no comments

Penjelasan Singkat tentang Karya Tulis Ilmiah dan Contoh Soal

Penjelasan Singkat tentang Karya Tulis Ilmiah dan Contoh Soal – Karya tulis ilmiah merupakan hal yang tidak asing didengar oleh para siswa, terutama siswa di jenjang pendidikan menengah dan mahasiswa. Lalu apakah yang dimaksud dengan karya tulis ilmiah itu? Apakah yang termasuk dalam bagian – bagian karya ilmiah? Berikut adalah penjelasan singkat tentang karya tulis ilmiah.

A. Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah sebuah laporan tertulis yang ditulis oleh seseorang atau sebuah tim dan berisi tentang hasil penelitian atau pengkajian sebuah masalah dengan memenuhi kaidah keilmuan.

B. Bagian – Bagian dari Karya Tulis Ilmiah

1) Judul

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur kata ulang sempurna) pada nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan. Kecuali kata depan dan kata penghubung, di, ke, dari, dan, yang, untuk, dalam, terhadap, kepada, oleh yang tidak terletak pada posisi awal. Contoh judul karya tulis ilmiah adalah sebagai berikut.

Upaya Meningkatkan Apresiasi Siswa terhadap Karya Sastra dalam Pembelajaran Sastra Indonesia di Tingkat Sekolah Menengah Atas.

2) Latar Belakang Masalah

Dalam penulisan karya tulis ilmiah, pemilihan judul karya tulis yang menunjukkan fakta, fenomena, gejala, data, atau kasus-kasus yang menimbulkan peemasalahan yang penting untuk diangkat ditulis dalam bagian latar belakang masalah. Selain itu, latar belakang mampu mencerminkan hubungan judul dengan inti masalah dan keseluruhan isi makalah. Contoh permulaan latar belakang adalah sebagai berikut.

Baca Juga:   35 Pantun Lucu Bikin Ngakak Terbaru

Banyak siswa SMA yang mengalami kesulitan mengapresiasi karya sastra dalam pembelajaran sastra Indonesia.

3) Perumusan Masalah

Masalah dirumuskan berdasarkan latar belakang yang ditulis. Rumusan masalah berbentuk kalimat tanya. Contoh perumusan masalah dalam suatu karya tulis adalah sebagai berikut.

Bagaimana upaya meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra dalam pembelajaran sastra Indonesia di tingkat sekolah menengah atas?

4) Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian berisi tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tersebut berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Contoh kalimat tujuan penelitian adalah sebagai berikut.

Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra dalam pembelajaran di tingkat SMA.

5) Alternatif Pemecahan Masalah

Setelah berhasil merumuskan masalah dengan tepat dan benar, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat sejumlah alternatif pemecahan masalah. Alternatif yang diusulkan harus dapat menyelesaikan dengan baik masalah yang telah didefinisikan. Contoh kalimat altenatif pemecahan masalah adalah sebagai berikut.

Mengajak siswa untuk menghayati isi cerita (karya sastra) yang akan diapresiasi dengan baik, melakukan evaluasi perilaku tokoh, atau hal-hal atau peristiwa yang diungkapkan dalam cerita.

6) Kegunaan Penelitian

Kegunaan penelitian berisi manfaat hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Manfaat penelitian dapat berupa manfaat bagi guru, murid, peneliti, atau khalayak umum, baik secara teoretis maupun praktis.

7) Landasan Teori

Dalam bagian landasan teori, konsep atau pendapat para pakar yang ahli di bidangnya dijelaskan dan dijabarkan guna menjawab rumusan masalah secara tuntas. Penulis menjabarkan atau menguraikan beberapa pendapat para ahli dalam teori tersebut, bukan sekadar mengutip pendapat mereka. Kalimat – kalimat yang digunakan adalah kalimat efektif yang minimal mengandung subjek dan predikat. Contoh landasan teori adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga:   Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan

• Apresiasi sastra hakikatnya adalah sikap menghargai sastra secara proporsional (pada tempatnya).
• Menghargai sastra artinya memberikan penilaian pada sebuah karya sastra sehingga seseorang dapat menentukan karya sastra apakah baik atau buruk.

8) Landasan Berpikir

Menjelaskan analisis berpikir yang digunakan untuk menganalisis, mengupas, membedah, dan mengurai seluk-beluk masalah. Landasan berpikir dirumuskan berdasarkan teori – teori yang kita gunakan untuk mendukung penelitian ini.

9) Istilah

Istilah berarti kata – kata khusus yang digunakan dalam karya – karya tulis bergantung kepada topik yang dibicarakan. Penggunaan istilah harus sesuai dengan lingkup permasalahan dalam karya tulis tersebut. Contohnya, pembelajaran sastra dapat berfungsi untuk meningkatkan ketajaman rasa pada budaya bangsa. Kata ketajaman itu merupakan istilah yang biasa digunakan ketika berbicara mengenai sastra, yaitu untuk mengganti kata kepekaan.

C. Beberapa Contoh Soal UN tentang Materi Karya Tulis Ilmiah

1. Cermatilah judul karya ilmiah berikut!

Judul karangan: mengenal macam, fungsi, dan cara pembuatan sabun.

Penulisan judul karya ilmiah tersebut yang tepat adalah …

Baca Juga:   Contoh Soal Bahasa Inggris Tentang Reported Speech & Kunci Jawaban

A. Mengenal Macam, Fungsi, dan Cara Pembuatan Sabun
B. Mengenal Macam, Fungsi Dan Cara Pembuatan Sabun
C. Mengenal macam, fungsi, dan Cara pembuatan sabun
D. Mengenal macam, fungsi dan cara pembuatan sabun
E. Mengenal Macam, fungsi dan Cara Pembuatan Sabun

Jawaban: A

2. Cermatilah ilustrasi topik berikut!

Topik: pencegahan merokok pada anak-anak

Jika topik tersebut digunakan untuk membuat perumusan masalah, kalimat yang menunjukkan perumusan masalah yang benar adalah …

A. Apa saja ciri-ciri anak perokok yang harus diwaspadai?
B. Apa saja tingkah laku yang dapat dilihat dari anak perokok?
C. Bagaimana dampak merokok yang berbahaya terhadap anak?
D. Bagaimana upaya pencegahan merokok pada anak-anak?
E. Mengapa ada larangan keras merokok bagi anak-anak?

Jawaban: D

3. Cermati topik-topik berikut!

1. Beras sebagai makanan pokok
2. Produksi padi menurun
3. Harga beras naik

Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik tersebut adalah …
A. Akhir-akhir ini harga beras naik karena produksi padi menurun.
B. Kenaikan harga beras sebagai makanan pokok karena produksi padi menurun.
C. Penurunan produksi padi sebagai makanan pokok mengalami penurunan.
D. Harga beras naik setelah produksi padi sebagai makanan pokok menurun.
E. Penurunan beras sebagai makanan pokok menjadi kan kenaikan harga beras.

Jawaban: B

Demikianlah penjelasan singkat mengenai katya tulis ilmiah. Semoga penjelasan singkat tersebut dapat dipahami dengan baik dan dapat bermanfaat!

Reply