Kebutuhan Manusia – Faktor Pengaruh, Jenis, Alat Pemuas, dan Macam Kegunaan Barang

Kebutuhan Manusia – Faktor Pengaruh, Jenis, Alat Pemuas, dan Macam Kegunaan Barang

Dalam menjalani kehidupannya, manusia memerlukan berbagai hal yang merupakan keterbutuhan dalam hidupnya. Kebutuhan tersebut sangat beragam, mulai dari yang maling mendasar, sedang, sampai pada keterbutuhan yang bersifat tersier (mewah). Hal-hal yang memberikan pemenuhan atas kebutuhan manusia disebut sebagai alat pemuas kebutuhan. Alat-alat pemuas kebutuhan ini dapat berupa kendaraan, pakaian, layanan listrik, internet, makanan, dan masih banyak lagi. Secara umum, kebutuhan atas sesuatu hal terbagi atas dua kelompok yakni kebutuhan akan barang dan jasa. Jika ditinjau dari cara didapatkan / diperolehnya, maka barang / jasa dapat dibagi menjadi dua macam, diantaranya ialah :

a) Barang / Jasa Ekonomi yang Didapatkan dengan Pengorbanan

Barang / Jasa ekonomi yang diperoleh dengan pengorbanan adalah segala hal yang diraih dengan pemberian kompensasi tertentu yang setimpal dengan hasil yang didapatkan. Misalnya saja jika ingin membeli pakaian (jasa), maka pengobanan yang harus dilakukan adalah dengan mengeluarkan uang. Demikian halnya pula jika ingin menggunakan jasa taksi online, maka hal yang perlu dilakukan sebagai konsekuensinya adalah mengeluarkan sejumlah uang pula. Untuk mendapatkan uang, pengorbanan juga perlu dilakukan yakni dengan cara bekerja.

b) Barang Yang Didapatkan Tanpa Adanya Pengorbanan

Barang yang didapatkan tanpa perlu adanya pengorbanan adalah berupa sumber daya alam dengan jumlah melimpah. Misalnya saja air, udara, sinar matahari, dan lain sebagainya. Sumber daya ini merupakan barang yang didapatkan dengan hampir sedikitpun tidak mengorbankan apapun.

A. Faktor-faktor Yang mempengaruhi Adanya Kebutuhan

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi meskipun harus mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran yang mereka miliki. Meskipun tiap manusia memiliki kebutuhan, namun kadar kebutuhan tersebut amatlah beragam. Beragamnya tingkatan kebutuhan yang ada pada tiap-tiap orang tidak terlepas dari beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut. Faktor-faktor yang berpengaruh pada adanya kebutuhan adalah sebagaimana berikut!

a. Keadaan alam

Kondisi alam yang berbeda membuat manusia memiliki kebutuhan dasar yang sangat bertolak belakang. Untuk seseorang yang tinggal di wilayah pesisir pantai yang umumnya beriklim panas, hal yang dibutuhkan adalah kipas angin untuk mengimbangin kondisi / keadaan alam setempat. Lain halnya dengan seseorang yang bertempat tinggal di wilayah pegunungan yang berhawa dingin. Ia membutuhkan pakaian-pakain tebal serta selimut yang berfungsi menghangatkan tubuh mereka. Silahkan bandingkan! Individu yang berlainan tempat tinggal dengan kondisi alam yang berbeda, kebutuhan yang dirasakan juga barangtentu sudah berbeda pula.

b. Peradaban

Faktor ini tentu sangatlah dirasakan oleh sebagian masyarakat baik yang tinggal di wilayah perkotaan ataupun pedesaan. Dahulu, sebelum berkembangnya kemajuan peradaban, konsentrasi pemenuhan kebutuhan hanya terpusat pada kebutuhan pangan / pokok / primer saja. Berbeda dengan saat ini yang lebih banyak dirasakan tak hanya sebatas pada kebutuhan primer saja melainkan kebutuhan sekunder bahkan tersier.

B. Berbagai Alat Pemuas Kebutuhan dan Macam-Macam Kegunaan Barang

Dalam menjalani kehidupan, manusia senantiasa berupaya untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya baik berupa barang ataupun jasa. Usaha dalam pemebuhan kebutuhan tersebut diawali semenjak manusia terlahir di bumi ini. Pada saat masih berada pada usia balita dan anak-anak, setiap kebutuhan tentu telah dipenuhi oleh orang tuanya. Akan tetapi semakin dewasa, manusia haruslah mampu memenuhi setiap kebutuhan hidupnya sendiri. Manusia harus mampu mencari sumber makanan, pakaian, serta kebutuhan lainnya secara mandiri.

Manusia akan mendayagunakan potensi yang dimilikinya untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah dengan mendayagunakan sumber daya yang ada disekelilingnya. Setidaknya terdapat berbagai macam bentuk sumber daya yang dapat didayagunakan baik berbentuk barang ataupun jasa. Misalnya saja tenaga, ilmu, uang, kendaraan, pikiran, dan lain sebagainya. Sumber-sumber ini yang kemudan akan menjadi alat pemuas bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

Ketersediaan sumber daya sebagai alat untuk pemenuhan kebutuhan manusia ada yang disediakan oleh alam, namun ada pula yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dapat dimanfaatkan oleh manusia. agar dapat mengolah sumber daya alam tersebut, maka diperlukan sumber daya produksi ataupun beberapa faktor yang menunjang kegiatan produksi diantaranya ialah SDM (Sumber Daya Manusia), modal, serta kewirausahaan. Dengan demikian, jika didasarkan pada penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa alat-alat pemuas kebutuhan manusia merupakan barang / jasa yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri.

C. Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya bahwa alat pemuas kebutuhan manusia tentu berwujud barang dan jasa. Terdapat banyak sekali jenis alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat dijumpai seperti halnya di bawah ini!

C.1. Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Wujudnya

Manusia adalah makhluk yang terdiri atas dua komponen utama yakni rohani dan jasmani. Masing-masing komponen tersebut memiliki kebutuhan tersendiri yang harus terpenuhi. Terdapat beberapa macam alat pemuas kebutuhan untuk memenuhi dua unsur rohani dan jasmani yang ada pada manusia, diantaranya ialah :

  • Barang Konkret

Barang konkret ialah alat pemuas kebutuhan komponen jasmani manusia. Alat pemuas ini dapat diidentifikasikan dengan jelas bentuk fisiknya dengan dilihat, diraba, serta dirasakan. Misalnya saja makanan, pakaian, tempat tinggal, air, kendaraan, dan lain sebagainya.

  • Barang Abstrak

Barang abstrak ialah alat pemuas kebutuhan bagi komponen rohani yang ada pada manusia. alat pemenuhan kebutuhan untuk aspek rohani tidak memiliki bentuk fisik namun dapat dirasakan keberadaannya. Misalnya saja membaca Al-Qur’an, beribadah, mendengarkan nasehat, berdiskusi, dan lain sebagainya.

C.2. Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Cara Memperolehnya

Berdasarkan dari tata cara mendapatkannya, alat pemuas kebutuhan manusia dapat digolongkan ke dapam tiga macam, diantaranya yakni :

  • Benda Ekonomi

Benda ekonomi adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang sangat terbatas. Oleh karenanya, untuk mendapatkannya diperlukan adanya pengorbanan. Sebagian besar alat pemuas kebutuhan kita ialah barang-barang ekonomi, misalnya saja makanan yang didapatkan harus dengan cara membeli dan mengolahnya terlebih dulu.

  • Barang Bebas

Barang bebas ialah alat pemuas kebutuhan yang tersedia oleh alam. Misalnya saja udara, air, oksigen, sinar matahari, dan lain sebagainya.

  • Barang Ilith

Barang ilith adalah barang pemuas kebutuhan manusia yang jika jumlahnya tidak terkontrol (sangat banyak), maka akan menimbulkan masalah bagi kehidupan manusia. Misalnya saja air, jika jumlahnya berlebih tentu akan menjadi masalah tersendiri yang sangat mengganggu yakni banjir.

D. Macam-macam Kegunaan Barang

Barang-barang pemuas kebutuhan manusia sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata mempunyai beragam kegunaan / fungsi bagi manusia. adapun kegunaan barang tersebut ialah :

  • Kegunaan Dasar

Kegunaan dasar ialah barang yang dipakai untuk meningkatkan kualitas barang dari bahan mentah sehingga menjadi barang siap pakai yang mampu menambah nilai ekonomi / jual barang tersebut. Sebagai contoh misalnya sebuah benang yang hanya difungsikan sebagai bahan dasar menjahit, nilai jualnya tidak lebih mahal dengan harga biskuit. Akan tepai jika benang telah dijadikan kain, tentu nilai jualnya akan berbeda. Terlebih jika kain tersebut telah diubah menjadi pakaian.

  • Kegunaan Bentuk

Sebuah barang akan mempunyai nilai tambah lebih jika mengalami perubahaan bentuk dari semula / bentuk aslinya. Contoh barang-barang tersebut ialah kayu yang dari sisi manfaatnya serta nilai jualnya akan berbeda jika telah berubah bentuk menjadi lemari, meja, kursi, dan lainnya.

  • Kegunaan Tempat

Sebuah barang akan mempunyai kegunaan / manfaat yang lebih jika telah mengalami pemindahan tempat. Misalnya saja pasir yang akan lebih bermanfaat jika berpindah tempat dari dasar sungai menuju ke tempat penjualan bahan dasar bangunan.

  • Kegunaan Waktu

Sebuah barang akan lebih memiliki manfaat serta nilai ekonomis yang lebih pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saja, keterbutuhan akan jas hujan akan semakin meningkat pada musim penghujan. Disamping itu, tentu nilai jualnya akan bertambah jika dibandingkan dengan penjualan pada musim diluar penghujan.

  • Kegunaan Pemilikan

Kegunaan pemilikan adalah ketika barang lebih memiliki manfaat manakala kepemilikannya telah berpindah. Sebagai contoh, buku-buku pelajaran tentu akan berguna jika dimanfaatkan oleh guru ataupun siswa dibandingkan ketika masih berada di toko yang secara kepemilikan masih berada di tangan pemilik toko.

Sumber :
https://www.kakakpintar.id/berbagai-alat-pemuas-kebutuhan-dan-macam-macam-kegunaan-barang/