Aturan Khusus Penggunaan Tanda Koma dalam Bahasa Inggris

Aturan Khusus Penggunaan Tanda Koma dalam Bahasa Inggris

Tanda koma (,) pada umumnya dalam bahasa Indonesia digunakan untuk memisahkan dua kata yang berjenis sama, atau dua klausa yang memiliki pola yang sama. Namun apakah penggunaan tanda koma (,) ini memiliki fungsi yang sama dalam bahasa Inggris? Terdapat beberapa aturan dalam penggunaannya. Berikut ini adalah aturan khusus penggunaan tanda koma (,) dalam bahasa Inggris.

A. Empat Aturan Penggunaan Tanda Koma (,)

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa aturan dalam penggunaan tanda koma (,) yang harus teman – teman ketahui. Beberapa aturan mungkin sudah teman – teman ketahui. Aturan penggunaan tanda koma (,) sebagai berikut.

No Rules (Aturan) Examples (Contoh)
1. Use a comma (,) after listing-order and time-order signals (EXCEPT then)   Gunakanlah tanda koma (,) setelah penggunaan listing-order dan time-order (KECUALI kata ‘then’) First, put four cups of rice into a pan. (Pertama – tama, tuangkan 4 cangkir / canting beras ke dalam panci) Then,unfold the paper and write your name on it. (Lalu, bukalah lipatan kertasnya dan tulislah namamu di kertas itu) After the test, go out and celebrate with your friends. (Setelah tes, pergilah ke luar dan rayakanlah dengan teman – temanmu)
2. Use a comma (,) before coordinating conjunctions in a compound sentence.   Gunakanlah tanda (,) sebelum kata hubung dalam sebuah kalimat majemuk setara.       In very short sentences, writers sometimes omit this comma.   Dalam kalimat yang sangat singkat, para penulis terkadang menghilangkan tanda koma. Many people like to have adventure, and some others like to just stay at home.. (Banyak orang suka untuk berpetualang, dan beberapa orang lainnya suka untuk hanya berdiam di rumah) Boil the potatoes for 10 minutes, but don’t let it too be over cooked. (Rebuslah kentang selama 10 menit, tetapi jangan biarkan sampai terlalu matang)     Dogs bark and cats meow. (Anjing menggonggong dan kucing mengeong) Turn left and drive one block. (Belok kiri dan pergilah sejauh stau blok)
3. Use a comma (,) a complex sentence when a dependent adverb clause comes before an independent clause.   Gunakanlah tanda koma (,) dalam sebuah kalimat majemuk bertingkat ketika sebuah anak kalimat terletak sebelum induk kalimat. While you are waiting for the pizza dough to rise, make the sauce for it. (Sementara kamu menunggu adonan pizza nya untuk mengembang, buatlah saus untuk pizza tersebut) Before you eat your food, make sure you have washed your hands. (Sebelum kamu memakan makananmu, pastikan bahwa kamu telah mencuci tanganmu)
4. You can use a comma (,) to separate items in a series. A series is three or more things.   Gunakanlah tanda koma (,) untuk memisahkan benda – benda yang memiliki persamaan ciri, jenis, atau yang sebagainya. One cat, two turtles, three hamsters, a bird and four humans live at our house. (Satu kucing, dua kura – kura, tiga hamster, seekor burung, dan empat manusia hidup dalam satu rumah) Every weekend I get up earlier, run a mile with my sister, take a quick shower, eat breakfast, and watch TV. (Setiap akhir pekan saya bangun lebih awal, lari sejauh satu mil dengan adik saya, mandi, makan sarapan, dan menonton TV) Go straight from this road, turn left after the restaurant, then turn right. (Jalan lurus dari jalan ini, belok kiri setelah restoran, lalu belok kanan)

Catatan:

  1. Ingatlah bahwa jumlah tanda koma selalu kurang satu dari jumlah benda (items). Jika ada empat benda (items), maka ada tiga tanda koma, jika ada lima benda (items), maka ada empat tanda koma, dan seterusnya.

2. Jika terdapat tiga benda yang memiliki persamaan, beberapa penulis menghilangkan tanda koma yang terakhir.

Contoh kalimat:

  • My teacher has visited many beautiful museums in Australia, Asia and Europe.

(Guru saya telah mengunjungi banyak museum di benua Australia, Asia dan Europe)

  • Singing some songs with friends, watching movies and shopping are my favorite weekend activities.

(Bernyanyi beberapa lagu dengan teman – teman, menonton film dan berbelanja adalah aktivitas kesukaan saya pada akhir pekan)

3. Meskipun begitu, menggunakan tanda koma untuk seluruh benda dalam hal ini tidak masalah dan akan membuat makna kalimat menjadi lebih jelas.

Contoh kalimat:

  • My family and I have seen many beautiful paintings in some countries in Europe, Asia, and America.

(Keluarga saya dan saya telah melihat banyak lukisan indah di beberapa negara di benua Eropa, Asia, dan Amerika)

  • Watching movies, listening to musics, and reading novels are my favorite weekend activities.

(Menonton film, mendengarkan musik, dan membaca novel adalah aktivitas kesukaan saya pada akhir pekan)

  • Jangan gunakan tanda koma (,) jika dalam satu kalimat hanya ada dua benda (items).

Contoh kalimat:

  • My family and I have seen many beautiful paintings in some countries in Europe and America.

(Keluarga saya dan saya telah melihat banyak lukisan indah di beberapa negara di benua Eropa dan Amerika)

  • My son’s favorite weekend activities are playing game and sleeping.

(Aktivitas kerukaan anak lelaki saya adalah bermain game dan tidur)

Demikianlah aturan khusus penggunaan tanda koma (,) dalam bahasa Inggris. Semoga aturan / pedoman penggunaan di atas dapat bermanfaat bagi teman – teman semua. Terima kasih.(