no comments

Pengertian Alenia, Unsur, Struktur, Syarat, dan Contohnya

Pengertian Alenia, Unsur, Struktur, Syarat, dan Contohnya – Alenia atau paragraf merupakan bagian dari suatu wacana yang terdiri atas kumpulan beberapa kalimat yang mengusung satu buah ide pokok atau gagasan utama. Gagasan utama atau ide pokok dalam sebuah alenia / paragraf terdapat pada satu kalimat inti atau kalimat utama.

A. Unsur-unsur Alenia / Paragraf

Pada pembentukan suatu alenia atau paragraf diperlukan adanya unsur-unsur yang menyusunnya agar menjadi sebuah wacana yang padu. Unsur-unsur tersebut diantaranya ialah :

a. Gagasan Utama atau Ide Pokok

Gagasan utama adalah inti permasalahan yang hendak disampaikan dalam sebuah alenia atau paragraf. Gagasan utama ini termuat di dalam kalimat utama dalam sebuah alenia.

b. Kalimat Utama / Pikiran Utama / Kalimat Topik

Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat gagasan utama paragraf / alenia. Kalimat utama bisa terletak di awal alenia (deduktif) dan bisa juga terletak di akhir alenia (induktif).

B. Struktur Alenia / Paragraf

Struktur pada sebuah alenia tersusun atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat gagasan inti di dalamnya. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat penunjang gagasan utama yang berada di dalam kalimat utama.

C. Syarat Alenia / Paragraf

a. Kesatuan

Paragraf harus memenuhi suatu unsur kesatuan. Dalam hal ini adalah kesatuan dan relevansi antara kalimat penjelas dan kalimat utama. Dalam sebuah paragraf tidak boleh terdapat satu kalimat pun yang bertentangan atau keluar dari topik permasalahan yang sedang dibahas.

b. Koherensi

Baca Juga:   Pengertian Majas Penegasan, Jenis, & Contohnya

Koherensi ialah keharmoniasian atau kepaduan antara kalimat utama dengan kalimat penjelas dalam suatu alenia atau paragraf.

D. Jenis-jenis Alenia / Paragraf

1. Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang di dalamnya berisikan suatu penjelasan mengenai informasi suatu topik dengan tujuan tertentu.

Contoh :

Amoeba merupakan salah satu dari jenis hewan bersel satu yang berkembang biak dengan cara membelah tubuhnya. Prosesi perkembangbiakan ini berbeda proses perkawinan pada makhluk hidup lainnya. Amoeba mempunyai satu buah sel yang disebut sebagai inti sel. Sel tersebut yang akan membelah tubuh amoeba sehingga menjadi dua bagian. Maka lahirlah makhluk hidup yang baru dari hasil pembelahan diri yang dilakukan oleh hewan tersebut. Dengan cara inilah amoeba berkembang biak dan memperbanyak jumlah jenisnya.

2. Argumentasi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang di dalamnya berisikan pendapat yang didasarkan pada data-data berupa fakta dalam mempertahankan sebuah kebenaran yang dinyakini.

Contoh :

Inflasi adalah sebuah proses penurunan nilai mata uang secara konsisten dan kontinu. Inflasi yang tidak dapat dikendalikan tentu akan berdampak pada perkonomian global. Misalnya saja dalam hal investasi, stabilitas harga, daya beli masyrakat, dan lainnya. Dengan berbagai dampak negatif tersebut hendaknya pemerintah mampu menekan angka inflasi menuju stabilitas ekonomi global. Misalnya saja seperti melakukan kebijakan moneter dan non meneter. Langkah nyatanya bisa berupa meningkatkan produktivitas dalam negeri, menggiatkan wirausaha, meningkatkan potensi kedaerahan, menaikkan kuoto ekspor, dan lain sebagainya. Bagaimanapun caranya inflasi harus dikendalikan dengan sedemikian rupa demi kemajuan dan kesejahteraan perekonomian bangsa dan negara.

3. Deskripsi

Baca Juga:   Pengertian & Contoh Kalimat Berita

Paragraf deskripsi adalah alenia yang menjelaskan tentang suatu obyek secara visual yang bertujuan agar pembaca turut merasakan apa yang dialami oleh penulis dalam memahami suatu obyek tersebut.

Contoh :

Pemandangan alam di pegunungan desa Pagaruyung sungguh menakjubkan. Desa ini sama sekali belum terjamah polusi udara, limbah industri, bisingnya suara knalpot kendaraan dan lainnta. Di desa ini masih terdapat pepoponan yang rimbun dan segar. Di pinggiran area persawahan juga terdapat sungai kecil yang sangat jernih. Pepohonan terdapat di sekitaran bukit kecil yang mudah untuk menjangkaunya. Di bukit tersebut terdapat beberapa hewan-hewan kecil seperti burung, tupai, bunglon, dan beragai macam serangga. Dari atas bukit terlihat dengan jelas bentangan petak sawah berwarna hijau dan aliran sungai kecil yang mengular sampai tak terlihat. Sungguh indah dan menakjubkan pemandangan desa ini.

4. Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bersifat mengajak pembaca untuk mempercayai dan mengikuti apa yang disampaikan dalam teks paragraf.

Contoh :

Pendidikan merupakan sebuah usaha untuk meningkatkan harkat dan derajat manusia. Penjelasan secara definitif ini juga menunjukkan bahwa upaya untuk memanusiakan manusia salah satu yang dapat dilakukan lewat jalur pendidikan. Berbicara mengenai pendidikan sangat berkaitan dengan proses pembelajaran. Proses pembelajaran cakupannya meliputi belajar dan mengajar. Belajar adalah suatu hal yang teramat penting bukan hanya sebatas alat untuk mencari pekerjaan. Lebih dari itu, belajar dalam cakupan pendidikan memiliki tujuan dalam rangka pendewasaan diri, pembentukan kepribadian, pembentukan karakter, moral, budi pekerti, kreativitas, dan kemandirian. Dengan aspek serta nilai-nilai tersebut tentu manusia akan menjadi manusia yang sesunggunhnya. Hal yang akan diperoleh juga bukan hanya sekedar pekerjaan yang mapan dalam rangka mendapatkan lemabaran uang dan bentuk materi lainnya. Karenanya marilah para pemuda, pelajar, orang tua, praktisi pendidikan, dan lainnya untuk mengembalikan pendidikan yang selama ini telah mengalami disorientasi fungsi dan tujuannya.

Baca Juga:   Definisi Restrictive & Nonrestrictive Clause Serta Penjelasan

5. Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang berisikan seragkaian kronologi peristiwa yang terjadi secara sistematis yang menyusun alur sebuah cerita.

Contoh :

Bel sekolah tanda waktu ujian telah tiba. Kami memasuki kelas dengan teratur dengan perasaan yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Tak lama setelah kami semua duduk di tempat masing-masing, datanglah dua orang guru yang bertugas menjadi pengawan ujian. Mereka mempersilahkan kami untuk meletakkan semua barang-barang kecuali alat tulis dan tanda peserta ujian ke depan kelas. Setelah itu kami berdoa menurut kepercayaan masing-masing. Tak lama kemudian guru pengawas membagian lembar soal dan lembar jawaban komputer di pojok kanan meja belajar kami. Setelah guru pengawas membagikan soal dan lembar jawaban, kami pun dipersilahkan untuk mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia pada hari ini. ujian dimulai pukul 07.15 WIB dan selesai pada pukul 12.00 WIB.

Baca Juga:

2 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sampah
3 Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan
2 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Angin Puting Beliung

No Responses

Reply