no comments

Contoh Pidato Eksposisi Bahasa Indonesia Terbaru

Contoh Pidato Eksposisi Bahasa Indonesia Terbaru – Pidato Eksposisi adalah pidato yang bertujuan memberi penjelasan mengenai sesuatu dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Berikut ini adalah contoh teks pidato eksposisi yang bertemakan tentang pendidikan :

Contoh :

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 05 Bandar Lampung
Yang saya hormati bapak / ibu guru SMA Negeri 05 Bandar Lampung
Dan yang saya banggakan anandaku sekalian siswa siswi SMA Negeri 05 Bandar Lampung

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang bertepatan dengan hari ini maka perkenankanlah saya menyampaikan pidato mengenai betapa pentingnya pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Hadirin yang saya hormati,

Kita semua tahu bahwa pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan. Dengan pendidikan seseorang mampu meningkatkan kualitas dirinya sehingga menjadi lebih baik dan hal itulah yang menjadi indikator baiknya sebuah pendidikan yang diterapkan. Pendidikan membuka jalan bagi hadirnya pengetahuan-pengetahuan baru dalam diri seseorang karenanya sifat terbuka untuk menerima sesuatu yang baru menjadi modal awal berlangsungnya proses tersebut.

Hadirin yang saya hormati,

Pentingnya pendidikan juga telah membuka mata dunia hingga ia dijadikan sebagai salah satu indikator dalam Index Pembangunan Manusia yang berfungsi sebagai tolak ukur kemajuan sebuah negara. Pendidikan menjadi salah satunya karena bersinggungan langsung dengan manusia sebagai subjek sekaligus objek yang mempengaruhi pembangunan itu sendiri. Karenanya bagaimana mungkin sebuah negara dapat dikatakan maju apabila manusianya masih bersifat terbelakang. Kita juga sepakat bahwa pendidikan semestinya dapat dinikmati oleh seluruh warga negara dari sejak kecil. Sayangnya adanya doktrin bahwa menempuh pendidikan di sekolah itu merupakan kewajiban tanpa disertai dengan memberikan pemahaman yang jelas kepada anak seringkali membuat anak terjebak pada rutinitas yang seolah tanpa arti. Ditambah lagi maraknya tren untuk memberikan pendidikan sejak dini yang diharapkan memberi angin segar bagi hadirnya generasi-generasi brilian di tengah kita membuat lebih panjang waktu yang dihabiskan anak di sekolahnya. Fenomena ini tidaklah buruk, namun kita mesti paham betul mengenai mengapa sebuah pendidikan itu penting dan bagaimana semestinya pendidikan itu diterapkan sehingga pendidikan menjadi bermakna dan kita tidak membuat anak terjebak pada sebuah agenda rutin tanpa memahami betul apa yang ia lakukan. Ini menjadi penting karena akan menjadi sebuah gambaran mengenai apa itu pendidikan yang akan dibawa hingga dewasa.

Baca Juga:   5 Contoh Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Hadirin yang saya hormati,

Pendidikan didefinisikan sebagi upaya pendewasaan manusia melalui pengajaran dan pelatihan. Berdasarkan definisi tersebut dapat kita pahami bahwa bahwa sesuatu yang bersifat pengajaran dalam kegiatan belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah merupakan bagian dari proses pendidikan itu sendiri. Melalui pengajaran dan pelatihan seseorang diharapkan mampu menjadikan lebih baik dari pada sebelum mengalami proses pendidikan.

Pendidikan merupakan hal yang penting karena menyangkut beberapa perannya di dalam kehidupan yang diantaranya adalah sebagai sumber pengetahuan. Manusia memiliki otak dengan akal fikiran yang senantiasa membutuhkan pengetahuan baru untuk dapat diolah. Menurut keterangan, jika seluruh buku di belahan bumi dikumpulkan, maka itu hanya akan memenuhi ¾ dari kapasitas otak kita. Kenyataan itu memberikan gambaran bahwasanya kita sebagai manusia telah dianugerahkan kemampuan menampung pengetahuan yang sangat besar melalui organ bernama otak. Pendidikan hadir untuk mengantarkan manusia memaksimalkan karunia yang diberikan Tuhan tersebut dan mengubah keadaan dari tidak tahu menjadi tahu. Terlebih lagi pendidikan melalui pengetahuan yang disuguhkan juga menjadi sumber kekuatan yang diyakini mampu mengalahkan kekuatan fisik.

Baca Juga:   Contoh Pidato tentang Generasi Muda Terbaru

Selanjutnya, pendidikan adalah suatu sarana dan cara yang efektif untuk menuntun moral seseorang. Moral bermakna nilai-nilai yang menjadi patokan penentu tindakan yang baik dan buruk seseorang dan ini tercermin melalui prilakunya. Pendidikan yang baik tidak hanya mengubah kondisi dari tidak tahu menjadi tahu namun juga mendorong seseorang untuk bertindak. Tindakan sangat penting karena ia menjadi tolak ukur yang dapat dilihat dengan kasat mata mengenai seberapa sukses seseorang memahami informasi dan pengetahuan yang diperolehnya untuk kemudian diaplikasikan dalam sebuah aktivitas nyata. Tindakan yang terangkum dalam sebuah aktivitas seperti bersosialisasi dengan teman sebaya yang melibatkan prilaku-prilaku tersebut haruslah seusai dengan moral dalam kehidupan sehari-hari karena pada dasrnya semakin baik prilaku seseorang menggambarkan semakin bagus pemahamannya mengenai moral. Disini nampak jelas peran pendidikan yang menuntun moral merupakan kerangka dalam pembentukan sumber daya manusia yang tidak hanya berpengetahuan tetapi juga bermoral baik.

Hal terakhir yang menjadikan pendidikan itu sebuah hal penting dalam kehidupan adalah sejatinya pendidikan merupakan hak seluruh warga negara. Sebagai warga dari sebuah negara tentu kita dibekali kewajiban yang harus kita penuhi namun di samping itu pemerintah juga memberikan hak yang dapat kita peroleh setelah kewajiban tertunaikan. Hak tersebut salah satunya adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan terutama pendidikan formal di sekolah. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 31 ayat 1 yang berbunyi “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Dengan ini diharapkan keinginan untuk memperoleh pendidikan tumbuh seiring pengetahuan akan pentingnya pendidikan dan adanya dukungan dari pemerintah.

Baca Juga:   Contoh Teks Wawancara Tentang Kesehatan Terbaru

Hadirin yang saya hormati,

Pada akhirnya kesadaran akan pentingnya pendidikan harus terus ditanamkan guna memberikan semangat pada kita dan generasi penerus setelah kita. Jangan sampai kita berfikir bahwa pendidikan terbatas pada lingkup sekolah dan terhenti ketika kita keluar dari institusi bernama sekolah. Tanamkan pemahaman bahwa di atas segalanya pendidikan berperan penting dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang dengannya mengantarkan kebaikan bagi pribadi orang tersebut maupun bangsa dan negaranya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian hadirin sekalian saya sampaikan terimakasih.

Wassalamu’alaikum. Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca Juga:

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan (Terbaru)
Pidato Singkat Tentang Agama Islam (Terbaru)
Contoh Pidato Ekstemporan Tentang Lingkungan

No Responses

Reply