no comments

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 Sekolah Dasar (SD)

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 Sekolah Dasar (SD) – Pidato merupakan suatu aktivitas menyampaikan ide atau gagasan tertentu kepada masyarakat luas dalam bentuk lisan. Pidato dilakukan oleh satu orang yang berbicara di depan khalayak ramai dengan komunikasi satu arah. Komunikasi satu arah dalam artian bahwa kegiatan berpidato tidak bersifat timbal balik. Hanya pembicara sajalah yang berhak menyampaikan pendapatnya, sementara hadirin hanya boleh mendengarkan. Terdapat banyak macam pidato jika didasarkan pada inti yang ingin disampaikan. Misalnya saja pidato politik, pidato kenegaraan, pidato perpisahan, pidato himbauan, pidato kepemudaan, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh teks pidato yang berisikan salam perpisahan siswa kelas 6 SD :

Assalamualaikum. Wr.wb.

Yang saya hormati Kepala Sekolah SD Mawar Mekar Asri Bandar Lampung, Bapak Suryono, S.pd., M.Pd.. Yang saya hormati bapak wakil kepala sekolah SD Mawar Mekar Asri Bandar Lampung, bapak Sariman, S.Pd.. Yang saya hormati bapak / ibu dewan guru dan yang saya cintai teman-teman kelas 6 dan juga adik-adikku kelas 1 sampai dengan kelas 5. Salam takdzim juga saya haturkan kepada wali murid kelas 6 yang telah berkenan hadir menyaksikan pelepasan siswa siswa kelas 6 SD Mawar Mekar Asri Bandar Lampung.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan rasa syukur yang teramat dalam kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala-galanya untuk kita tanpa kita minta sekalipun. Semoga kita dapat menjadi hamba-Nya yang senantiasa mampu mengimplementasikan rasa syukur disetiap sendi kehidupan kita. Shalawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sahabat, dan juga umat beliau. Semoga kita termasuk ke dalam umat beliau yang senantiasa konsisten mengamalkan islam secara utuh.

Baca Juga:   Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada bapak / ibu guru beserta sahabat-sahabatku sekalian yang telah memberikan kesempatan yang baik ini kepada saya untuk sekedar memberikan celotehan yang berkaitan erat dengan terselenggaranya acara perpisahan di hari ini. Saya akan memulai isi dari pidato ini dengan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu dan bapak guru yang telah mendidik, membimbing, serta mengayomi kami dengan penuh rasa cinta dan sabar. Sepenuhnya kami menyadari bahwa terlalu banyak yang telah bapak / ibunda guru berika kepada kami. Kami pun menyadari bahwa tak ada suatu hal apapun yang ada pada diri kami yang bisa diwujudkan dalam bentuk apapun jua untuk membalas kebaikan bapak dan ibunda guru sekalian.

Disamping itu saya selaku perwakilan dari siswa kelas 6 tentu menyadari banyak khilaf dan kesalahan yang telah kami perbuat kepada bapak / ibu guru. Mungkin saja kami seringkali melakukan perbuatan yang tidak berkenan di hati bapak / ibu guru baik dalam hal perkataan, sikap, dan tingkah laku kami. Kami sepenuhnya menyadari bahwa diri kami masih sangatlah muda untuk bisa melakukan suatu hal yang bisa menebus segala kesalahan yang telah kami perbuat. Akan tetapi dengan penuh rasa hormat dan kerendahan hati, kami memohon keikhlasan dan maaf dari bapak / ibu guru sekalian karena telah merepotkan selama ini. saya atas nama perwakilan kelas 6 mendoakan dengan penuh kelapangan hati agar bapak dan juga ibu guru mendapatkan ridho dari Allah SWT. Hanya Allah saja lah yang bisa membalas segala kebaikan serta budi baik yang selama ini bapak / ibu berikan kepada kami.

Baca Juga:   Contoh Gagasan Utama dalam Paragraf & Pengertiannya

Teruntuk teman-teman siswa kelas 6A sampai dengan 6E, kalian semua adalah sahabatku yang terbaik di sekolah ini. Enam tahun sudah kita lalui hari-hari bersama dalam lingkungan pendidikan yang amat kita cintai ini. kini tiba waktunya bagi kita untuk meninggalkan almamater yang kita cintai ini. Tentu kita menyadari bahwa perpisahan hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita. Perjalanan hidup kita masih sangat panjang dan yang nyata-nyata ada di depan mata kita adalah semangat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah. Wahai sahabatku sekalian, marilah kita saling memaafkan satu sama lainnya. Mengingat pribadi kita masing-masing adalah manusia biasa yang tak luput dari khilaf dan kesalahan. Secara pribadi saya telah mengikhlaskan dan memaafkan segala salah dan khilaf yang ada. Saya pun berharap agar teman-teman juga bisa mengikhlaskan serta memaafkan segala salah dan khilaf yang pernah saya perbuat kepada teman-teman sekalian.

Saya sangat berharap agar kita dapat kembali belajar bersama di tempat yang sama. Akan tetapi harapan semacam itu hanyalah sebatas harapan. Tentu kita memiliki tempat tujuan belajar yang mungkin saja berbeda-beda. Namun harapan terbesar saya adalah bahwa kita harus tetap bersahabat meski tidak lagi bersama di jenjang pendidikan berikutnya. Teruntuk sahabat-sahabatku, selamat jalan dan selamat berjuang.

Baca Juga:   Pengertian dan 36 Contoh Majas Simbolik

Untuk adik-adikku kelas 1 sampai dengan kelas 6, pesan kakak kepada kalian tidaklah banyak. Belajarlah yang rajin, beribadahlah yang benar, dan patuhi orang tua dan gurumu! Selanjutnya sekolah ini kakak serahkan kepada kalian semua. Harumkanlah nama almamater ini dengan prestasi dan kerja keras kalian.

Demikian beberapa untaian kata salam perpisahan dari saya, mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan karena sejatinya saya masihlah jauh dari kata sempurna untuk menyampaikan salam perpisahan di forum yang terhormat ini. terima kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Baca Juga:

Kaidah Penulisan Rupiah dalam Bahasa Indonesia
Pengertian dan Contoh Akronim Lengkap
Pengertian dan Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Bahasa Indonesia

No Responses

Reply