3 Contoh Teks Eksposisi Tentang Teknologi Terbaru

3 Contoh Teks Eksposisi Tentang Teknologi Terbaru – Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengusulkan pendapat seseorang secara pribadi mengenai suatu hal yang didalamnya terdapat argumen-argumen yang menegaskan atau memperkuat teks, agar mudah dipahami pembaca. Tujuannya adalah untuk memaparkan dan menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah. Ciri-ciri teks eksposisi diantaranya ialah singkat, padat, akurat, informatif, fakta sebagai kontribusi, dan lain-lain. Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi tentang teknologi :

Contoh 1 :

Memanfaatkan Kemajuan Teknologi di Bidang Pendidikan

Kemajuan teknologi sudah menjamah berbagai bidang kehidupan, baik bidang informasi, komunikasi, pemerintahan, sosial, budaya. Bidang pendidikan juga tak luput dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Dengan kemajuan teknologi ini, setiap instansi pendidikan baik sekolah, universitas atau yang lainnya dapat memanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satunya adalah menggunakan internet pelaksanaan pendidikan, dengan internet semua orang bebas memanfaatkannya, asalkan ada peralatan yang menunjang. Mulai dari pengelolaan administrasi pendidikan secara online, sekarang pendaftaran sekolah dan universitas kebanyakan secara online. Banyak guru dan dosen yang menerapkan ujian secara online tidak harus tatap muka, bahkan kementrian pendidikan pun sudah melaksanakan Ujian Nasioanal secara online.

Internet dalam proses belajar mengajar juga banyak manfaatnya, diantaranya bagi para pendidik memanfaatkan internet untuk tambahan referensi materi yang akan diajarkan kepada anak didik. Untuk siswa ataupun mahasiswa, dapat sepuasnya mempelajari banyak hal di internet, mulai dari mencari referensi atau membaca artikel ilmiah baik melalui e-book, e-journal, membaca berita terkini untuk bahan belajar dan diskusi, dan lain sebaginya. Dengan internet pula bisa melalukan belajar secara online, ada beberapa perusahaan yang menyediakan bimbingan belajar secara online. Layanan ini biasanya menggunakan video-video yang berisi materi dan pembahasan soal, untuk bimbingan lebih intensif, pengguna boleh bertanya kepada tentor tetapi dikenakan biaya khusus. Selain itu, cara belajar dengan internet bisa melakukan diskuis dengan teman melalui layanan internet yang bisa bertatap muka dengan lawan bicara melalu video call.

Baca Juga:   Contoh Teks Eksposisi Tentang Banjir Terbaru

Kemajuan teknologi telah membawa banyak sekali manfaat untuk bidang pendidikan, baik buat pendidik, peserta didik, juga mempermudah pengeloaan administrasi di sebuah instansi pendidikan. Dengan kemudahan teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan di bidang pendidikan. Karena cara belajar, untuk menegatahui banyak informasi sudah terbuka lebar, tinggal bagaimana kita memanfaatkan dengan baik.

Contoh 2 :

Antisipasi Dampak Buruk Internet

Internet merupakan sesuatau yang paling melekat dan dianggap paling penting dalam kehidupan masa kini. Karena internet memiliki beragam manfaat yang menyangkut semua aktvitas kehidupan sehari-hari. Mulai dari mencari referensi untuk belajar, sebagai media informasi dan komunikasi, memudahkan dalam berbelanja secara online, dan masih banyak lagi dampak positif dari internet. Namun, disamping beragam manfaat yang didapat dari internet, internet juga membawa dampak buruk untuk kehidupan manusia masa kini.

Jika dampak positif internet dapat dirasakan dalam bergabai bidang kehidupan, dampak buruk dari internet juga mempengaruhi berbagai bidang. Pertama, membuat orang menjadi malas bergerak, contohnya ketika malas untuk memasak, berbelanja atau malas mengendarai kendaraan sendiri bisa melalukan pemesanan makanan, belanja ataupun memakai jasa transportasi secara online. Kedua, internet bisa membuat malas berpikir, salah satu kasusnya adalah di dunia pendidikan. Ketika mendapat tugas dari guru atau dosen biasanya mengejakan tugas dengan cara copy-paste dari internet, tanpa harus membaca, berpikir dan menyusun tugas dengan sendiri. Karena itu sekarang banyak sekali kasus plagiasi tulisan dari e-book dan e-journal. Ketiga, salah memanfaatkan internet, dengan internet semua orang bebas membuka semua situs, oleh karena itu banyak penyalahgunaan untuk membuka situs dewasa bagi anak-anak. Kesalahan menggunakan internet lainnya adalah terlalu fokus menggunakannya dengan bermain media sosial ataupun main game membuat intensitas berinteraksi dengan lingkungan sekitar menjadi berkurang. Dan masih banyak lagi dampak buruk yang diakibatkan oleh intenet.

Baca Juga:   Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Proses

Untuk mengantisipasi berbagai dampak buruk tersebut, salah satunya melalui kesadaran diri sendiri terlebih dahulu. Yaitu dengan cara memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif, tidak sepenuhnya tergantung dengan internet, membatasi waktu penggunaan internet jika terlalu sering juga akan menggangu kesehatan mata. Setelah kesadaran diri untuk mencegah dampak buruk internet, mulailah ajak orang-orang sekitar untuk bersama-sama memanfaatkan internet dengan baik.

Selain membawa manfaat yang baik dalam kehidupan, internet juga membawa dampak buruk bagi kehidupan. Untuk itu menghindari atau menghentikan dampak buruk yang semakin banyak, itu adalah kewajiban kita. Caranya adalah melalui kesadaran pribadi, membatasi diri dalam menggunakan internet. Agar diri mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Semua terjadi akibat diri sendiri, sebagaimana diri kita dapat mengkontrol dalam penggunaan intenet. Internet akan membuahkan manfaat banyak jika penggunaannya tepat, namun akan berdampak positif jika diri tak mampu mengendalikannya.

Contoh 3 :

Kemajuan Teknologi Dalam Kehidupan

Teknologi merupakan salah satu penunjang kemajuan manusia, karena beragam manfaat yang ada di dalamnya. Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Di banyak belahan dunia, teknologi telah membantu memperbaiki berbagai bidang kehidupan seperti, ekonomi,pangan, sosial budaya, pemerintahan dan banyak lagi.

Baca Juga:   4 Puisi Tentang Ayah yang Sudah Bekerja Keras Bagi Keluarga

Berbagai bidang pekerjaan sudah menggunakan teknologi untuk mempercepat pekerjaan, memudahkan pekerjaan dan membuat pekerjaan maksimal. Dengan adanya handphone dan internet, manusia bisa bertukar informasi dan berkomunikasi kapan saja, dimana saja tak terbatas jarak dan waktu. Bidang perdagangan juga sudah menggunakan kemajuan teknologi ini, misalnya mulai banyak online shopdan jasa pesan antar makanan, konsumen dapat membeli tanpa harus bertatap muka, tinggal pilih barang dan pesan. Kemudian cara pembayaran dapat dilakukan secara online juga. Selain transaksi online lewat handphone juga bisa melalui mesin ATM. Bidang jasa juga tak mau ketinggalan dalam penggunaan teknologi, lihat saja sekarang banyak sekali jasa transportasi yang bisa dipesan melalui online. Baik transportasi jarak dekat, seperti ojek, taksi, atau penyewaan mobil pribadi. Hingga layanan transportasi jarak jauh, misal pemesanan tiket pesawat, kereta, bis secara online. Tak hanya jasa transportasi saja yang bisa dipesan secara online, jika mau berlibur bisa menggunakan jasa pemesanan hotel secara online.

Banyak sekali manfaat dalam berbagai bidang kehidupan kita, tak perlu berlama-lama dan susah payah melakukan kegiatan. Denga teknologi kita dapat melakukannya secara cepat, efisien waktu dan mendapatkan hasil atau pelayanan maksimal. Betapa kita dimanjakan dengan kemajuan teknologi ini. Oleh karena itu, manfaatkanlah kemajuan teknologi ini secara baik dan maksimal.

Sumber :
http://www.ilmusiana.com/2015/08/4-contoh-karangan-teks-eksposisi.html

Baca Juga:

2 Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda dalam Bahasa Indonesia
Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Analisis Proses & Sebab Akibat
50 Contoh Kalimat Subjek & Pengertiannya

No Responses

Leave a Reply