelaku seni (artis), para pejabat eksekutif, anggota legislatif, hingga ke komunitas jalanan seperti gang motor dan anak-anak punk. Bahkan belakangan ini tersebar sebuah berita tentang seorang tokoh spiritual yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Tokoh spiritual tersebut memiliki banyak binaan di sebuah padepokan miliknya. Kepada para binaannya tersebut, justru dirinya mengajarkan untuk mengonsumsi salah satu jenis narkoba sebagai ritual peribadatan. Tentu hal ini sangatlah miris untuk diketahui oleh publik sebagai sebuah fakta yang terjadi pada hari ini.

Salah satu upaya meminimalisasikan atau menekan suatu tindak kejahatan apapun, tak terkecuali dalam ranah peredaran narkoba secara umum adalah dengan menerapkan hukuman yang sesuai agar menimbulkan efek jera terhadap pelakunya. Beberapa tahun terakhir beredar wacana tentang pemberlakuan hukuman mati bagi para bandar narkoba kelas internasional. Sontak hal tersebut menimbulkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Kontroversi terhadap hal ini mengerucut semakin tajam ketika Pemerintah republik Indonesia mewacanakan penerapan hukuman mati bagi warga negara asing yang berperan aktif dalam kejahatan tersebut. Lantas apakah hukuman mati yang ditetapkan itu cukup berimbang dengan kejahatan yang dilakukannya? Sudahkah dilakukan kajian secara mendalam mengenai hukuman tersebut? Hendaknya segala ketetapan tentang hukuman harus disesuaikan dengan pertimbangan keadilan, kemanusiaan, dan berdasarkan pada konstitusi yang berlaku.

Baca Juga:   2 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

Wacana penerapan hukuman mati bagi terpidana narkoba sesungguhnya bukanlah barang baru. Perdebatan demi perdebatan seolah menjadi suara sumbang yang berkicau tiada henti. Masing-masing pihak yang pro ataupun kontra terhadap penerapan hukuman mati terhadap penjahat narkoba memiliki alasan serta pertimbangan yang kuat.

Beberapa pihak yang kontra atau menentang adanya penetapan hukuman mati terhadap terpidana narkoba mendasarkan argumennya pada beberapa dasar. Dasar pertama adalah asumsi bahwa hukuman mati adalah ketetapan hukum yang mewujudkan sikap penistaan terhadap hak asasi dan martabat manusia. Berdasarkan argumen ini, banyak negara-negara di dunia menghapus ketentuan hukum yang semula memberlakukan hukuman mati. Kelompok kontra juga secara lantang membantah anggapan bahwa penetapan hukuman mati secara signifikan akan menekan angka perkembangan bisnis narkoba di dunia. Selain itu belum ada bukti konkret secara ilmiah mengenai hal tersebut membuat kelompok ini semakin meragukan pendapat yang dilontarkan oleh kelompok pendukung kebijakan.

Sedangkan kelompok yang pro terhadap kebijakan penerapan hukuman mati terhadap terpidana narkoba juga turut mendasarkan argumennya pada dasar yang sama kuatnya. Mereka beranggapan bahwa hukuman mati akan membawa efek pencegahan terhadap banyak orang yang akan terjerumus dalam bisnis haram ini. Seseorang akan tersadar untuk tidak melakukan sebuah tindakan jika efek dan resiko buruk akan menimpanya. Hal ini yang diharapkan oleh kelompok yang pro terhadap kebijakan hukuman mati. Jika ada beberapa gembong narkoba yang dihukum mati, maka efek yang akan dirasakan secara lebih luas akan berdampak pada orang-orang yang hendak terjun ke dalam pusara bisnis barang haram ini.

Baca Juga:   Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan Indonesia

Bantahan keras juga dilontarkan oleh kelompok pro penerapan hukuman mati terhadap pernyataan adanya pelanggaran HAM. Justru sebaliknya, dengan diterapkannya hukuman mati terhadap para penjahat narkoba, justru secara signifikan akan mengurangi jumlah angka kematian manusia yang disebabkan oleh narkoba.

Dari beberapa argumen kuat yang dilontarkan oleh kelompok pro dan kontra, maka dapat diambil sebuah kebijakan sintesis serta jalan tengah diantara keduanya pendapat tersebut. mari kita sesuaikan denga kondisi darurat narkoba yang terjadi di Indonesia. Dalam kondisi seperti sekarang ini, ketika narkoba telah memasuki ke segala segmentasi ranah sosial kehidupan masyarakat, tentu diperlukan upaya keras untuk melawan itu semua.

Melihat kondisi saat ini rasa-rasanya hukuman mati sangat tepat untuk diterapkan kepada gembong narkoba. Pertimbangannya adalah atas dasar peri kemanusiaan terhadap para korban meninggal akibat narkoba. Hukuman ini dapat menjadi peringatan keras bagi para pegiat bisnis haram yang lainnya agar menghentikan perbuatannya tersebut. selanjutnya kita perlu melihat efek yang ditimbulkan dari pemberlakuan kebijakan ini. Jika dirasa negara kita telah mampu merubah status darurat menjadi aman, maka hukuman mati terhadap pelaku kejahatan ini perlu dilakukan peninjauan ulang. Hukuman mati hanyalah sebagai senjata pamungkas untuk meminimalisasikan jumlah korban serta dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkoba. Ke depannya, negara ini perlu untuk merumuskan formula khusus dalam rangka mengobarkan semangat perang melawan narkoba baik dalam hal pencegahan ataupun penanggulangannya.

Baca Juga:   Contoh Naskah Drama Persahabatan Sekolah

Sumber :

Pro Kontra Hukuman Mati (Bagi Pelaku Kejahatan Narkoba)

Baca Juga:

Contoh Pidato Tentang Ulang Tahun (Terbaru)
Contoh Pidato Tentang Ibu yang Menyentuh Hati
Contoh Pidato Agama Islam Tentang Akhlak (Terbaru)

No Responses

Leave a Reply