no comments

Contoh Kalimat Deduktif & Pengertiannya

Contoh Kalimat Deduktif & Pengertiannya – Kalimat deduktif adalah kalimat-kalimat yang menyusun paragraf deduktif yang terdiri atas kalimat penjelas di akhir paragraf dan kalimat utama di awal paragraf. Kalimat utama pada paragraf deduktif memuat gagasan utama paragraf yang merupakan inti dari permasalahan yang dibahas oleh keseluruhan kalimat pada paragraf. Pada paragraf deduktif menggunakan pola umum khusus yang terdiri atas pernyataan parsial (umum) di awal paragraf (kalimat utama) dan pernyataan khusus dalam kalimat penjelas setelah kalimat utama. Berikut beberapa contoh dari susunan kalimat deduktif dalam paragraf beserta penjelasannya :

Contoh Kalimat – Kalimat Deduktif dalam Paragraf

Contoh 1 :

Ketupat sayur hingga masih menjadi makanan khas andalan sajian Hari Raya Idul Fitri. Makanan yang satu ini tidak ketinggalan disajikan pada hari raya lebaran. Hampir disetiap rumah warga yang merayakan hari raya lebaran pasti menyajikan makanan tersebut. Ketika mengunjungi tetangga maupun kerabat, pasti dengan mudah kita bisa menemukan makanan ini. Ketupat sayur biasa disajikan bersama dengan opor ayam ataupun rendang. Meskipun kini telah banyak aneka macam kuliner hidangan Hari Raya, tetap tak ada satupun yang bisa menggeser eksistensi makanan khas ini.

Penjelasan :

Kalimat-kalimat deduktif pada paragraf di atas, tersusun atas kalimat utama yang terletak di awal paragraf yang memuat gagasan utama. Gagasan utama paragraf terdapat dalam kalimat utama “Ketupat sayur hingga masih menjadi makanan khas andalan sajian Hari Raya Idul Fitri.” Pada kalimat berikutnya berupa kalimat penjelas yang memperkuat gagasan utama pada kalimat utama.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi Persuasif Terbaru

Contoh 2 :

Nasi goreng adalah makanan yang paling populer di seluruh dunia. Hampir di setiap negara mengenal panganan berbahan dasar nasi ini. Bahkan di setiap bangsa memiliki bumbu racikan khas tersendiri dalam mengolah nasi goreng. Tak diketahui secara pasti siapa yang pertama kali telah menemukannya. Ada yang mengatakan bahwa dahulu nasi goreng ditemukan ketika orang-orang kebingungan mengolah nasi yang telah dingin. Mereka mencoba mencampur nasi dingin tersebut dengan beberapa olahan bumbu racik. Hasilnya menjadi sebuah menu masakan baru yang sedap untuk disantap. Kini nasi goreng berkembang menjadi makanan dengan berbagai varian rasa seperti nasi goreng seafood, nasi goreng petai, nasi goreng hitam, dan masih banyak lagi. Mulai dari warung tenda sampai restoran ternama, hampir semuanya menyediakan menu nasi goreng.

Penjelasan :

Kalimat utama pada paragraf tersebut berada di awal paragraf “Nasi goreng adalah makanan yang paling populer di seluruh dunia” yang memuat gagasan utama. Pada kalimat berikutnya adalah kalimat penjelas yang menjelaskan secara detail tentang hal yang ingin disampaikan oleh gagasan utama pada paragraf. Kalimat utama dan kalimat penjelas pada pargraf tersebut merupakan kalimat deduktif yang menyusun paragraf deduktif.

Baca Juga:   5 Contoh Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Contoh 3 :

Olah raga merupakan suatu aktivitas yang amat penting bagi manusia. Tentu telah banyak diketahui bahwa dengan berolah raga seseorang akan menjadi sehat dan bugar. Sehat menjadi sesuatu yang mahal dan tentu amat penting bagi kita. Jika kita sakit, banyak kerugian yang kita dapatkan misalnya saja kita tidak dapat melakukan aktivitas bekerja, belajar, dan lain sebagainya. Olah raga menjadi penting mengingat kebiasaan hidup kita yang seringkali jauh dari kata sehat. Misalnya saja dari faktor makanan, kita cenderung lebih memilih makanan yang enak dimakan tanpa memikirkan apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Selain itu aktivitas yang kita lakukan seringkali tidak terlalu bersentuhan dengan aktivitas fisik. Hal tersebut menyebabkan penumpukan jumlah kalori dalam tubuh yang berujung pada kegemukan dan berpotensi terhada munculnya berbagai macam penyakit. Olah raga dapat mengimbangi pola hidup yang tidak sehat dengan membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh. Olah raga juga bisa menjadi sarana hiburan dengan cara memilih kegiatan olah raga yang bersifat permainan semisal sepak bola, bola voli, tenis meja, dan lain sebagainya. Olah Raga juga tak memerlukan biaya yang mahal seperti dengan memilih olah raga lari marathon dan berbagai alternatif pilihan lainnya.

Penjelasan :

Diawal paragraf terdapat kalimat utama “Olah raga merupakan suatu aktivitas yang amat penting bagi manusia” yang memuat gagasan utama paragraf. Berikutnya kalimat penjelas pada paragraf menjelaskan secara rinci mengenai hal yang ingin disampaikan pada gagasan utama.

Baca Juga:   Soal Biologi Kelas 12 SMA Tentang Metabolisme Dan Kunci Jawaban

Contoh 4 :

Jamu adalah minuman tradisional asli Indonesia yang hingga kini masih bertahan dengan eksistensinya. Dahulu jamu dijajakan dengan menggunakan kain gendongan yang berisikan berbagai macam olahan seperti beras kencur, brotowali, kunir, dan masih banyak lagi. Pada perkembangannya, jamu telah mengalami metamorfosa yang cukup pesat. Kini telah banyak kedai dan kafe yang khusus menyediakan menu racikan jamu dengan berbagai pilihan rasa. Jamu-jamu yang ditawarkan bukan hanya yang terasa sangat pahit, tapi juga ada yang rasanya manis dan segar. Hal tersebut tentu dilakukan dengan melakukan pertimbangan pangsa pasar dan sasaran segmentasi yang jelas. Meskipun begitu jamu gendong masih dengan mudah kita jumpai di sekitar kita. Hal itu membuktikan eksistensi jamu dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara turun-temurun.

Penjelasan :

Gagasan utama paragraf termuat dalam kalimat utama di awal paragraf yakni “Jamu adalah minuman tradisional asli Indonesia yang hingga kini masih bertahan dengan eksistensinya.” Rincian selanjutnya secara lebih detail dijelaskan pada kalimat penjelas setelah kalimat utama.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/02/definisi-contoh-kalimat-deduktif-induktif-dan-campuran-dalam-bahasa-indonesia.html

Baca Juga:

  1. 5 Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan
  2. Contoh Gagasan Utama dalam Paragraf & Pengertiannya
  3. Jenis-Jenis Kalimat Bahasa Indonesia & Contohnya

No Responses

Reply