1 comments

Contoh Resensi Novel Koala Kumal

Contoh Resensi Novel Koala Kumal – Resensi merupakan sebuah kegiatan menilai, mengkritisi, dan menimbang, secara obyektif terhadap karya tulis buku baik yang berisfat fiksi ataupun non-fiksi. Berikut ini adalah contoh resensi novel yang berjudul Koala Kumal karya Raditya Dika :

A. Identitas Buku

Judul Buku : Koala Kumal
Nama Pengarang : Raditya Dika
Taggal Terbit : 17 januari 2015
Penerbit : Gagas Media
Tebal Halaman : 250 halaman

B. Tentang Penulis

Novel berjudul Koala Kumal ini adalah hasil karya dari penulis muda berbakat Raditya Dika. Karya-karyanya banyak yang sukses dipasaran dan diadaptasikan ke dalam film layar lebar. Tak hanya itu saja, ia juga kerapkali membintangi film hasil adaptasi dari novel-novelnya seperti misalnya Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Koala Kumal, dan lainnya. Seperti halnya novel-novel karya Raditya Dika lainnya, novel dengan judul Koala Kumal ini menganalogikan kisah di dalamnya dengan sifat atau karakter hewan.

Hingga saat ini Raditya Dika disibukkan dengan berbagai aktivitas misalnya menulis buku, bermain film, menyutradarai film, dan menulis skenario.

C. Sinopsis Novel

Novel berjudul Koala Kumal karya Raditya Dika ini lebih banyak menjelaskan tentang perasaan patah hati yang dialami oleh seseorang. Sebuah kisah tentang sepasang kekasih yang dahulu saling menyayangi dan memberi rasa nyaman. Akan tetapi pada saat dipertemukan kembali perasaan yang dahulu ada kini telah berubah drastis. Kisah dalam novel ini dianalogikan seperti seekor koala yang pergi meninggalkan hutan yang merupakan tempat tinggalnya. Saat kembali ke hutan tersebut, koala itu bingung karena hutan yang dahulu menjadi habitatnya kini telah berubah menjadi komplek perumahan yang dihuni oleh manusia.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi Persuasif Terbaru

Dalam novel ini mengisahkan tentang seorang lelaki bernama Dika (Raditya Dika). Dika baru saja mengalami patah hati karena batal menikah. Wanita yang ingin ia nikahi tersebut selingkuh dengan seorang pria tampan bernama James. Karena patah hati, Dika yang seorang penulis merasa frustasi dan kesulitan dalam menuliskan bab terakhir dari buku yang hendak ia selesaikan.

Suatu hari pada sebuah pertemuan yang tak disengaja, Dika bertemu dengan seorang gadis cantik dan unik bernama Trisna. Pertemuan Dika dan Trisna kala itu berlanjut dengan sebuah hubungan pertemanan diantara keduanya. Sisi unik yang ada pada diri Trisna membuat Dika merubah pandangan pesimisnya terhadap dunia. Lambat laun hubungan pertemanan mereka menjadi semakin akrab.

Mengetahui Dika belum menyelesaikan buku yang ia tulis, Trisna berkeinginan untuk membantu Dika dalam penyelesaian bab akhir bukunya tersebut. Trisna pun berupaya keras agar Dika berhenti merasakan pahitnya patah hati dengan segala cara. Ia pun tak henti-hentinya memotivasi Dika untuk dapat bangkit dari kegagalan cinta dan membalaskan dendamnya pada gadis yang gagal ia nikahi tersebut. Waktu pun terus berlalu dan pada akhirnya Dika mengetahui hubungan Trisna dengan kekasihnya di masa lalu. Ternyata dahulu Trisna pernah mengalami rasa sakit akibat kegagalan cinta melebihi apa yang Dika rasakan. Dika pun merasa penasaran dan ingin tahu seperti apa pengalaman pahit masa lalu yang dialami oleh Trisna. Hubungan kedekatan mereka terus berlanjut dengan segala keseruan dan kelucuan yang mereka alami.

Baca Juga:   Contoh Resensi Novel Sang Pemimpi

D. Kelebihan Novel

Keunggulan yang ada pada novel berjudul Koala Kumal ini terletak pada sisi penyampaian ceritanya yang menggunakan bahasa lugas dan relevan dengan penggunaan bahasa di zaman ini. Meskipun terdapat beberapa catatan sebagai kritikan mengenai hal ini. Di samping itu novel dengan genre komedi ini juga sangat menghibur dengan segala ceritanya yang lucu dan menggelitik. Adapula beberapa kata-kata penyemangat dan motivasi yang disisipkan di dalam dialog-dialognya. Pesan tersirat yang ada pada novel ini salah satunya adalah jangan mudah melupakan cinta dan kenangan indah yang pernah dilalui dengan pasangan.

E. Kekurangan Novel

Kekurangan yang ada pada novel Koala Kumar terletak pada penggunaan bahasa atau tutur kata yang terkesan vulgar. Sehingga tidak baik jika dikonsumsi atau dibaca oleh anak-anak di bawa umur. Selain itu gaya bahasa yang digunakan juga adalah bahasa yang hanya populer untuk kalangan tertentu saja. Hal ini tentu akan berakibat pada ketidakpahaman pembaca diluar segmentasi kalangan penulisnya dalam memahami dialog yang ada pada novel. Selain itu pada novel ini juga terkesan memiliki alur cerita yang datar, mudah ditebak, serta memiiki konflik yang rasanya tidak tajam dalam ukuran sebuah karya sastra novel. Selain itu ada pula sisi negatif dari beberapa dialog yakni dendam dan lain sebagainya. Pesan-pesan negatif tersebut seolah dikaburkan dengan lelucon yang dibawakan dalam dialog.

Baca Juga:   2 Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Terbaru

F. Saran

Novel berjudul Koala Kumal karya Raditya Dika ini sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan bacaan untuk dibaca oleh semua kalangan tak terkecuali para remaja. Namun ada beberapa catatan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan oleh anak-anak dalam membaca novel ini. Mengingat genre novel ini adalah komedi, tentu akan sangat menghibur jika dibaca di sela-sela padatnya aktivitas. Pesan-pesan moral yang disampaikan juga turut mendukukung kelayakan novel ini untuk dijadikan bahan bacaan, meskipun pada point tertentu masih terdapat kekurangan. Dalam hal ini tentu pembaca haruslah memiliki filter yang baik untuk dapat memilah mana hal-hal positif yang bisa diambil dan mana hal-hal negatif yang harus dibuang.

Sumber :
http://fitrianurjauharin.blogs.uny.ac.id/2016/09/08/resensi-buku-koala-kumal/

Baca Juga:

Contoh Pidato Motivasi Belajar Siswa
Contoh Resensi Novel Sang Pemimpi
Contoh Resensi Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi

One Response

  1. Radit

Reply