no comments

Pengertian serta Contoh Majas Klimaks dan Antiklimaks

Pengertian serta Contoh Majas Klimaks dan Antiklimaks

A.Pengertian Majas Klimaks

Majas klimaks yaitu suatu gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan suatu hal secara runtut atau berurutan semakin memuncak. Dari yang rendah menuju yang lebih tinggi tingkatannya atau sering disebut berbentuk hierarki. Majas ini ditemukan dalam perbincangan sehari-hari, dalam bergaram karya satra juga terdapat dalam karya ilmiah. Penggunannya digunakan untuk menegaskan gagasan atau maksud yang ingin disampaikan kepada pendengar atau pembaca.

Contoh majas klimaks dalam kalimat:

1.Berbagai kendaraan memenuhi ruas jalan utama, dari mulai sepeda, sepeda motor, mobil, bus hingga truk kontainer yang mebuat jalanan penuh sesak.

Penjelasan :

Pada kalimat di atas penjabaran runut dari hal terkecil memuncak hingga yang terbesar ditunjukkan pada penggalan kalimat “dari mulai sepeda, sepeda motor, mobil, bus hingga truk kontainer yang mebuat jalanan penuh sesak.” Peryataan runut dan dimulai dari hal yang terendah hingga menuju hal paling puncak adalah syarat utama dari penggunaan majas antiklimaks.

Perhatikan contoh majas klimaks dalam kalimat 2 – 16 berikut :

2.Upacara dihadri oleh anggota TNI AD mulai dari Brigadir Jendral, Mayor Jendral, Letnan Jendral, Jendral dan Jendral Besar.
3.Dalam rapat di sebuah perusahaan yang dihadri oleh karyawan, manajer dan direktur perusahaan tesebut.
4.Upacara pada hari pramuka dihadiri berbagai tingkatan dari siaga, penggalang, penegak, pendega.
5.Perkembangan teknologi pengetikan dari menggunakan mesin ketik, komputer (Personal Computer), Laptop, hingga tablet.

Baca Juga:   40 Contoh Pantun Nasehat Bahasa Jawa

6.Dalam sebuah penelitian kita harus membaca untuk memahami teori, menganalisa, kemudian mengevaluasi harus kita lakukan dengan cermat.
7.Suatu cara untuk memahami materi adalah membaca, memahami, menganalisa, mempraktekkan, mengevaluasi.
8.Kehidupanku menjadi indah ketika menemukan jodohku mulai dari kenalan, pendekatan, berpacaran hingga menikah.
9.Perjuangan panjangnya dari menjadi buruh tani lepas, menjadi petani, pedagang dan sekarang menjadi pengusaha.
10.Pertumbuhan Elly sejak ia hanya bisa menangis, tertawa, berbicara, mengeja, dan berbicara semua terekam dalam memori ibunya.

11.Zaman dahulu kehidupan manusia mulai dari kehidupan yang nomaden (berpindah-pindah), semi nomaden, dan sedenter (menetap).
12.Di sebuah rumah sakit terdapat kerjasama antara karyawan, perawat dan dokter yang memberikan pelayanan terbaik untuk pasiennya.
13.Hari itu nampaknya hujan akan turun ditandai dengan langit mulai mendung, angin mulai kencang, gerimis turun dan hujan lebat terjadi.
14.Para petani padi di desa merawat sawahnya dengan teliti mulai dari membajak sawah, menanami bibit padi, mengairi sawah, membersihkan rumput dan akhirnya akan memanen padi.
15.Kalangan ekonomi kelas bawah, kelas menengah, maupun ekonomi kelas atas semua sama dihadapan hukum negara kita ini.
16.Organisme tersusun atas molekul, sel, jaringan, organ, dan sistem yang saling bekerjasama.

B.Pengertian Majas Antiklimaks

Majas antiklimaks adalah majas kebalikan dari majas klimaks. Berasal dari dua kata yaitu “anti” yang berarti berlawanan dan “klimaks” yang artinya puncak. Pada majas kali ini merupakan gaya bahasa yang meruntutkan kata-kata dalam satu hirarki mulai dari tingkat yang tinggi ke tingkat yang paling rendah.

Baca Juga:   Alat-Alat Pencernaan Manusia Beserta Fungsinya

Contoh :

1.Status Gunung Merapi di Jawa Tengah yang sedang meletus dari status awas, siaga, waspada, kembali ke status normal dan warga mulai kembali ke rumah masing-masing.
2.Acara yang dihardiri oleh Walikota, Bupati, Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT, dan seluruh lapisan masyarakat.
3.Karena tindakan yang serakah menjadi bangkrut padahal dahulunya ia adalah juragan tanah, menjadi petani biasa dan sekarang hidupnya menjadi buruh lepas.
4.Parkiran halaman depan penuh dengan kendaraan yaitu bus, mobil, motor dan sepeda milik para penguunjung.
5.Ketika belajar sejarah, Paku Guru menerangkan lapisan atmosfer dari yang paling atas yaitu lapisan eksosfer, lapisan termosfer, lapisan mesosfer, lapisan stratosfer dan lapisan troposfer.

6.Di Indonesia tata urutan Peraturan Undang-Undang adalah bergantung dari yang tertinggi yaitu UUD 1945, Ketetapan MPR, Undang-Undang, Peraturan Presiden, Peraturan Daerah Provinsi, Peraturan Daerah Kota/Kabupaten.
7.Ina suka mencuci pakaiannya dengan cara manual sebelum akhirnya pakaian dijemur, peras pakaian, kucek pakaian, dan dimulai dengan merendam pakaian.
8.Acara peringatan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati dari tingkat ibukota, provinsi, kota, kabupaten hingga ke pelosok desa.
9.Perjuangan panjangnya dahulu sebelum memenangkan olimpiade matematika tingkat nasional, provinsi, kota, kabupaten, kelurahan, dan bermula dari tingkat sekolah.
10.Kirara mengerjakan tugas meresensi buku sebelum tugasnya dikumpulkan dia koreksi lagi, menulis isi resensi, membuat sinopsis, menandai bagian penting, membaca buku menyeluruh, memilih buku yang akan diresensi.

Baca Juga:   Definisi Alat Peredaran darah, Struktur, & Fungsi Masing-Masing

11.Di sebuah tempat pelatihan badminton dibagi menjadi kelas mahir, kelas lanjutan, kelas dasar, dan kelas pemula.
12.Taufik telah mengikuti kejuaraan olahraga lari dari tingkat Sea Games (tingkat ASEAN), PON (pekan olahraga nasional), dan POPDA (pekan olahraga pelajar daerah).
13.Pakaian jadi yang sekarang ini kita pakai sebelum menjadi pakaian jadi adalah kain, kain terbuat dari benang, benang yang terbuat dari kapas yang dipintal.
14.Bapak Bupati menjadi resmi menjadi pemimpin kabupaten ini yaitu setelah penetapan bupati dari hasil pemungutan suara saat pemilu, perhitungan suara, rakyat memilih, melakukan kampanye, mendaftarkan diri sebagai calon bupati.
15.Dalam sebuah kuliah umum, rangkaian acara dibuka dengan sambutan dari dekan fakultas, dosen pembimbing, ketua organisasi dan ketua panitia.

16.Sebuah pementasan sebelum penyelesaian drama yaitu tahap anti klimaks, tahap klimaks, tahap komplikasi, tahap konflik awal, tahap eksposisi.
17.Hubungan antara pemilik pabrik, manajer pabrik, karyawan pabrik hingga buruh parbrik tidak memiliki hubungan yang baik karena tuntutan buruh yang meminta kenaikan upah.

Sumber :
http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-dan-contoh-majas-klimaks-lengkap.html

 

Baca Juga:

 

Pengertian, Jenis-Jenis Konjungsi dan Contoh Kalimat
Contoh Soal Majas dan Kunci Jawaban Terbaru
Pengertian dan 25 Contoh Majas Anafora

No Responses

Reply